3 Resep Ramuan Herbal Efektif Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA Life – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah yang dapat berdampak pada tubuh dan bisa menyebabkan serangan jantung hingga stroke. Meskipun faktanya, bisa bersifat genetik.  Sering disebut sebagai silent killer, hipertensi merusak pembuluh darah dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Namun jangan khawatir, Anda bisa menurunkan tekanan darah dengan syarat tetap mematuhi pedoman dokter seperti mengonsumsi obat tekanan darah yang telah diresepkan dokter serta menjaga pola hidup sehat.

Selain obat, sejumlah tanaman herbal asli Indonesia juga diketahui bisa membantu menurunkan tekanan darah. Apa saja? Berikut ini ulasan dokter herbal medik, dr. Sri Redjeki Endang, M.Si dalam program Hidup Sehat tvOne, Rabu 22 Juni 2022.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

1. Bawang putih dan madu

Bawang putih yang direndam dengan madu selama satu bulan di suhu ruangan diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah. Untuk ramuan ini cukup gunakan bawang satuan atau utuh atau dipotong dan dimasukkan ke dalam satu toples kemudian diamkan selama satu bulan. Dengan tujuan agar kandungan asilin di dalam bawang putih bisa masuk ke madu.

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

"Banyak khasiatnya, bantu melancarkan sirkulasi darah. Rasanya seperti salak," kata dia.

Ilustrasi hipertensi.

Photo :
  • Pixabay/frolicsomepl

2. Daun beluntas

Daun beluntas yang dikenal masyarakat Jawa untuk menghilangkan bau badan ini juga diketahui bisa membantu menurunkan kadar tekanan darah tinggi. Dijelaskan Sri Redjeki, daun ini memiliki kandungan flavonoid, tanin, dan asam klorogenik yang ternyata bersifat diuretik dan dapatkan menurunkan kolesterol.

Untuk mengolah daun ini bisa ambil 10 daun beluntas dan 2 siung bawang putih. Kemudian blender dan tambahkan dua gelas air lalu saring dan tambahkan madu untuk memberikan rasa nikmat. Minuman ini bisa dikonsumsi dua kali dalam sehari sesudah makan di pagi dan sore hari

3. Belimbing wuluh, temulawak, daun kumis kucing

Ilustrasi Belimbing Wuluh

Photo :
  • U-Report

Ketiga tanaman herbal ini memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Misalnya, belimbing wuluh diketahui mengandung antioksidan, vitamin A, B dan C yang dapat menstabilkan tensi.

Sementara itu, kumis kucing diketahui memiliki sifat diuretik ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Untuk ramuan ini siapkan 5 buah belimbing wuluh, 3 jari temulawak dan 10 lembar daun kumis kucing.

Cara membuatnya, siapkan dua gelas air lalu panaskan. Setelah itu masukkan temulawak, belimbing wuluh yang sudah dipotong-potong lalu masukkan 10 lembar daun kumis kucing lalu tambahkan dua buah gula aren untuk menambah rasa. Kemudian rebus hingga mendidih, setelah 5-10 menit saring lalu konsumsi pada pagi dan sore hari untuk membantu menurunkan kadar tekanan darah secara perlahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya