Sebelum Meninggal Rima Melati Mengidap Ulkus Dekubitus, Apa Itu?

Rima Melati
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube

VIVA – Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Artis senior Rima Melati meninggal dunia pada Kamis 23 Juni 2022. Rima Melati menghembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Subroto Jakarta pada pukul 15.25 WIB.

Celine Dion Ungkap Penyakit Langka yang Dideritanya: "Saya Berharap Ada Keajaiban"

Rima Melati sempat dilarikan dan dirawat di Intensive Care Unit (ICU) sebelum dinyatakan meninggal dunia pada Kamis sore kemarin.

Sebelum meninggal, Rima Melati mengidap penyakit dekubitus dan menjalani perawatan. Bahkan dirinya juga sempat dilarikan ke rumah sakit dan masuk ruang ICU karena mengidap penyakit dekubitus yang sudah semakin parah. Hal itu diungkapkan oleh sahabatnya, Widyawati pada beberapa waktu lalu melalui video dalam kanal YouTube STARPRO.

Menkes Budi Paparkan Penanganan Penyakit Arbovirus

Aktris senior tersebut memang sudah tidak bisa lagi beraktivitas seperti biasa dan hanya berbaring di atas tempat tidur. Ia juga sempat mengalami demam tinggi dan berat badan tubuhnya semakin kurus.

Lantas apa itu dekubitus penyakit yang diidap oleh mendiang Rima Melati? Melansir dari laman Mayo Clinic, dekubitus adalah cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat tekanan yang berkepanjangan pada kulit. Ulkus dekubitus paling sering berkembang pada kulit yang menutupi area tulang tubuh, seperti tumit, pergelangan kaki, pinggul, dan tulang ekor.

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Rima Melati dan Widyawati

Photo :
  • Winda Yanti (Vivanews)

Orang yang paling berisiko mengalami ulkus dekubitus memiliki kondisi medis yang membatasi kemampuan mereka untuk mengubah posisi atau menyebabkan mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur atau kursi.

Ulkus dekubitus dapat berkembang selama berjam-jam atau berhari-hari. Kebanyakan luka sembuh dengan pengobatan, tetapi beberapa tidak pernah sembuh sepenuhnya.

Sementara itu, penyebab ulkus dekubitus seperti yang diidap oleh mendiang Rima Melati umumnya disebabkan oleh tekanan pada kulit yang membatasi aliran darah ke kulit. Gerakan terbatas dapat membuat kulit rentan terhadap kerusakan dan menyebabkan perkembangan luka baring.

Tiga faktor utama penyebab ulkus dekubitus adalah:

1. Tekanan

Tekanan konstan pada bagian tubuh mana pun dapat mengurangi aliran darah ke jaringan. Aliran darah sangat penting untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi lain ke jaringan. Tanpa nutrisi penting ini, kulit dan jaringan di sekitarnya akan rusak dan akhirnya bisa mati.

Untuk orang dengan mobilitas terbatas, tekanan semacam ini cenderung terjadi di area yang tidak dilapisi dengan baik dengan otot atau lemak dan yang terletak di atas tulang, seperti tulang belakang, tulang ekor, tulang belikat, pinggul, tumit dan siku.

2. Gesekan

Gesekan terjadi ketika kulit bergesekan dengan pakaian atau tempat tidur. Itu bisa membuat kulit yang rapuh lebih rentan cedera, apalagi jika kulitnya juga lembap.

3. Mencukur

Geser terjadi ketika dua permukaan bergerak dalam arah yang berlawanan. Misalnya, ketika tempat tidur ditinggikan di kepala, Anda bisa meluncur ke bawah di tempat tidur. Saat tulang ekor bergerak ke bawah, kulit di atas tulang mungkin tetap di tempatnya,  pada dasarnya menarik ke arah yang berlawanan.

Rima Melati

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube

Faktor risiko

Risiko Anda mengalami ulkus dekubitus lebih tinggi jika Anda mengalami kesulitan bergerak dan tidak dapat mengubah posisi dengan mudah saat duduk atau di tempat tidur. Faktor risiko meliputi:

1. Imobilitas

Ini mungkin karena kesehatan yang buruk, cedera tulang belakang dan penyebab lainnya.

2. Inkontinensia

Kulit menjadi lebih rentan dengan paparan urin dan tinja yang berkepanjangan.

3. Kurangnya persepsi sensorik

Cedera tulang belakang, gangguan saraf, dan kondisi lain dapat menyebabkan hilangnya sensasi. Ketidakmampuan untuk merasakan sakit atau ketidaknyamanan dapat mengakibatkan tidak menyadari tanda-tanda peringatan dan kebutuhan untuk mengubah posisi.

4. Nutrisi dan hidrasi yang buruk

Orang membutuhkan cukup cairan, kalori, protein, vitamin dan mineral dalam makanan sehari-hari mereka untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan jaringan.

5. Kondisi medis yang mempengaruhi aliran darah

Masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi aliran darah, seperti diabetes dan penyakit pembuluh darah, dapat meningkatkan risiko kerusakan jaringan seperti luka baring.

Minum di dalam mobil

Photo :

6. Komplikasi

Komplikasi ulkus dekubitus, beberapa mengancam jiwa, meliputi:

- Selulitis

Selulitis adalah infeksi pada kulit dan jaringan lunak yang terhubung. Ini dapat menyebabkan kehangatan, peradangan, dan pembengkakan pada area yang terkena. Orang dengan kerusakan saraf seringkali tidak merasakan nyeri di area yang terkena selulitis.

-Infeksi tulang dan sendi

Infeksi dari luka tekan dapat masuk ke dalam sendi dan tulang. Infeksi sendi (septic arthritis) dapat merusak tulang rawan dan jaringan. Infeksi tulang (osteomielitis) dapat menurunkan fungsi sendi dan anggota badan.

- Kanker

Luka jangka panjang yang tidak sembuh-sembuh (ulkus Marjolin) dapat berkembang menjadi jenis karsinoma sel skuamosa.

- Sepsis

Jarang, ulkus kulit menyebabkan sepsis.

Beberapa symptoms atau tanda dari ulkus dekubitus yang perlu diperhatikan antara lain, perubahan warna atau tekstur kulit yang tidak biasa, pembengkakan, pengeringan seperti nanah, area kulit yang terasa lebih dingin atau lebih hangat saat disentuh daripada area lain. Area tender, ulku dekubitus jatuh ke dalam salah satu dari beberapa tahap berdasarkan kedalaman, tingkat keparahan dan karakteristik lainnya. Tingkat kerusakan kulit dan jaringan berkisar dari perubahan warna kulit hingga cedera dalam yang melibatkan otot dan tulang.

Sementara itu, orang yang menggunakan kursi roda ulkus dekubitus terjadi pada kulit di tulang ekor atau bokong, tulang belikat dan tulang belakang, punggung lengan dan kaki di mana mereka bersandar pada kursi.

Di sisi lain, jika Anda melihat tanda-tanda ulkus dekubitus, ubah posisi Anda untuk mengurangi tekanan pada area tersebut. Jika Anda tidak melihat perbaikan dalam 24 hingga 48 jam, hubungi dokter Anda.

Cari perawatan medis segera jika Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi, seperti demam, keluarnya cairan dari luka, luka yang berbau tidak sedap, perubahan warna kulit, kehangatan atau pembengkakan di sekitar luka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya