10 Manfaat Air Beras yang Menakjubkan, Ramuan Alami Anti Penuaan

Air beras.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Banyak orang yang tidak menyadari betapa besarnya manfaat air beras bagi kesehatan maupun kecantikan kulit tubuh. Padahal jika Anda tahu, begitu banyak yang bisa Anda nikmati dari manfaat air beras.

Mengonsumsi Serangga Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh, Apa Saja?

Air yang tersisa setelah Anda memasak nasi rupanya telah lama dianggap dapat membuat rambut lebih kuat dan indah. Penggunaan paling awal yang diketahui adalah lebih dari 1.000 tahun yang lalu di Jepang. Saat ini, manfaat air beras juga semakin populer sebagai perawatan kulit para wanita.

Seperti beberapa di antaranya untuk menenangkan dan mengencangkan kulit Anda, dan bahkan memperbaiki kondisi kulit yang berbeda. Lebih menariknya lagi, air beras bisa dibuat dengan mudah dan murah di rumah.

RI-Ukraina Jajaki Peluang Kerja Sama Sektor Budaya, Seniman Bakal Kecipratan Manfaatnya

Air beras.

Photo :
  • U-Report

Selain itu, dalam air beras mengandung zat yang dikenal untuk membantu melindungi dan memperbaiki kulit Anda. Terlepas dari beberapa manfaat nyata, ada banyak klaim tentang hal itu yang belum sepenuhnya terbukti oleh sains.

5 Manfaat Timun Suri bagi Kesehatan, Buah Favorit yang Selalu Ada Setiap Bulan Puasa

Banyak orang menggunakan air beras untuk kulit, baik untuk memperbaiki penampilannya atau untuk meringankan kondisi seperti eksim. Beberapa perusahaan kecantikan mengklaim air beras memiliki sifat anti-penuaan, tetapi hanya ada sedikit bukti ilmiah untuk mengkonfirmasi klaim ini.

Air beras terdiri dari cairan tepung yang tersisa setelah beras direndam atau direbus. Seseorang dapat membuat air beras di rumah atau membeli produk perawatan kulit yang mengandung air beras.

Menggunakan air beras untuk kulit adalah pengobatan rumah alami yang mengandung asam amino, vitamin, dan mineral yang dikenal dapat melindungi dan memperbaiki kulit Anda. Padahal, jika Anda adalah seseorang yang mengetahui rutinitas perawatan kulit Jepang atau Korea, maka Anda tahu bahwa air beras adalah rahasia berbagai bahan kecantikan yang populer. 

Ini telah digunakan selama beberapa generasi untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan halus. Berikut ini akan kami beritahu Anda lebih banyak manfaat air beras yang jangan sampai Anda remehkan begitu saja.

Apakah Air Beras Baik bagi Kulit?

Air beras mungkin memiliki beberapa manfaat untuk kulit. Namun, beberapa penelitian berkualitas tinggi tentang efek air beras saat ini ada. Untuk membuktikan bahwa air beras memiliki manfaat yang besar, para ilmuwan perlu melakukan studi skala yang lebih besar.

Manfaat Air Beras

Ilustrasi Menjaga Kecantikan Kulit

Photo :
  • U-Report

Air beras banyak memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Tidak hanya itu masih banyak manfaat air beras lainnya yang perlu Anda ketahui, seperti beberapa di antaranya berikut ini:

Mencerahkan Kulit

Banyak situs web merekomendasikan penggunaan air beras untuk mencerahkan kulit atau mengurangi bercak-bercak hitam. Faktanya, banyak produk komersial  termasuk sabun, toner, dan krim mengandung air beras.

Selain itu, beberapa orang juga bersumpah dengan kekuatan pencerah kulit dari air beras. Sementara beberapa bahan kimia di dalamnya diketahui dapat mencerahkan pigmen, tidak ada bukti seberapa efektifnya.

Mencerahkan Wajah

Sebuah studi menunjukkan bahwa anggur beras (air beras yang difermentasi) dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Anggur beras meningkatkan kolagen di kulit, yang membuat kulit Anda kenyal dan membantu mencegah kerutan. Anggur beras juga tampaknya memiliki sifat tabir surya alami.

Studi lain menunjukkan bukti kuat untuk manfaat anti-penuaan dari air beras yang difermentasi karena sifat antioksidannya .

