8 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Badan Langsing Makin Pede!

Ilustrasi perut buncit
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Perut buncit merupakan salah satu alasan yang membuat seseorang tidak percaya diri. Seringkali perut buncit menjadi penghalang dalam memilih pakaian. Tidak heran banyak orang yang berusaha mencari cara mengecilkan perut buncit. Dengan berbagai alasan, bukan hanya untuk penampilan, tapi juga untuk masalah kesehatan.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Penyebab perut buncit adalah lemak. Mengikis lemak perut adalah tujuan penurunan berat badan yang umum. Lemak perut adalah jenis yang sangat berbahaya. Dikutip dari Healthline, penelitian menunjukkan hubungan kuat dengan penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung (1Trusted Source).

Keinginan untuk mengecilkan perut buncit pasti semakin besar. Oleh sebab itu simak di bawah ini cara mengecilkan perut buncit.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Tidak mungkin menargetkan lemak perut secara khusus saat kamu berdiet. Tetapi, menurunkan berat badan secara keseluruhan akan membantu mengecilkan lingkar pinggang kamu. Selain itu, ini akan membantu mengurangi lapisan lemak visceral yang berbahaya, sejenis lemak di dalam rongga perut yang tidak dapat Anda lihat tetapi meningkatkan risiko kesehatan, kata Kerry Stewart, Ed.D. , direktur Fisiologi Klinis dan Penelitian di Johns Hopkins.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Strategi penurunan berat badan tertentu dapat menargetkan lemak di area perut lebih banyak daripada area tubuh lainnya. Mengecilkan perut buncit sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ikuti cara mengecilkan perut buncit dilansir dari Hopkins Medicine. 

1. Buat Daftar Makanan

Ilustrasi makan sayuran.

Photo :
  • U-Report

Cara mengecilkan perut buncit yang pertama adalah buat daftar makanan, bukan diet. Kamu perlu memilih rencana makan sehat yang harus kamu patuhi. Secara umum, cara makan rendah karbohidrat mengalihkan asupan kamu dari makanan bermasalah yang tinggi karbohidrat dan gula dan tanpa banyak serat, seperti roti, bagel, dan soda menuju pilihan berserat tinggi atau berprotein tinggi, seperti sayuran, kacang-kacangan dan daging yang sehat.

2. Cobalah Membatasi Karbohidrat

Ilustrasi makan karbohidrat.

Photo :
  • U-Report

Ketika peneliti Johns Hopkins membandingkan efek penurunan berat badan pada jantung melalui diet rendah karbohidrat versus diet rendah lemak selama enam bulan, masing-masing mengandung jumlah kalori yang sama, mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat kehilangan rata-rata 10 pon. Lebih banyak daripada mereka yang menjalani diet rendah lemak, 28,9 pon versus 18,7 pon. Manfaat tambahan dari diet rendah karbohidrat adalah menghasilkan kualitas penurunan berat badan yang lebih tinggi, kata Stewart. Dengan penurunan berat badan, lemak berkurang, tetapi sering juga terjadi hilangnya jaringan tanpa lemak (otot), yang tidak diinginkan. Pada kedua diet, ada kehilangan sekitar 2 hingga 3 pon jaringan tanpa lemak yang baik bersama dengan lemak, yang berarti persentase kehilangan lemak jauh lebih tinggi pada diet rendah karbohidrat. Jadi, membatasi karbohidrat merupakan cara membatasi karbohidrat yang tepat.

3. Terus bergerak

Olahraga

Photo :
  • Times of India

Aktivitas fisik membantu membakar lemak perut. "Salah satu manfaat terbesar dari olahraga adalah kamu mendapatkan banyak keuntungan untuk komposisi tubuh," kata Stewart. Olahraga tampaknya bekerja untuk menghilangkan lemak perut khususnya karena mengurangi tingkat sirkulasi insulin, yang sebaliknya akan memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan lemak dan menyebabkan hati menggunakan asam lemak, terutama yang dekat dengan timbunan lemak visceral, katanya.

Jumlah latihan yang kamu butuhkan untuk menurunkan berat badan tergantung pada tujuan. Bagi kebanyakan orang, ini bisa berarti 30 hingga 60 menit olahraga sedang hingga berat hampir setiap hari.

4. Angkat Beban

Ilustrasi olahraga angkat beban.

Photo :
  • Fitness Network

Angkat beban selain merupakan cara mengecilkan perut buncit, latihan kekuatan sedang ke latihan aerobik membantu membangun massa otot tanpa lemak, yang membantu kamu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, baik saat istirahat maupun selama berolahraga.

5. Membaca Kalori Makanan.

Bandingkan dan kontraskan merek. Beberapa yogurt, misalnya, membanggakan bahwa mereka rendah lemak, tetapi mereka lebih tinggi karbohidrat dan gula tambahan daripada yang lain, kata Stewart. Makanan seperti saus, mayones, saus, dan saus salad sering kali mengandung lemak dalam jumlah tinggi dan banyak kalori. Yang perlu dilakukan untuk mengecilkan perut bincut harus memperhatikan komposisi makanan.

6. Jauhi Makanan Olahan

Makanan olahan

Photo :
  • U-Report

Bahan-bahan dalam makanan kemasan dan makanan ringan seringkali mengandung lemak trans, tambahan gula, dan tambahan garam atau natrium. Tiga hal yang membuat sulit untuk mengecilkan perut buncit.

7. Pakai Pakaian yang Pas

Ilustrasi perut buncit

Photo :
  • Freepik

Saat kamu menambah massa otot dan menghilangkan lemak, angka di timbangan mungkin tidak banyak berubah, tetapi celana akan terasa lebih longgar. Itu tanda kemajuan yang lebih baik. Diukur sekitar, lingkar pinggang kamu harus kurang dari 35 inci jika kamu seorang wanita atau kurang dari 40 inci jika kamu seorang pria untuk mengurangi risiko jantung dan diabetes. Dengan begitu cara mengecilkan perut buncit dikatakan berhasil.

8. Bergaul dengan Teman-teman yang Fokus Pada Kesehatan.

Ilustrasi Olahraga

Photo :
  • Canva

Penelitian menunjukkan bahwa kamu lebih cenderung makan lebih sehat dan berolahraga lebih banyak jika teman dan keluarga kamu melakukan hal yang sama.

Bahaya Perut Buncit

Perut buncit akibat lemak

Photo :
  • U-Report

Seperti yang dijelaskan di atas, perut buncit sangat tidak baik untuk kesehatan. Dilansir dari AARP, lemak visceral mungkin lebih berbahaya karena lebih dekat ke vena portal tubuh, yang mengangkut darah dari usus ke hati. Bahan kimia yang disekresikan oleh lemak visceral berjalan ke hati, di mana mereka dapat mempengaruhi kadar kolesterol dan proses penyakit lainnya.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga lingkar perut. Ikuti cara mengecilkan perut buncit di atas untuk membantu kamu yang ingin mengecilkan perut. 

Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Asam lambung adalah kondisi medis yang terjadi ketika cairan asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar yang tidak menyenangkan di bagian dada.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024