8 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan, Bantu Jaga Imun Tubuh

Temu Ireng
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Manfaat temu ireng wajib diketahui oleh semua orang karena bisa menyehatkan tubuh. Temu ireng ini adalah rimpang yang mirip dengan kunyit dan mempunyai warna gelap atau kehitaman. Tanaman yang satu ini sudah sejak lama diyakini sebagai obat tradisional yang sangat ampuh untuk berbagai jenis penyakit. 

5 Manfaat Tidur Cepat yang Membangun Kesehatan

Temu ireng atau temu hitam ini adalah salah satu jenis tanaman herbal yang kerap dijadikan sebagai jamu. Dibalik kelebihannya yang bermanfaat untuk menyembuhkan masalah kesehatan, rempah jenis yang satu ini mempunyai rasa yang pahit. Temu ireng ini adalah sebuah tanaman yang rimpangnya bisa dimanfaatkan sebagai campuran obat atau jamu dan menjadi tanaman asli dari kawasan Asia Tenggara. 

Biasanya, tanaman ini tumbuh liar di semak-semak, mempunyai batang berwarna hijau dan sedikit lunak. Temu ireng mempunyai panjang batang sekitar 50 sentimeter dengan tinggi mencapai 2 meter. Sementara itu, bunga temu ireng memiliki warna ungu merah dengan tangkai panjang mencapai 35 sentimeter. 

Rahasia Cantik Alami: Ini Manfaat Luar Biasa Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daunnya memiliki bentuk lanset lebar dengan helaian daun yang tipis dan warna daun hijau hingga cokelat keunguan sedikit gelap. Secara umum, temu ireng ini mempunyai manfaat yang beragam untuk masalah kesehatan. Hal tersebut karena tanaman ini mempunyai kandungan minyak atsiri, lemak, selulosa, dan kurkumin. 

Kandungan tersebut sangat efektif untuk mengatasi masalah pencernaan, anti jamur, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Uniknya, khasiat tanaman ini bukan sudah digunakan dalam pengobatan konvensional di India, China, Bangladesh, Thailand, Myanmar, dan Indonesia. Nah, berikut ulasan tentang manfaat temu ireng yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Tips Menjaga Kondisi Tubuh Agar Sehat Selama Bulan Ramadhan

1. Menyembuhkan Luka

Ilustrasi Luka Bakar

Photo :
  • U-Report

Manfaat temu ireng yang pertama adalah untuk menyembuhkan luka. Jenis dan penyebab luka bisa karena berbagai hal. Luka akan menimbulkan kerusakan kulit, jaringan otot, dan bahkan sampai ke tulang. Luka terdiri atas beberapa kategori, yaitu luka abrasi (lecet), luka laserasi (luka robek), luka kontusio (luka memar), dan luka tusuk. 

Nah, temu ireng bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka tersebut. Hal ini karena temu ireng mengandung senyawa yang berperan aktif sebagai anti bakteri. Senyawa ini bermanfaat untuk membunuh bakteri-bakteri yang bisa mengakibatkan infeksi pada luka. 

2. Melawan Bakteri

Ilustrasi bakteri

Photo :
  • https://www.thehealthsite.com/

Tidak hanya bermanfaat untuk merawat luka, tapi manfaat temu ireng juga untuk melawan berbagai jenis bakteri. Menyadur dari hasil penelitian Institut Pertanian Bogor, temu ireng adalah tanaman yang biasanya dimanfaatkan sebagai obat herbal lantaran mengandung berbagai senyawa bioaktif. 

Penelitian tersebut mendapatkan ekstraksi fenolik optimum dari rimpang temu ireng yang memiliki pengaruh kepada kandungan total flavonoid dan menemukan adanya aktivitas anti bakteri untuk staphylococcus aureus dan escherichia coli. Karena kandungan flavonoid tersebut, manfaat temu ireng untuk melawan bakteri bisa dirasakan. 

3. Kulit Sehat dan Cantik

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Photo :
  • SNP Lab

Manfaat temu ireng berikutnya adalah untuk menjaga kulit sehat dan mengatasi berbagai jenis penyakit kulit. Tanaman herbal yang satu ini akan membantu untuk mengatasi kurap, kudis, luka, dan penyakit kulit yang lainnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak wanita mendambakan kulit wajah yang bersih, kencang, dan berkilau. Walaupun paparan polusi dan pertambahan usia akan membuat kualitas kulit semakin menurun. 