Kulit kering

Air beras diketahui membantu mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS), bahan yang ditemukan di banyak produk perawatan pribadi. 

Bukti anekdotal telah menunjukkan bahwa menggunakan air beras dua kali sehari membantu kulit yang telah kering dan rusak oleh SLS.

Atasi Rambut Rusak

Rambut yang telah diputihkan dapat dibantu dengan inositol, zat kimia dalam air beras. Ini membantu memperbaiki rambut rusak dari dalam ke luar, termasuk ujung bercabang.

Gangguan Pencernaan

Beberapa orang merekomendasikan minum air beras jika Anda keracunan makanan atau sakit perut. Meskipun ada bukti kuat bahwa nasi membantu diare , sering kali mengandung jejak arsenik. 

Minum banyak air beras dengan konsentrasi arsenik dapat menyebabkan kanker, penyakit pembuluh darah, hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Eksim, Jerawat, Ruam dan Peradangan

Banyak orang mengklaim, bahwa mengoleskan air beras secara topikal dapat menenangkan kulit, menghilangkan noda yang disebabkan oleh kondisi kulit seperti eksim, dan membantu menyembuhkannya. 

Berdasarkan apa yang kita ketahui tentang sifat-sifat air beras, ada alasan untuk berpikir bahwa beberapa klaim ini benar. Namun, bukti kuat masih kurang.

Masalah Mata

Ada yang mengatakan bahwa minum air beras atau makan nasi jenis tertentu dapat membantu memperbaiki masalah mata seperti degenerasi makula , yang biasanya menyerang orang tua dan dapat mengakibatkan kebutaan. Namun sejauh ini, klaim itu belum terbukti.

Perlindungan kerusakan akibat sinar matahari

Bahan kimia yang terkandung dalam beras telah terbukti membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Sebuah studi 2016 Sumber Tepercaya menunjukkan bahwa itu adalah tabir surya yang efektif bila dikombinasikan dengan ekstrak tumbuhan lain.

Anti Penuaan

Air beras kaya akan asam amino, antioksidan dan mineral yang dapat mengurangi atau memperlambat proses penuaan kulit. Itu juga bisa menghambat aktivitas elastase, enzim yang bertanggung jawab untuk penuaan kulit. Dengan demikian, air beras dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan dapat mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

Meningkatkan Kesehatan Penghalang Kulit

Lapisan kulit terluar dikenal sebagai penghalang kulit yang mencegah kulit Anda menjadi kering dan rentan terhadap kondisi seperti eksim dan dermatitis atopik. Namun, menggunakan air beras di wajah memungkinkan kandungan patinya untuk melindungi penghalang kulit secara alami.

Menenengkan Kulit Terbakar dan Iritasi

Kerusakan akibat sinar matahari seperti terbakar sinar matahari, peradangan, kemerahan dan gatal-gatal dapat dikurangi dengan mengoleskan air beras bertepung. Efek pendinginan dapat menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan dapat mengurangi penyamakan.

Cara Membuat Air Beras

Ada beberapa cara untuk membuat air beras:

Perendaman: Rendam 1/2 cangkir beras mentah dalam 2-3 cangkir air selama 30 menit.
Perebusan: Masak nasi dengan merebusnya dua kali lipat jumlah air yang biasa digunakan untuk memasak.

Setelah selesai, saring airnya ke dalam mangkuk atau botol bersih untuk segera digunakan. Simpan sisanya dalam wadah bersih di lemari es.

Untuk membuat air beras fermentasi, gunakan cara perendaman lalu diamkan air beras pada suhu ruang selama 1-2 hari sebelum disimpan di lemari es.

Cara Membuat Air Beras untuk Perawatan Kulit

Ada beberapa cara menggunakan air beras untuk perawatan kulit. Seseorang dapat:

  • cuci muka pakai air beras
  • gunakan air beras sebagai toner setelah dibersihkan
  • semprotkan air beras ke wajah setelah dituangkan ke dalam botol semprot
  • tambahkan air beras ke bak mandi
  • tambahkan air beras ke rendaman kaki
  • Beberapa orang juga menggunakan air beras sebagai kondisioner atau perawatan rambut.

Atau bisa dengan langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Untuk membuatnya di rumah, bilas dan saring butiran beras mentah untuk menghilangkan kotoran. 

