5 Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan, Tapi Jangan Dimakan Tiap Hari

manfaat kuning telur.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Manfaat kuning telur ternyata tak hanya mengenyangkan saat makan saja, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Perlu diketahui bahwa kuning telur kaya akan vitamin dan nutrisi penting, termasuk kalsium, fosfor, zinc dan vitamin B1, B12, A, E, D, dan K. Sehingga kuning telur membentuk sekitar 60% dari nilai kolin yang direkomendasikan setiap hari.

Ramalan Zodiak Senin 8 April 2024, Sagitarius: Ada Kesempatan Menyambut Cinta Masa Lalu

Kuning telur sendiri merupakan sumber yang kaya akan karotenoid yang larut dalam lemak, seperti lutein dan zeaxanthin yang fungsinya adalah melindungi mata dari kerusakan dan juga dapat mengurangi risiko katarak pada mata. Maka dari itu kamu bisa mengonsumsi kuning telur apabila mengalami hal serupa, namun jangan sampai berlebihan. 

Seperti yang  diketahui juga bahwa kuning telur memiliki kandungan lemak yang tinggi yakni sekitar 4,5-6 gram per telur. Kuning telur menyumbang sekitar 10% dari nilai lemak harian yang direkomendasikan. Selain itu, telur juga merupakan sumber asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh yang baik. Lemak jenuh sendiri  tidak dapat dibuat oleh tubuh dan harus diperoleh dari makanan, salah satunya dari telur. 

Persiapan Mudik Bawa Anak, Waspada Gejala dan Pertolongan Pertama

Meskipun kuning telur memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, namun kuning telur juga menjadi makanan yang tinggi kolesterol sekitar 213 mg per kuning telur. Mengutip dari MedicineNet, berikut ini manfaat kuning telur. 

1. Dapat meningkatkan kesehatan usus

Bank Mandiri Tingkatkan Kontribusi ke Target SDGs Lewat Program Kesehatan TJSL

Ilustrasi sistem pencernaan.

Photo :
  • Pixabay

Manfaat kuning telur yang pertama adalah dapat meningkatkan kesehatan pada usus. Kuning telur mengandung protein yang disebut phosvitin, protein tersebut membantu mengurangi senyawa dalam tubuh yang menyebabkan peradangan dan meningkatkan kesehatan dalam saluran pencernaan tubuh. 

2. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ilustrasi kesehatan

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya, manfaat kuning telur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Glikopeptida sulfat yang ada di dalam kuning telur dapat merangsang produksi makrofag yang merupakan sel dalam sistem kekebalan yang melindungi tubuh dari segala penyakit dan infeksi yang menyerang. 

3. Dapat menjaga kesehatan jantung

Penyakit Pembengkakan Jantung

Photo :
  • U-Report

Tak hanya manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya saja, kuning telur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kuning telur itu dikemas dengan triptofan, tirosin dan asam amino yang dimana dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

4. Dapat memperbaiki tekstur kulit

Ilustrasi jerawat/kulit kering berjerawat.

Photo :
  • Freepik

Tahukah kamu bahwa kuning telur juga bermanfaat untuk memperbaiki tekstur pada kulit? Ya, kuning telur bisa membantu memperbaiki tekstur kulit karena kuning telur membantu memasok tubuh dengan ceramide dan peptida yang membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi munculnya kerutan.

5. Dapat mengurangi risiko masalah penglihatan

Ilustrasi mata.

Photo :
  • U-Report

Manfaat kuning telur yang terakhir yakni adalah dapat mengurangi risiko pada masalah penglihatan di area mata. Karotenoid, terutama lutein dan zeaxanthin yang ada di dalam kuning telur dapat melindungi mata terhadap katarak dan degenerasi makula, yang sering berkembang pada orang yang berusia di atas 55 tahun atau lanjut usia (lansia). Karotenoid sendiri adalah pigmen warna-warni yang bertanggung jawab atas warna kuning kuning telur. Mereka bertindak sebagai antioksidan, melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Apakah kuning telur meningkatkan kolesterol darah?

Secara inheren kuning telur memang tingkat kolesterolnya tinggi, akan tetapi mereka tidak mempengaruhi kadar kolesterol darah dengan cara yang sama seperti makanan tinggi kolesterol lainnya seperti lemak trans dan lemak jenuh.

Meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara makan telur dan penyakit jantung, telah ditemukan bahwa mungkin ada penyebab lain untuk temuan tersebut. Orang yang makan telur dengan daging, seperti bacon, sosis dan daging sapi, akan lebih rentan terkena penyakit jantung daripada orang yang hanya makan telur. Penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana kuning telur itu dimasak. Telur yang digoreng dengan minyak atau mentega telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Sehingga disarankan, sebaiknya memasak telur tanpa menggunakan minyak atau mentega di atas teflon yang anti lengket. Atau bahkan kamu bisa memakan telur yang direbus.

Selain itu, kolesterol hanya terdapat pada kuning telur. Mereka yang harus menghindari kolesterol karena alasan medis bisa makan putih telurnya saja, yang masih tinggi protein tetapi tidak mengandung kolesterol.

Apakah boleh makan telur setiap hari?

Terlepas dari berbagai manfaat kesehatan yang dimiliki, mengonsumsi kuning telur secara berlebihan dari yang direkomendasikan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, resistensi insulin dan diabetes mellitus. Perlu diingat juga bahwa apapun yang dilakukan dengan secara berlebihan maka berujung tidak baik bagi diri kita. 

Kolesterol makanan untuk asupan tubuh kita harus dijaga, paling tidak berada di bawah 300 mg per hari. Sementara kuning telur yang besar mengandung sekitar 186 mg kolesterol. Jadi, kita harus memperhatikan hal itu agar kolesterol tetap terkontrol dengan baik. 

Kebanyakan orang dewasa yang sehat dapat mengonsumsi hingga 7 butir telur utuh per minggu tanpa meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan, seperti diabetes atau penyakit jantung, mungkin perlu membatasi asupan telur pada per minggunya. Penting untuk mendapatkan saran dari dokter atau ahli gizi dalam kasus penderita penyakit diabetes dan jantung. 

Itulah penjelasan mengenai manfaat kuning telur dan segala nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, dilengkapi juga dengan apakah kuning telur dapat meningkatkan kolesterol darah dan baik atau tidak jika dikonsumsi setiap hari. Semoga tulisan mengenai manfaat kuning telur ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca dan membutuhkannya. 

Ilustrasi zodiak

Ramalan Zodiak Selasa 9 April 2024, Virgo Harus Berhati-hati

Ramalan zodiak Selasa, 9 April 2024. Taurus patah hati mulai menemukan kedamaian. Leo sedikit stres hari ini. Virgo harus berhati-hati. Pisces keluar dari zona nyaman.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024