Semoga Manjur, Hindari Deretan Makanan Penyebab Bisul

Ilustrasi jerawat dan bisul
Sumber :
  • Pixabay/Kjerstin_Michaela

VIVA – Bisul adalah salah satu penyakit yang muncul di daerah kulit. Bisul bisa muncul di area badan, punggung, leher, ketiak, pantat, atau selangkangan, yang sangat mengganggu aktivitas dan tidak nyaman.

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

Bisul karena munculnya benjolan di sekitar kulit, disertai dengan warna merah mengalami peradangan. Ada sebagian orang yang mengalami gejala gatal-gatal dan perih, namun ada juga yang tidak merasakan gejala tersebut.

Area yang paling mungkin terpengaruh adalah wajah, bagian belakang leher, ketiak, paha, dan bokong. Untuk mencegahnya semakin parah, kamu tidak boleh mencoba menusuk atau memencet nya. Karena hal ini malah bisa menyebarkan infeksi.

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

Penyakit bisul ini bisa disebabkan karena salah mengkonsumsi makanan, tidak menjaga kebersihan, atau reaksi kulit karena terkena alergi. Penyakit bisul muncul karena ada bakteri Staphylococcus aureus yang berada di lapisan bawah kulit.

Nyatanya memang ada beberapa makanan penyebab bisul di wajah atau pada bayi yang mungkin perlu mewaspadai. Lantas, apakah makanan yang menyebabkan bisul? Kali ini VIVA berikan informasinya yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

Produk Susu

Cara membuat susu kedelai jahe ala Ulla

Photo :
  • Cookpad @Ulla

Mark Hyman melaporkan bahwa dua uji klinis menunjukkan bahwa susu sapi juga dapat meningkatkan jumlah orang yang terjangkit jerawat dan tingkat keparahan jerawat. Susu sapi dianggap sebagai jerawat tingkat hormon dan insulin penyebab.

Ini juga meningkatkan kadar hormon anabolik, yakni jenis hormon yang digunakan atlet dan binaragawan untuk menjadi lebih berotot, misalnya androgen. Androgen bisa merangsang kulit dengan cara yang negatif, dan sering kali menyebabkan jerawat kistik.

Jadi makanan seperti susu dan produk olahannya bisa menjadi makanan penyebab bisul di wajah, sehingga kamu harus membatasinya, terutama saat bisul baru muncul.

Makanan Gula Tinggi

Ilustrasi menghindari makanan dengan gula tinggi.

Photo :
  • U-Report

Artikel pada New York Times juga menerbitkan sebuah studi tahun 2007 yang dikaitkan dengan makanan manis dengan indeks glikemik tinggi dan kerusakan kulit.

Indeks makanan glikemik tinggi nyatanya dapat dengan cepat meningkatkan kadar glukosa darah tubuh, kemudian akan membilas tubuh dengan insulin dan hormon lainnya.

Telur

Telur

Photo :
  • Times of India

Makanan penyebab bisul yang pertama adalah telur. Sebenarnya telur adalah makanan yang bergizi, dan memiliki kandungan protein dan omega-3 yang baik untuk tubuh. Namun ada sebagian orang yang tidak bisa mengkonsumsi telur, karena alergi dan mengkonsumsi telur bisa menyebabkan bisul. Berhati-hatilah saat mengkonsumsi banyak telur dan jangan terlalu berlebihan makan telur.

Para ilmuwan berteori bahwa serbuan insulin dan hormon ini dapat menghasilkan produksi minyak dan memicu jerawat kistik atau bisul. Jadi, hindarilah makanan mengandung gula tinggi karena ia bisa menjadi makanan penyebab bisul pada bayi atau bisul yang muncul di wajah.

Makanan Berlemak

Makanan berlemak

Photo :
  • U-Report

Makanan penyebab bisul lainnya adalah makanan berlemak. Kontak dengan minyak dan minyak goreng dari restoran cepat saji juga sering dapat mengiritasi bisul.

Mark Hyman menulis di kolom situs Huffington Post mengungkapkan bahwa lemak jenuh dan minyak nabati olahan seperti kedelai dan minyak jagung dapat meningkatkan hormon pertumbuhan mirip insulin yang memicu dan mengobarkan folikel yang menyebabkan jerawat dan bisul.

Di sisi lain, lemak omega-3 dari minyak ikan memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu kebijakan kulit.

Makanan Karbohidrat Glikemik Tinggi

Makanan penyebab bisul pada bayi atau anak lainnya adalah melalui pola makan yang sebagian besar terdiri dari makanan tinggi glikemik. Ini bisa termasuk roti putih, nasi putih, pasta yang dibuat dengan tepung putih, dan manis yang tidak dibuat dari biji-bijian.

Mereka adalah makanan penyebab bisul karena telah terbukti meningkatkan keparahan jerawat. Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menunjukkan "bukti yang cukup memadai untuk diet tinggi glikemik dapat memperkirakan bahwa jerawat."

Sekali lagi, produksi insulin akibat mengkonsumsi karbohidrat glikemik tinggi menyebabkan kulit memproduksi minyak secara berlebihan, yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Nah, itu makan-makan yang menyebabkan bisul, kalau kamu tubuh kamu sering tumbuh bisul sebaiknya menghindari makanan-makanan yang telah disebutkan.

 

Jamie Aditya

Tempat Ini Sajikan Nuansa Hingga Musik di Era 1920an

Perayaan selama dua hari ini menampilkan kompetisi pakaian terbaik dan musik yang mengusung tema 1920-an. Acara pada hari Jumat, 19 April, dipandu oleh Jamie Aditya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024