8 Manfaat Tahu Baik Untuk Kesehatan, Mampu Atasi Diabetes Tipe 2

Tahu
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Manfaat tahu sangat beragam untuk kesehatan tubuh. Tahu berasal dari Tiongkok. Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Tahu telah mengalami indigenisasi di Indonesia sehingga muncul berbagai variant ahu serta panganan berbahan tahu. Tampilan tahu ini ada yang berwarna putih maupun kuning.

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Tahu terbuat dari dadih kedelai atau endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Ini secara alami bebas gluten dan rendah kalori. Ini tidak mengandung kolesterol dan merupakan sumber zat besi dan kalsium yang sangat baik. Tahu merupakan sumber protein yang penting, terutama untuk vegan dan vegetarian. Kamu bisa membelinya di pasar tradisional, pasar modern, hingga toko online.

Tahu juga mengandung isoflavon seperti fitoestrogen. Isoflavon mungkin memiliki sifat estrogen-agonis atau estrogen-antagonis. Ini dapat membantu melindungi dari beberapa jenis kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis. Namun, jika mengkonsumsi berlebihan juga dapat menimbulkan beberapa risiko.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Tahu dibuat dengan mengentalkan susu kedelai untuk membuat dadih. Dadih kemudian ditekan dan dipadatkan menjadi balok-balok putih agar-agar yang dikenal sebagai tahu.

Nutrisi tahu

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Tahu

Photo :
  • pixabay

Satu blok tahu keras seberat 122 gram (g) mengandung:

  • 177 kalori
  • 5,36 g karbohidrat
  • 12,19 g lemak
  • 15,57 g protein
  • 421 mg kalsium
  • 65 magnesium
  • 3,35 mg zat besi
  • 282 mg fosfor
  • 178 mg kalium
  • 2 mg seng
  • 27 mikrogram (mcg) folat, DFE

Ini juga menyediakan sejumlah kecil thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B-6, kolin, mangan, dan selenium. Kedelai adalah komponen utama dari tahu. Ini adalah sumber protein makanan yang lengkap, yang berarti menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan dalam makanan. Kedelai juga kaya akan lemak tak jenuh ganda yang sehat, terutama asam alfa-linolenat omega-3.

Manfaat Tahu

salad tahu

Photo :
  • pixabay

Diet yang mengandung berbagai makanan nabati tampaknya berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, dan risiko yang lebih rendah dari kondisi seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi tahu ini dapat meningkatkan kulit dan rambut, meningkatkan energi, dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

Penelitian telah mengaitkan tahu, dengan kadar isoflavon yang tinggi, dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa penyakit terkait usia dan gaya hidup. Melansir dari Medical News Today, berikut sejumlah manfaat tahu.

1. Penyakit kardiovaskular

Manfaat tahu yang pertama, bisa menyembuhkan penyakit kardiovaskular. Isoflavin kedelai telah terbukti membantu mengurangi kadar kolesterol "jahat" LDL, meskipun tampaknya tidak meningkatkan kadar kolesterol HDL atau "baik".

Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi kedelai setiap hari dapat menurunkan penanda risiko penyakit kardiovaskular, termasuk berat badan, indeks massa tubuh (BMI), dan kolesterol total. FDA telah menetapkan 25 g protein kedelai sehari sebagai asupan minimum yang diperlukan untuk memengaruhi kadar kolesterol.

Mengkonsumsi tahu sebagai alternatif protein hewani yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Ini, pada gilirannya, mengurangi risiko aterosklerosis dan tekanan darah tinggi.

2. Kanker payudara dan prostat

Manfaat tahu lainnya dapat menyembuhkan kanker payudara dan prostat. Beberapa penyelidikan klinis dan eksperimental telah menyarankan bahwa genistein, isoflavon utama dalam kedelai, memiliki sifat antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Di masa lalu, kebingungan telah muncul tentang keamanan mengkonsumsi kedelai setelah diagnosis kanker payudara. Ini karena isoflavon memiliki struktur kimia yang mirip dengan estrogen, dan kadar estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, mengonsumsi makanan kedelai dalam jumlah sedang, atau kurang dari dua porsi sehari, tampaknya tidak mempengaruhi pertumbuhan tumor atau risiko terkena kanker payudara.

