Manfaat Tomat, Buah Merah Kaya Khasiat

#tomat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Manfaat tomat memang banyak. Tak heran sebagian besar masyarakat Indonesia, bahkan dunia memanfaatkan tomat. Ada yang langsung mengonsumsinya, ada yang untuk penggunaan luar atau bahkan sebagai bahan dasar untuk produk kecantikan seperti skincare. 

Penetrasi Asuransi di RI Masih Rendah, MSIG Life Genjot Inovasi Kesehatan dan Digital

Banyak yang masih bingung membedakan apakah tomat termasuk buah atau sayur. Ternyata, tomat yang memiliki nama latin Solanum lycopersicum adalah termasuk buah-buahan. Tomat termasuk tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. 

Tomat tak hanya berwarna merah, namun memiliki buah lain berwarna hijau dan kuning yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan terong yang mengandung Alkaloid.

Ilmuwan China Ciptakan Pengisi Daya Nirkabel yang Aman untuk Tubuh Manusia

Tomat menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Tiap 100 gram tomat mengandung kalori sebesar 20 kal, protein 1 gram, lemak 0,3 gram, karbohidrat 4,2 gram, kalsium 5 miligram, karoten (vitamin A) 1500 SI, thiamin (vitamin B) 60 mikrogram, asam Askorbat (vitamin C) 40 miligram, fosfor 27 miligram, zat besi 0,5 miligram, potassium 360 miligram.

Nah, mari simak apa saja manfaat tomat 

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Manfaat Tomat untuk Mencegah Diabetes

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Penyakit diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat. Untuk mencegah penyakit tersebut, kadar gula dalam darah harus terkontrol tidak terlalu tinggi. Tomat ternyata bisa menjaga kadar gula dalam darah secara alami. 

Bagi para penderita diabetes tipe 1, mengonsumsi tomat bisa menurunkan kadar gula. Untuk pasien diabetes tipe 2, tomat dapat membantu menurunkan kadar gula dan kadar lemak. 

Manfaat Tomat untuk Menjaga Tekanan dan Menurunkan Tekanan Darah

Ilustrasi mengukur tekanan darah.

Photo :
  • Freepik/freepik

Tomat termasuk buah yang memiliki kalium yang tinggi. Mengonsumsi makanan kaya kalium, bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Manfaat ini berasal dari kandungan kalium di dalam tomat yang mampu mengurangi efek natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Oleh karena itu, tomat baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata.

Photo :
  • www.karendis.com

 Kandungan lutein dan zeaxanthin di dalam tomat merupakan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Lutein dan zeaxhantin adalah dua bentuk vitamin A yang diketahui dapat mencegah kerusakan mata akibat pertambahan usia, seperti degenerasi makula.

Kedua antioksidan tersebut juga diketahui dapat mencegah kerusakan mata akibat cahaya biru yang berasal dari ponsel maupun komputer.

Manfaat Tomat untuk Menjaga dan Membantu Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi timbangan berat badan.

Photo :
  • U-Report

Tomat merupakan buah yang rendah kalori, karbohidrat, serta lemak, sehingga baik dikonsumsi bagi seseorang yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan agar stabil. Hal ini karena berbagai kandungan gizi dalam buah tomat dapat mencukupi kebutuhan nutrisi saat diet.

Selain itu, buah tomat juga memiliki rasa yang enak dan terasa sedikit campuran manis dan asam serta memiliki tekstur waterly

Manfaat Tomat untuk Mencegah Kanker

Buah tomat.

Photo :
  • http://mrasyiduddin.blogspot.com

Tomat mengandung antioksidan berupa likopen yang baik untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker lambung.j

Tak hanya itu, kandungan karotenoid, yaitu zat yang memberikan warna alami pada tomat, dipercaya baik untuk menghambat penyebaran kanker payudara. Meski sudah banyak yang percaya, namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat tomat yang satu ini.

Manfaat Tomat untuk Jantung

Ilustrasi kesehatan

Photo :
  • U-Report

Tomat memiliki kandungan likopen yang bagus. Sebuah studi dari National Institutes of Health (NIH), menunjukkan bahwa dalam manfaat untuk kesehatan jantung, lebih efektif untuk mengonsumsi tomat dan produk olahan alami tomat daripada mengonsumsi suplemen likopen.

Mengonsumsi tomat bisa menjaga kesehatan jantung, termasuk mencegah serangan jantung dan stroke. Ditambah lagi, manfaat makan tomat menunjukkan efek perlindungan pada lapisan dalam pembuluh darah, serta mampu menurunkan risiko pembekuan darah.

Manfaat Tomat untuk Kesehatan Pencernaan

Ilustrasi masalah pencernaan saat ramadan.

Photo :
  • U-Report

Jumlah air dan serat dalam tomat dapat membantu penderita sembelit. Hingga disebutkan bagi yang ingin menjalankan program diet, sangat cocok bila mengonsumsi jus tomat saat perut kosong atau sebelum makan. Hal itu baik untuk melancarkan buang air besar dan cepat mengenyangkan.

Namun, perlu berhati hati untuk jangan mengonsumsi tomat yang memiliki rasa dan kadar asam yang tinggi, karena ditakutkan malah akan membuat sakit lambung. 

Manfaat Tomat untuk Kesehatan Kulit 

Ilustrasi Kulit Sehat

Photo :
  • MS Glow

Banyak skincare atau produk perawatan dan kecantikan yang membuat tomat sebagai bahan dasar dari produknya. Ini karena tomat tentunya memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kulit.

Bahkan, Menurut sebuah penelitian dari NIH, makan tomat 40 gram dalam bentuk pasta, menyediakan 16 mg likopen. Tambahan minyak zaitun yang dikonsumsi setiap hari selama 10 minggu. Mereka mengalami 40% lebih sedikit luka bakar akibat sinar matahari.

Tomat dipercaya mampu meningkatkan produksi pro-kolagen, molekul yang memberi struktur pada kulit dan membuatnya tetap kencang dan awet muda.

Manfaat Tomat untuk Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi kerutan di dahi/keriput.

Photo :
  • Pexels/Teona Swift

Manfaat tomat yang terakhir ini adalah dapt membantu mencegah penuaan dini atau tanda tanda penuaan pada kulit. Vitamin B sangat penting untuk kesehatan kulit, dan tomat mengandung banyak vitamin B. Totalnya, tomat memiliki kandungan B-1, B-3, B-5, B-6 dan B-9.

Vitamin ini memiliki sifat anti-penuaan yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. Vitamin B juga berkontribusi pada perbaikan sel serta dapat mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari. 

Nah, itu tadi manfaat tomat yang baik untik tubuh. Yuk, mulai konsumsi buah tomat.

Ilustrasi Makanan Berserat

Sering Diabaikan, Ini Pentingnya Makanan Berserat

Perlu diadakan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya konsumsi makanan berserat dalam sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024