6 Tips Tahan Lama Saat Berhubungan Intim Menurut Islam

Ilustrasi seks/bercinta.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Mungkin banyak dari para suami yang mengalami ejakulasi dini sampai membuat istri kurang puas dengan kehidupan seksualnya. Tapi jangan khawatir, karena dalam Islam ada beberapa cara agar suami bisa tahan lebih saat berhubungan intim. Kamu dapat mengajak suami melakukan beberapa tips tahan lama saat berhubungan intim menurut Islam. 

Unggah Foto Umroh Bareng, Sunan Kalijaga: Kembalikan Iman Islam Salmafina

Dalam agama Islam sendiri, dianjurkan untuk mengawali dengan berdoa sampai mengonsumsi makanan yang bergizi supaya suami bisa tahan lebih lama saat berhubungan seksual dengan pasangan. Ketahanan saat berhubungan seksual ini dapat membantu meningkatkan keintiman dan keharmonisan rumah tangga. Kamu dan suami juga dapat semakin intim saat bercinta. 

Selain itu, berhubungan suami istri juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental, variabilitas detak jantung yang sehat, dan risiko kematian yang lebih rendah. Bahkan, dalam ajaran Islam sendiri berhubungan seksual akan mendapatkan pahala. Nah, berikut adalah tips tahan lama saat berhubungan intim menurut Islam yang dikutip dari berbagai sumber. 

Merinding! Irfan Hakim Belajar Tari Sufi Ternyata Ada Filosofinya, Kain Kafan Hingga Sakaratul Maut

1. Badan Sehat

Ilustrasi olahraga bersama pasangan.

Photo :
  • U-Report
Menag Yakin Populasi Muslim Digeser Pakistan Tak Berdampak Apapun Termasuk Kuota Haji

Kesehatan tubuh seorang suami tentu saja harus diperhatikan bila ingin tahan lama berhubungan intim dalam Islam. Pastikan ketika berhubungan seksual, kamu dan pasangan tidak sedang menderita sakit tertentu. Jangan sampai kesehatan badan sedang tak baik tapi kamu memaksakan untuk berhubungan intim. Kamu dan pasangan harus tahu keadaan masing-masing. 

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat, kamu bisa memperkuat stamina, meningkatkan produksi hormon testosteron, dan memicu pelepasan endorfin. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Misalnya kamu berenang, bersepeda, berjalan, berlari, melompat, dan lain sebagainya. Bahkan, hal itu juga bermanfaat untuk mengatasi disfungsi ereksi. 

2. Mandi dan Berwudhu Sebelum Berhubungan Seks

Hubungan seks.

Photo :
  • healthline

Tips tahan lama saat berhubungan intim menurut Islam berikutnya adalah biasakan diri untuk membersihkan diri terlebih dahulu sebelum bersenggama. Bersihkan seluruh anggota badan, termasuk alat kelamin. Baik suami maupun istri harus mandi supaya wangi dan tampak semakin segar. 

Menyenangkan suami dengan penampilan menarik adalah salah satu yang diajarkan. Setelah mandi, jangan lupa untuk menggosok gigi, dan bisa juga dilakukan berwudhu supaya menjadi suci. Mandi dan wudhu juga bisa membuat badan terasa segar sehingga bisa lebih rileks saat akan berhubungan. 

3. Jangan Lupa Berdoa

Ilustrasi pasangan suami istri berhubungan intim.

Photo :
  • U-Report

Penting untuk memulai bercinta dengan membaca doa terlebih dahulu sebagai salah satu tips tahan lama saat berhubungan intim menurut Islam. Bacaan doa tersebut bermanfaat untuk memperbaiki niat berhubungan seksual, menjadi keberkahan, dan kepuasan berdua. Nah, untuk bacaan doanya sendiri dalam Islam adalah sebagai berikut. 

Bismillah Allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa 

Artinya: "Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezki yang Engkau anugerahkan kepada kami."

4. Lakukan Foreplay

Ilustrasi hubungan seks.

Photo :
  • Freepik

Foreplay merupakan salah satu tindakan yang didorong dalam Islam dan dapat dilakukan oleh suami atau istri sebelum mengawali hubungan seksual yang sebenarnya. Cara yang disarankan dalam proses pemanasan dalam Islam adalah membelai pasangan dan merangsang organ sensitif. Dalam sebuah hadis, berhubungan intim tidak sepatutnya dilakukan terburu-buru. 

"Janganlah salah seorang di antara kalian menggauli istrinya seperti binatang. Hendaklah ia terlebih dahulu melakukan pendahuluan, yakni ciuman dan cumbu rayu.” (HR.Tirmidzi)

Kemudian Al Hakim mengatakan, “Janganlah menyetubuhi istrimu begitu menemuinya, tapi tempatkanlah ia di kamar sesaat, lalu cumbulah, ciumlah dan dekaplah. Sebab jika engkau langsung melakukan hal itu saat bertemu maka itu suatu yang tercela.”

Foreplay ini bermanfaat untuk membuat ketahanan berhubungan intim menjadi semakin lama. Hal ini karena foreplay dapat mendorong dan juga meningkatkan syahwat serta keinginan sehingga tidak puas bila hanya kegiatan bercinta yang sebentar saja. 

5. Hati Harus Bergembira

Hubungan seksual

Photo :
  • Times of India

Tips tahan lama saat berhubungan intim menurut Islam berikutnya adalah harus mempunyai perasaan gembira ketika melaksanakannya. Hindari kesedihan dan perlu banyak kesenangan saat akan berhubungan seks dengan suami maka dapat meningkatkan performa dalam hubungan. 

Hindari juga hal-hal yang membuat hati menjadi semakin sedih dan pikiran stres sebelum berhubungan seksual. Tingkatkan mood dengan cara mengonsumsi makanan atau melakukan hal-hal yang sangat menyenangkan. 

6. Makanan Sehat

Hubungan Intim

Photo :
  • U-Report

Kemudian apa pula beberapa makanan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan seks. Ini menjadi salah satu tips tahan lama saat berhubungan intim menurut Islam. Makanan yang bisa menguatkan kemampuan seks sehingga tahan lama berhubungan intim dalam Islam. 

Makanan tersebut misalnya adalah jintan hitam atau habbatus sauda, anyelir, kurma India, bawang merah, daun bawang, jahe, buah lobak, arugula, pinus, kunyit, susu, chickpeas (sejenis kacang panjang atau buncis), daging, kenari, almond, pisang, kelapa sawit, pala, anggur, apel, wijen, kacang tanah, buah tin, dan lain sebagainya.

KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya

Banyak Utang Tapi Bagi-bagi THR saat Lebaran? Ini Kata Buya Yahya

Punya utang jatuh tempo yang perlu dibayar namun mendahulukan untuk bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) saat Hari Raya Idul Fitri. Bagaimana Islam memandang fenomena ini?

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024