Dampak Minyak Goreng Curah pada Kesehatan, Berbahaya?

Minyak goreng curah dikemas ke botol. Pelaku ditangkap.
Minyak goreng curah dikemas ke botol. Pelaku ditangkap.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama (Serang)

VIVA – Beberapa waktu lalu, minyak goreng sulit didapatkan. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat beralih menggunakan minyak curah untuk memenuhi menyajikan makanan yang dikonsumsi keluarga. Namun nyatanya, minyak curah sangat berbahaya bagi kesehatan.

Mengapa demikian? Lantas apa itu minyak goreng curah? Terkait hal itu, spesialis gizi klinik, dr Diana F Suganda SpGK angkat bicara. Dijelaskannya, minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah sama-sama berasal dari minyak sawit. Namun letak perbedaannya berada pada sisi penyaringannya. 

"Kalau minyak curah penyaringannya satu kali, kalau minyak goreng kemasan dua kali. Semakin banyak proses penyaringannya maka lemak jenuhnya akan semakin sedikit," kata dia dalam program Hidup Sehat TVOne, Senin 20 Juni 2022.

Minyak goreng curah di Pasar Palmerah, Jakarta Barat.

Minyak goreng curah di Pasar Palmerah, Jakarta Barat.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Lebih lanjut, diungkap oleh Diana minyak goreng curah juga lebih mudah teroksidasi. Hal ini lantaran dalam proses pendistribusiannya. Minyak goreng curah didistribusikan dalam dirigen besar yang nantinya baru dikemas dalam kemasan plastik kiloan.

"Kalau minyak goreng kemasan, dikemas langsung dari pabrik. Dalam pendistribusiannya juga halus dan gelap proses paparan sinar matahari juga tidak besar, sedangkan minyak goreng curah mudah teroksidasi karena terkena matahari, terkena udara karena itu lebih tidak sehat jika minyak goreng curah dipakai berkali-kali," kata dia lebih lanjut. 

Lebih lanjut diungkap oleh Diana minyak goreng kemasan sudah difortifikasi dengan vitamin A, B, E dan K. Hal ini berbeda dengan minyak goreng curah yang ada di pasaran.