Selain bermanfaat untuk mengobati sakit kulit, khasiat temu ireng juga ternyata sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit. Ia sangat kaya akan antioksidan yang efektif untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Sehingga diyakini mampu untuk menjaga kulit kamu tetap sehat, kencang, dan mencegah penuaan dini. 

4. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

lemak mudah menumpuk karena tubuh penuh racun

Photo :
  • U-Report

Manfaat temu ireng yang satu ini adalah untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh manusia. Kandungan antioksidan yang tinggi memiliki peran sebagai detoksifikasi yang bisa mengeluarkan racun. Herbal yang satu ini juga bermanfaat untuk melancarkan haid perempuan, maupun nifas untuk para ibu setelah melahirkan. 

Manfaat temu ireng ini akan membantu untuk membersihkan darah usai melahirkan bayi, seorang wanita akan mengeluarkan banyak darah kotor. Bahkan, dengan mengonsumsi temu ireng ini baik untuk mengatasi nyeri haid. Beberapa perempuan tentu akan mengalami nyeri haid saat menstruasi yang bisa diredakan dengan minum ramuan ini setiap hari. 

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi sistem kekebalan tubuh yang buruk

Photo :
  • Pixabay/ Mojpe

Manfaat temu ireng yang tidak kalah penting lainnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh rendah maka akan dengan mudah terserang penyakit tertentu. Sebaliknya, orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. 

Salah satu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi jamu temu ireng. Kandungan antioksidan yang ada dalam temu ireng ini memiliki peran untuk menghalau berbagai serangan radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kandungan ini juga sangat efektif memperbaiki berbagai proses pertumbuhan dalam tubuh. 

6. Mengobati Cacingan

Ciri Anak Cacingan

Photo :
  • U-Report

Khasiat temu ireng juga sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat untuk mengatasi cacingan. Temu ireng dalam bentuk perasan atau infusa ternyata banyak digunakan sebagai sarana pengobatan untuk anak-anak. Anak-anak yang biasanya sangat aktif dan suka mengeksplorasi, tak terkecuali main di tempat kotor, akan terkena telur dan larva cacing. 

Telur dan larva cacing ini sangat mungkin untuk menginfeksi tubuh anak. Kandungan senyawa sesquiterpene dalam tanaman ini mempunyai peran sebagai anti cacing atau antelmintik. Apalagi iklim tropis di Indonesia sangat cocok sebagai tempat berkembangnya telur dan larva cacing. Sebab itu, tanaman ini bermanfaat untuk masalah cacingan. 

7. Mengatasi Masalah Kebotakan

Kebotakan.

Photo :
  • U-Report

Salah satu manfaat temu ireng adalah untuk mengatasi masalah kebotakan pada pria. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Dermatological Treatment, sebanyak 87 pria yang mengalami masalah pada pertumbuhan rambut atau kebotakan diuji secara acak dengan menerima 5% ekstrak curcuma aeruginosa, 5% minoxidil dan juga formulasi kombinasi dari (5% ekstrak heksana curcuma aeruginosa + 5% minoxidil) atau plasebo.

Penelitian ini menguji pemakaian obat tersebut selama dua kali sehari selama rentang waktu enam bulan dengan mengoleskan ke kulit kepala saat keramas. Hasilnya, terjadi peningkatan yang signifikan secara statistik pada pria dengan rambut rontok di daerah verteks kulit kepala. Adapun formula kombinasi bisa memperlambat kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut yang baru. 

8. Mengatasi Flu

Anak flu

Photo :
  • Times of India

Manfaat temu ireng berikutnya adalah bisa menyembuhkan kulit. Kandungan dan manfaat dari temu ireng tidak berbeda jauh dengan sejenisnya, seperti kencur dan jahe. Para herbal dari jenis rimpang ini dipercaya efektif untuk meredakan flu. Selain memberikan sensasi hangat pada tubuh, temu ireng juga akan meringankan dan bahkan menetralkan batuk serta rasa pegal. 

Ilustrasi diabetes.

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

Selain nilai-nilai spiritualnya, puasa juga ternyata memiliki manfaat kesehatan, termasuk bagi penderita diabetes. Berikut ini manfaat puasa bagi penderita diabetes.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024