5 Tips Sebelum Berlari yang Harus Kamu Ketahui Agar Makin Semangat

Ilustrasi lari
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Lari adalah olahraga ringan yang disegani banyak orang. Olahraga lari ini tak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga bisa menjadi salah satu metode untuk menurunkan berat badan.

Cycling Series Il Festino 2024 Sukses Bangkitkan Ekosistem Berpeseda di Indonesia

Dalam kanal YouTube VDVC health, Fitri Tasfiah mengatakan jika olahraga lari ini paling cepat membakar kalori. Maka tak heran jika banyak orang melakukan olahraga lari untuk menurunkan berat badan.

Untuk tetap konsisten olahraga lari, tentu harus melakukan beberapa hal yang harus kamu ketahui. Apa saja tips sebelum berlari? Simak ulasannya berikut ini.

Bukan Jadi Penyanyi Dangdut, Cita-cita Jirayut Ternyata Mendambakan Pekerjaan Ini

1. Outfit matching

Outfit matching

Photo :
  • Tangkapan layar
6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

Tips yang pertama yaitu outfit matching. Ngaruh nggak sih memperhatikan outfit saat berlari? Tentu ini menjadi salah satu faktor bagaimana kita olahraga lari dengan nyaman dan percaya diri. Dan ini juga akan membangun mood kita jadi lebih baik. Outfit matching akan menambah semangat kita untuk olahraga lari.

2. Makan sebelum berlari

Makan sebelum lari

Photo :
  • Tangkapan layar

Tips yang kedua yaitu makan sebelum berlari. Sebaiknya, jangan terlalu mepet jam makan saat mau olahraga lari. Kamu bisa makan sekitar 2 atau 3 jam sebelum berlari, atau maksimal satu jam sebelum melakukan olahraga lari. Makanlah makanan yang mudah dicerna, agar saat kamu berlari tidak dalam keadaan mencerna makanan.

3. Pemanasan sebelum berlari

Pemanasan sebelum lari

Photo :
  • Tangkapan layar

Tips yang ketiga yaitu pemanasan sebelum berlari. Lemaskan otot-otot sebelum berlari agar siap dan tidak kaget saat lari. Jika tidak melakukan pemanasan, maka bisa terjadi kaki kram dan sebagainya. Maka dari itu, sebaiknya kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu ya.

4. Ikut komunitas

Asosiasi Lari Trail Indonesia menyusuri perbukitan Sentul, Bogor

Photo :
  • VIVA/Aprian Romadhoni

Tips yang keempat yaitu lari bersama komunitas. Biasanya, kalau lari sendirian itu cepat merasakan jenuh. Nah, jika larinya bersama teman atau ikut komunitas, maka larinya akan lebih semangat. Gabung dalam grup komunitas supaya kamu bisa menambah relasi dan ikut dalam event lari lainnya.

5. Mendengarkan musik

Illustrasi Mendengarkan Musik

Photo :
  • pixabay

Tips yang terakhir yaitu mendengarkan musik. Dengan mendengarkan musik, saat kita olahraga akan lebih bersemangat lagi dan lebih enjoy.

Itulah beberapa tips saat berlari yang dibagikan Fitri Tasfiah di kanal YouTube VDVC health. Jangan lupa subscribe channelnya. Like, komen, dan share konten ini ya. Semoga bermanfaat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya