Manfaat Masker Kopi, Ramuan Alami Cerahkan Wajah

masker kopi
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Perlu Anda ketahui, jika ternyata banyak manfaat masker kopi yang luar biasa untuk kulit. Tidak hanya baik untuk dikonsumsi saja, ternyata dijadikan sebagai bahan pembuat ramuan kecantikan juga tidak masalah.

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

Anda mungkin mengandalkan secangkir kopi pagi untuk meningkatkan energi dan metabolisme Anda setiap hari. Sementara kopi paling banyak digunakan sebagai minuman, kopi juga mendapatkan reputasi sangat baik sebagai obat alternatif untuk kulit.

Ini berkat kandungan antioksidan di dalamnya, termasuk fenol yang membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Faktanya, American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat dan  bahkan lebih dari minuman kaya antioksidan lainnya, seperti teh dan anggur.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Ilustrasi secangkir kopi.

Photo :
  • U-Report

Sementara secangkir kopi dapat memberikan antioksidan secara internal , manfaat kulit yang diklaim dari kopi terutama diperoleh secara topikal. Ini melibatkan pembuatan masker, scrub, atau pasta dari bubuk kopi segar dan mengoleskannya ke kulit Anda secara langsung.

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI

Jika Anda seorang pecinta kopi, Anda mungkin tahu bagaimana kopi dapat mengubah hari yang buruk menjadi hari yang baik. Tapi tahukah Anda bahwa bahan alami ini juga memiliki manfaat menakjubkan untuk kulit Anda? 

Sebuah pembangkit tenaga antioksidan dan asam caffeic, kopi mengelupas, mencerahkan dan memelihara kulit Anda dan memperlambat tanda-tanda penuaan. 

Dalam postingan kali ini, kami akan memberitahu Anda apa saja manfaat masker kopi  yang menarik untuk Anda ketahui dan terapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, kami juga akan membagikan resep buatan sendiri untuk masker wajah dan kemasan kopi untuk berbagai jenis kulit.

Manfaat Masker Kopi 

Masker kopi.

Photo :
  • U-Report

Kopi ternyata tidak hanya mampu mengubah mood seseorang, tapi juga beragam manfaat kecantikan bisa Anda rasakan dengan menggunakan masker kopi. Lantas, apa saja manfaat masker kopi? Berikut ini ulasannya untuk Anda melansir dari berbagai sumber:

Pengurangan selulit

Kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Diperkirakan bahwa kandungan kafein sumber terpercaya dalam kopi adalah kunci untuk pengurangan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Pada gilirannya, ini dapat membantu mengurangi munculnya selulit.

Metode perawatan kulit ini dianggap paling baik digunakan melalui scrub kopi karena pengelupasan kulit juga dapat menghaluskan kulit Anda dan memberikan penampilan yang merata.

Efek menenangkan

Sementara kopi terkenal dengan efek stimulasinya di dalam tubuh, kopi dapat memberikan efek sebaliknya ketika dioleskan. Ini berkat antioksidan dalam kopi .

Anti Penuaan

Menerapkan kopi langsung ke kulit Anda dapat membantu mengurangi munculnya bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus. Faktanya, satu studi sumber terpercaya menemukan korelasi langsung antara minum kopi dan penurunan efek photoaging.

Vitamin B-3 untuk kanker kulit

Kopi adalah sumber yang kaya vitamin B3 (niasin), berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelin. Namun, trigonelin terurai menjadi niasin setelah biji kopi dipanggang. Menurut Yayasan Kanker Kulit , niasin dapat membantu mencegah kanker kulit nonmelanoma dan mungkin dapat mencegah pertumbuhan kulit lainnya.

Mengurangi peradangan

Efek anti-inflamasi dapat dikaitkan dengan asam klorogenat serta melanoidin dalam kopi. CGA juga terkait dengan pengurangan hiperpigmentasi yang mungkin berhubungan dengan peradangan.

Perawatan jerawat

Ilustrasi penggunaan masker kopi.

Photo :
  • U-Report

Dalam kasus luka atau infeksi kulit yang sering, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu memerangi masalah dari bakteri berbahaya. CGA dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Dikombinasikan dengan pengelupasan alami bubuk kopi, semua manfaat ini secara kolektif dapat melawan jerawat.

Lingkaran hitam

Kopi juga dapat membantu mengobati lingkaran hitam yang membandel di bawah mata, menurut Beverly Hills MD Cosmeceuticals. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi diduga membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi terhadap lingkaran hitam.

Untuk menggunakan kopi untuk lingkaran hitam di bawah mata:

  • Campurkan sdt masing-masing bubuk kopi dan minyak zaitun. Tambahkan beberapa tetes air untuk membuat pasta kecil di tangan Anda.
  • Tepuk dengan lembut di bawah mata Anda tanpa menggosok.
  • Biarkan campuran selama lima sampai sepuluh menit.
  • Bilas dengan air atau bersihkan masker dengan kain lembut. Ulangi sesering yang diperlukan.

Perawatan setelah matahari terbit

Manfaat anti-penuaan yang sama dari kopi juga dapat digunakan untuk perawatan pasca-matahari . Kuncinya di sini adalah membuat perawatan menenangkan yang akan disukai oleh kulit Anda yang terbakar sinar matahari — bukan masker atau scrub seperti yang Anda lakukan untuk penyakit kulit lainnya.

Untuk membuat perawatan kulit berbasis kopi untuk kulit yang terbakar sinar matahari :

  • Seduh secangkir kopi segar. Kemudian, encerkan dengan air dingin.
  • Tempatkan kain lembut atau handuk kertas belajar di dalam air dan peras kelebihannya.
  • Oleskan kain dengan lembut pada area kulit yang terkena.
  • Ulangi beberapa kali sehari sampai kemerahan dan bengkak mulai mereda.

Lulur Wajah

masker kopi

Photo :
  • U-Report

Bahan ini bekerja sangat baik sebagai scrub karena tidak kasar pada kulit. Cobalah scrub alami dengan mencampurkan kopi bubuk, gula merah, dan minyak zaitun. Setelah tercampur rata, pijatkan pada wajah dengan gerakan melingkar untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Pengelupasan kulit kepala

Kopi juga merupakan exfoliator yang bagus untuk kulit kepala Anda. Ambil setengah cangkir kopi bubuk dan pijat pada rambut basah Anda selama dua menit. Bilas dengan sampo dan kondisioner biasa. Ini akan membantu untuk menyingkirkan kelebihan produk membangun dan sel-sel kulit mati.

Lulur anti selulit

Bahan jenius ini juga dikenal sebagai lulur yang baik untuk meminimalkan selulit. Kopi membantu mengencangkan kulit dan juga mengurangi munculnya selulit. Untuk lulur DIY, campur kopi bubuk dengan satu sendok minyak zaitun dan gula. Gunakan campuran ini dan pijat pada area yang terkena dengan gerakan melingkar. Anda dapat mengikuti rutinitas ini setiap hari, tergantung pada jenis kulit Anda.

Pencerah kulit

Untuk kulit yang cerah dan glowing, Anda bisa mencoba masker kopi. Ambil setengah cangkir kopi dan campur dengan beberapa sendok susu untuk konsistensi kental. Gunakan campuran ini sebagai masker wajah selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat. Masker wajah ini akan membantu mengangkat sel kulit mati, meninggalkan kulit yang bercahaya.

Mengurangi mata bengkak

Kopi meningkatkan sirkulasi dan juga membantu mengurangi bengkak karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Ini membantu mengecilkan pembuluh darah dan bekerja sangat baik untuk mengurangi kantung mata. Setiap kali Anda membuat secangkir kopi, sisihkan ampasnya dan biarkan dingin selama beberapa waktu. Oleskan sisa di bawah mata dan area kelopak mata selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Untuk mata bengkak, Anda juga bisa mencoba es batu kopi.

Cara Membuat Masker Kopi 

Berikut adalah bagaimana Anda dapat membuat berbagai jenis masker kopi untuk wajah Anda, semua bisa Anda lakukan dari rumah Anda sendiri.

Masker Kopi untuk Kulit

Ambil satu sendok makan bubuk kopi dan campur dengan setengah sendok makan susu mentah. Aduk campuran sampai Anda mendapatkan konsistensi kasar. Oleskan paket wajah setelah membersihkan wajah dan leher dengan lembut. Biarkan bungkusnya selama 15 menit sebelum mencucinya dengan air dingin. Gunakan paket wajah ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Masker Kopi untuk Jerawat

Campurkan satu sendok makan bubuk kopi dengan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis dan setengah sendok makan minyak kelapa. Aduk ramuan sampai Anda mendapatkan pasta halus. Oleskan paket wajah kopi di wajah Anda dan bilas setelah 20 menit. Gunakan paket wajah seminggu sekali untuk melihat hasil terbaik.

2% Salicylic Acid Gel kami membantu membersihkan jerawat dari wajah, membersihkan pori-pori, melawan noda, dan mencerahkan warna kulit.

Masker Kopi untuk Hilangkan Kecokelatan pada Wajah

Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi dengan 1 sendok makan jus lemon dalam mangkuk. Aduk campuran sampai bebas gumpalan dan oleskan ke wajah dan leher Anda. Bilas paket setelah 15 menit dan keringkan wajah Anda. Ulangi prosesnya dua kali seminggu.

Efek Samping Kopi pada Wajah

Anda bisa menggunakan kopi pada kulit Anda asalkan tidak berlebihan. Berhati-hatilah saat menggunakan lulur kopi karena penggosokan yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat. Jika kulit Anda sensitif, lakukan eksfoliasi dengan kopi tidak lebih dari sekali seminggu.

Juga, perhatikan bahwa sementara minum kopi memiliki manfaatnya, kandungan kafein cenderung meningkatkan respons stres dalam tubuh, yang mengarah ke tingkat hormon stres yang lebih tinggi seperti kortisol. Pada gilirannya, ini menyebabkan lebih banyak sebum atau produksi minyak, yang menyebabkan jerawat.

Kesimpulannya

Sebelum menerapkan salah satu masker wajah atau kemasan yang disebutkan di atas yang mengandung kopi atau bahan lain pada kulit Anda, pastikan Anda tidak alergi terhadapnya. Melasma disebabkan oleh alergi terhadap kopi, yang memanifestasikan dirinya sebagai ruam atau kemerahan pada kulit dan gatal. Dalam kasus seperti itu, yang terbaik adalah menghindari penggunaan kemasan kopi dan mencoba alternatif kemasan wajah alami lainnya untuk kulit Anda.

Grup K-Pop BTS

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Di antara berbagai grup dan artis Kpop yang meraih popularitas global, BTS (Bangtan Sonyeondan atau Beyond The Scene) telah memperoleh tempat yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024