Sebaliknya, ada bukti yang berkembang bahwa asupan kedelai secara teratur dapat mengurangi kekambuhan kanker payudara. Namun, buktinya belum cukup kuat untuk merekomendasikan kedelai kepada semua penderita kanker payudara. Para peneliti meminta penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi bagaimana genistein bekerja, bagaimana itu dapat digunakan secara terapeutik, dan bioavailabilitasnya, atau seberapa baik tubuh dapat menyerapnya.

3. Diabetes tipe 2

Manfaat tahu lainnya dapat mengatasi diabetes tipe 2. Orang dengan diabetes tipe 2 sering mengalami penyakit ginjal, menyebabkan tubuh mengeluarkan protein dalam jumlah berlebihan dalam urin. Bukti dari satu penelitian menunjukkan bahwa mereka yang hanya mengonsumsi protein kedelai dalam makanan mereka mengeluarkan lebih sedikit protein daripada mereka yang hanya mengonsumsi protein hewani. Para peneliti mengusulkan bahwa ini bisa bermanfaat bagi pasien dengan diabetes tipe 2.

4. Fungsi ginjal

Manfaat tahu selanjutnya dapat meningkatkan fungsi ginjal. Protein, dan khususnya protein kedelai, dapat meningkatkan fungsi ginjal, dan dapat bermanfaat bagi orang yang menjalani cuci darah atau transplantasi ginjal.
Satu analisis meta dari sembilan percobaan menunjukkan efek positif kedelai pada beberapa biomarker dari mereka yang menderita penyakit ginjal kronis. Ini mungkin karena kandungan proteinnya, tetapi juga karena dampaknya pada kadar lipid dalam darah.

5. Osteoporosis

Isoflavon kedelai dapat membantu mengurangi keropos tulang dan meningkatkan kepadatan mineral tulang, terutama setelah menopause. Mereka juga telah dilaporkan mengurangi beberapa gejala menopause lainnya.

6. Gejala menopause

Beberapa penelitian telah menyarankan bahwa mengonsumsi produk kedelai dapat membantu meringankan gejala menopause, seperti hot flashes, karena fitoestrogen yang dikandungnya. Walaupun gejalanya mungkin berbeda antara wanita, hot flashes tampaknya jauh lebih jarang terjadi di negara-negara Asia, di mana orang mengonsumsi lebih banyak kedelai.

Hasil yang bertentangan telah dihasilkan, tetapi ada bukti bahwa mengonsumsi produk kedelai yang kaya akan genistein dapat membantu mengurangi frekuensi dan keparahan hot flash. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui dengan tepat apa yang terjadi dan mengapa.

7. Kerusakan hati

Manfaat tahu lainnya dapat membantu kerusakan hati. Satu penelitian pada tikus menunjukkan bahwa semua jenis tahu yang telah dikentalkan dengan berbagai koagulan dapat membantu mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh radikal bebas.

8. Penyakit otak terkait usia

Manfaat tahu lainnya dapat membantu menyembuhkan penyakit otak terkait usia. Studi populasi telah menunjukkan bahwa, di daerah di mana orang mengonsumsi lebih banyak kedelai, ada insiden gangguan mental terkait usia yang lebih rendah. Namun, hasilnya beragam.

Satu kelompok penelitian menemukan bahwa pengobatan dengan isoflavon kedelai dikaitkan dengan kinerja yang lebih baik dalam memori nonverbal, kelancaran verbal dan fungsi lainnya. Ketika kelompok yang sama melakukan penelitian kecil lebih lanjut, yang melibatkan 65 orang di atas usia 60 tahun dengan Alzheimer, mereka tidak menemukan bahwa isoflavin kedelai menawarkan manfaat kognitif apa pun.

Namun, temuan yang diterbitkan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa produk kedelai dapat membantu penderita Alzheimer karena kandungan lesitinnya, yang membantu tubuh memproduksi asam fosfolipid fosfatidat (PA) dan fosfatidilserin (PS). PA dan PS memainkan peran penting dalam fungsi neuron.

Isoflavon dalam makanan kedelai telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, tetapi juga beberapa risiko. Kalsium dan magnesium dalam kedelai dapat membantu memperkuat tulang, mengurangi gejala PMS, mengatur gula darah, dan mencegah sakit kepala migrain.

Demikian ulasan tentang beragam manfaat tahu yang baik untuk tubuh karena bisa menangkal berbagai penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat.

Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024