Mengenal Ethnowellness yang Berakar dari Kekayaan Rempah Indonesia

Essentia Apothecary
Sumber :
  • Instagram Essentia Apothecary

VIVA Lifestyle – Terdiri dari pulau-pulau menjadikan Indonesia dianugerahi dengan banyak potensi wisata. Bukan hanya alam saja yang memikat, wisata kesehatan atau wellness tourism juga belakangan begitu memikat hati para pelancong asing untuk datang ke Indonesia.

Panti Pijat hingga Tempat Karaoke di Tangsel Wajib Tutup selama Ramadhan

Salah satu yang juga menjadi menarik perhatian adalah ethnowellness. Seperti yang kita ketahui Indonesia memiliki beragam budaya dan bahan-bahan alami yang memiliki proses dan metode yang otentik, unik dan khas. Ethnowellness terinspirasi dari latar belakang budaya Indonesia yang kaya.  Di mana  setiap budaya memiliki rempah-rempah khas yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

"Indonesia terdiri dari berbagai provinsi, ada etnis, suku bangsa, wellness jadi satu kesatuan kita bisa, kenalkan spa tradisional untuk menjadi kekayaan budaya Indonesia. Pengalaman ini kita dapati di Bali, yang dinobatkan sebagai the best spa destination di dunia, dengan demikian kita punya peluang jadi unggulan pengembangan spa di Indonesia," kata pakar Ethnowellness, Ir. Dian SS Maulana dalam virtual conference, Pres Launching Ethnowellness by Essentia Apothecary, Rabu 22 Juni 2022.

Ternyata Kabupaten Badung Bali Pemda Pertama yang Keluarkan Polemik Pajak Hiburan

Lebih lanjut, diungkap oleh Dian, dalam pengembangan Ethnowellness, dilakukan dengan bantuan para ahli Antropologi.

"Kita punya 3 wujud kebudayaan aspek nilai dan filosofi, tidak langsung dibuat tapi melalui beberapa riset masukan dari antropologi, Indonesia wellness association, nutrisi, hingga herbalist," kata dia.

Pengusaha Ungkap Kondisi Bisnis Spa Sejak Pajak Hiburan Naik hingga 75 Persen

Rempah-rempah dari setiap budaya dikemas menjadi minyak esensial yang kuat, minyak pijat, dan lulur.

"Tujuan kami di masa yang akan datang adalah untuk melestarikan budaya kesehatan dan kecantikan Indonesia serta memperkenalkan budaya kesehatan dan kecantikan Indonesia yang sudah dikemas dalam bentuk produk essential oil, body oil dan body scrub ke dunia," tutur Dian.

Beberapa produk essential oil yang diperkenalkan Essentia Apothecary adalah Batak, yang terinspirasi dari suku bangsa Batak yang ada di Sumatera Utara. Untuk jenis ini sendiri terdiri dari minyak citrus hystrix, minyak canaga macrophylla, minyak zingiber officinale (ginger) root.

Essential oil ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan imunitas, membantu memperbaiki mood, relaksasi pikiran, mengurangi pegal-pegal, melindungi dari gigitan serangga, meredakan rasa gatal, meningkatkan gairah, hingga membantu mengurangi kerutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya