Manfaat Ubi Kayu untuk Ibu Hamil, Bisa Atasi Morning Sickness

Singkong atau umbi kayu
Sumber :
  • Pixabay/ Brett_Hondow

VIVA Lifestyle – Ubi kayu atau yang lebih dikenal dengan nama singkong merupakan umbi-umbian yang dapat dijadikan sumber energi sebab kaya akan karbohidrat. Sementara daun ubi kayu mengandung asam amino metionina sehingga berfungsi sebagai sumber protein.

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Tanaman ini dengan mudah didapatkan di Indonesia dan harganya cukup terjangkau. Kendati demikian, ubi kayu adalah salah satu pangan yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan.

Selain mengandung karbohidrat dan protein, pada ubi kayu juga terdapat, serat, kalsium, vitamin serta mineral. Maka dari itu, ubi kayu termasuk makanan yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Sebab makanan yang mengandung banyak manfaat sangat berpengaruh bagi kesehatan ibu maupun bayi di kandungannya.

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Ilustrasi singkong.

Photo :
  • U-Report

Bagi ibu hamil yang ingin mengonsumsi ubi kayu, olah singkong sampai benar-benar matang. Bila menyantap ubi kayu kondisi belum matang sempurna justru malah membahayakan sang ibu dan janin. Berikut manfaat ubi kayu untuk ibu hamil yang dihimpun VIVA dari berbagai sumber.

Wanita Hamil yang Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading Punya Hubungan dengan Terduga Pelaku

Menjaga nafsu makan

Makanan untuk ibu hamil

Photo :
  • pixabay

Terkadang nafsu makan ibu hamil menurun menjelang trimester 1. Ketika ibu hamil enggan untuk makan nasi, ubi kayu bisa menjadi solusi untuk pengganti nasi sebagai makanan pokok. Ubi kayu dipilih sebagai opsi selain nasi sebab ia mengandung banyak nutrisi yang mampu menjaga nafsu makan.

Sumber energi 

Singkong.

Photo :
  • U-Report

Badan ibu hamil tentu membutuhkan lebih banyak energi untuk dirinya sendiri dan sang bayi. Mengonsumsi ubi kayu yang mengandung karbohidrat adalah jawaban bagi para ibu hamil yang memerlukan banyak asupan energi. Hal ini karena karbohidrat pada ubi kayu diubah menjadi sumber energi.

Menjaga kesehatan saraf hamil 

Hamil

Photo :
  • The Sun

Kandungan vitamin A dan pada ubi kayu sangat berpengaruh untuk pertumbuhan saraf pusat dan indra penglihatan. Selain itu, vitamin A dipercaya mampu memperbaiki jaringan di dalam tubuh usai persalinan.

Cegah kelainan bentuk pada bayi

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/bayi.

Photo :
  • Freepik/gpointstudio

Ubi kayu juga berperan sebagai vitamin B kompleks dan folat. Rupanya kedua kandungan ini penting bagi ibu hamil lantaran dapat mencegah kelainan bentuk pada bayi saat masa hamil. 

Mengatasi morning sickness

Mual

Photo :
  • Times of India

Gejala morning sickness adalah kondisi mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil trimester awal atau tiga bulan pertama masa kehamilan. Pada umumnya morning sickness akan menghilang setelah memasuki trimester kedua. 

Ubi kayu diketahui mempunyai efek farmakologis yang dapat mengatasi gejala yang timbul karena morning sickness. Farmakologi sendiri yaitu cara obat berinteraksi dengan tubuh.

Menghindari dehidrasi

Ilustrasi wanita terasa dehidrasi.

Photo :
  • U-Report

Ubi kayu termasuk makanan yang kaya akan kandungan air sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Biasanya dehidrasi pada ibu hamil timbul saat mengalami morning sickness. Kurangnya asupan air pada ibu hamil otomatis akan berdampak pula kepada nutrisi janin.

Mpok Alpa.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Kabar bahagia datang dari komedian sekaligus presenter Nina Carolina atau yang akrab dengan nama Mpok Alpa. Saat ini, Mpok Alpa tengah berbadan dua alias hamil anak ke-3.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024