5 Manfaat Kayu Manis, Berguna bagi Kesehatan Tubuh

Kayu manis
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kayu manis merupakan jenis rempah yang sering digunakan untuk memperkuat aroma, namun tahukah kamu jika kayu manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Perlu diketahui, kayu manis sendiri berasal dari kulit kayu pohon Cinnamomum yang kaya akan antioksidan dan diyakini dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Kamu dapat dengan mudah menemui kayu manis di Asia Tenggara khususnya di Indonesia, namun rempah ini juga dapat kamu temui di Amerika Serikat, penasaran apa saja manfaat kayu manis untuk kesehatan? Menukil dari Healthline, Berikut pemaparannya:

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

5 Manfaat kayu manis bagi kesehatan

Kayu manis.

Photo :
  • U-Report
Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

1. Mengontrol gula darah

Kayumanis memang sudah lama diketahui memiliki khasiat untuk menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme dalam tubuh. Kayu manis juga telah terbukti dapat mengurangi jumlah glukosa yang terdapat pada aliran darah setelah makan, senyawa dalam kayu manis dapat memperlambat pencernaan karbohidrat di saluran pencernaan.

Tidak hanya itu, senyawa pada kayu manis dapat bekerja pada sel dengan meniru insulin, dengan begitu efek ini dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh.

2. Melawan kanker

Penyakit serius yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali ini dapat ditangani dengan mengkonsumsi kayu manis, kayu manis sendiri telah dipelajari dan diyakini dapat digunakan sebagai pengobatan kanker.

Senyawa pada kayu manis berguna untuk mengurangi pertumbuhan sel dan pembentukan pembuluh darah pada tumor.

3. Mencegah peradangan

Peradangan sangat penting bagi tubuh. Efek peradangan ini membantu tubuh melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan. Namun, peradangan bisa menjadi masalah ketika kronis. Manfaat kayu manis seringkali dipakai sebagai obat peradangan kulit.

4. Kaya antioksidan

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang keempat diyakini memiliki anti oksidan yang tinggi, seperti polifenol, antioksidan diyakini dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas.

Dalam sebuah penelitian, antioksidan yang terdapat pada kayu manis bahkan dapat mengungguli bawang putih. Selain itu kayu manis juga dapat kamu gunakan sebagai pengawet makanan.

5. Meningkatkan kinerja insulin

Insulin merupakan satu dari hormon kunci yang memiliki fungsi mengatur metabolisme dan penggunaan energi. Insulin juga sangat penting untuk pengedaran gula darah ke seluruh tubuh.

Hormon ini jadi masalah bagi mereka yang resisten dramatis terhadap efek insulin yang dikenal sebagai resisten insulin atau salah satu gejala diabetes tipe 2.

Namun kabar baiknya adalah, manfaat kayu manis dapat mengurangi resisten insulin dan membantu hormone penting ini melakukan tugas-tugasnya.

Sakit perut

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Penyakit radang usus adalah istilah yang mengacu pada penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, dua kondisi peradangan yang menyerang 1,6 juta orang Amerika.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024