Langkah 2: Campurkan beras yang disaring ke dalam mangkuk dengan air dan aduk sampai air menjadi keruh. Anda bisa merebus nasi. Kemudian, saring nasi dan simpan airnya dalam mangkuk yang ditutup dengan penutup. 

Langkah 3: Untuk memungkinkan fermentasi, biarkan air berdiri pada suhu kamar selama 12-24 jam, sehingga semua nutrisi diekstraksi ke dalam air. Simpan air beras yang tidak terpakai di lemari es hingga seminggu, dan voila! Ini siap digunakan.

Cara Menggunakan Air Beras untuk Wajah

Sebagai Toner Wajah

Kamu akan membutuhkan:

  • 1 cangkir beras organik (jenis apa saja asalkan organik)
  • 1 mangkuk gel lidah buaya segar
  • Air mawar
  • Mangkuk & Air

Metode

  • :Langkah 1: Campur gel lidah buaya dengan air beras sampai Anda mendapatkan konsistensi yang diinginkan.
  • Langkah 2: Selanjutnya, tambahkan 1 sendok makan air mawar ke dalam campuran dan oleskan ke wajah Anda untuk mengurangi pori-pori.

Sebagai Serum Wajah
Kamu akan membutuhkan:

  • Gel lidah buaya yang baru diperas
  • Air Beras
  • Tablet Minyak Vitamin E
  • Botol serum kosong

Metode:

  • Langkah 1: Dalam botol serum kosong, tambahkan 3 sendok teh air beras dan 1 sendok teh gel lidah buaya segar.
  • Langkah 2: Kemudian, buka 2 kapsul vitamin E dan tuangkan bahan ke dalam campuran. Kocok botolnya agar ketiga bahan tercampur dengan baik dan serum Anda siap digunakan.

Sebagai Pembersih Wajah
Kamu akan membutuhkan:

  • Air beras
  • Langkah 1: Ambil air beras dan pijat ke wajah Anda selama beberapa menit. Pijat dengan gerakan ke atas dan melingkar selama 10-15 menit dan bilas dengan air dingin.

Cara Penggunaan Air Beras untuk Lainnya

Bilas rambut

Coba tambahkan sedikit minyak esensial untuk memberikan aroma yang menyenangkan pada air beras buatan Anda. Oleskan air beras ke rambut Anda dari akar ke ujung dan biarkan selama setidaknya 10 menit. Membilas.

Sampo

Untuk membuat sampo, tambahkan sedikit sabun castile cair ke dalam air beras yang difermentasi, ditambah lidah buaya pilihan Anda , teh chamomile , atau sedikit minyak esensial.

Pembersih wajah dan toner

Taruh sedikit air beras pada bola kapas dan ratakan dengan lembut ke wajah dan leher Anda sebagai toner. Untuk membersihkannya, pijatkan ke kulit Anda. Bilas jika diinginkan. Anda juga bisa membuat masker wajah dengan selembar kertas tisu tebal.

Mandi

Parut sedikit sabun batangan alami dan tambahkan, bersama dengan beberapa vitamin E , ke dalam air beras untuk mandi berendam yang menenangkan.

Lulur tubuh

Tambahkan sedikit garam laut, sedikit minyak esensial, dan jeruk untuk membuat pengelupasan alami . Gosok dan bilas.

Tabir surya

Membeli tabir surya yang mengandung ekstrak air beras dapat meningkatkan perlindungan dari sinar matahari. Tabir surya yang mengandung ekstrak dedak padi, bersama dengan ekstrak tumbuhan lainnya,menunjukkan Sumber Tepercaya meningkatkan perlindungan UVA/UVB.

Manfaat Positif Air Beras

Air beras sangat populer saat ini. Meskipun tidak semua klaim tentang bagaimana hal itu dapat membantu kulit dan rambut Anda terbukti, ada bukti bahwa itu membantu beberapa jenis masalah kulit, seperti kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan alami. Ini juga memperbaiki rambut yang rusak.

Meskipun tidak disarankan agar Anda minum banyak air beras karena kemungkinan kandungan arseniknya , mengoleskannya ke kulit dan rambut Anda dapat membawa manfaat positif. Bicaralah dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum memulai rejimen kulit apa pun.


 

MIND ID.

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

MIND ID memastikan juga turut membantu masyarakat meredam dampak el nino hingga kenaikan harga pangan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024