Tubuh Kurus juga Bisa Terkena Diabetes, Kenapa?

Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

VIVA – Diabetes adalah penyakit gangguan metabolisme yang menyebabkan kadar gula darah tinggi. Penyakit ini bisa terjadi saat hormon insulin yang dihasilkan organ pankreas tidak normal.

Insulin adalah hormon yang dihasilkan organ pankreas dan bertugas membantu tubuh menggunakan gula sebagai energi. Penyakit diabetes melitus membuat pankreas tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah cukup. Pada kondisi lainnya, pankreas dapat menghasilkan insulin, tapi insulin yang dihasilkan tidak digunakan secara optimal.

Berbicara mengenai diabetes maka berkaitan dengan obesitas. Hal ini diungkap oleh spesialis penyakit dalam, Dr. dr. Wismandari Wisnu, Sp.PD-KEMD.

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • vstory

"Semakin besar berat badannya maka semakin tinggi risiko obesitas. Kalau semakin gemuk, semakin mungkin orang tersebut diabetes," kata dia dalam program Hidup sehat TvOne, Selasa 21 Juni 2022.

Bukan hanya orang dengan obesitas saja, orang kurus juga bisa mengidap diabetes, lantaran lemak tersebut tersimpan di otot tubuh mereka.

"Bukan hanya di otot, kalau orang gemuk lemaknya keliatan di bawah kulit, sementara orang yang kurus lemaknya menyelemuti selain di bawah kulit, misalnya di otot, di hati, kalau gitu terbukti mudah dapat diabetes dikemudian hari," kata Wisnu.