Kanker Prostat: Penyebab, Gejala, Faktor Risiko, Hingga Tindakan

Ilustrasi kanker prostat
Sumber :
  • times of india

VIVA Lifestyle – Kanker prostat adalah jenis kanker yang umum pada pria, tetapi sangat dapat diobati pada tahap awal. Ini dimulai di kelenjar prostat, yang berada di antara penis dan kandung kemih. Prostat memiliki berbagai fungsi. Ini termasuk memproduksi cairan yang memelihara dan mengangkut sperma, mengeluarkan antigen spesifik prostat (PSA), protein yang membantu air mani mempertahankan keadaan cairnya, dan membantu membantu mengontrol urin.

Waktu Ideal untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat

Selain kanker kulit, kanker prostat adalah kanker paling umum yang menyerang pria di Amerika Serikat. The American Cancer Society (ACS) memprediksi pada tahun 2021 akan ada sekitar 248.530 diagnosa baru kanker prostat dan sekitar 34.130 kematian akibat kanker jenis ini.

Sekitar 1 dari 8 pria akan menerima diagnosis kanker prostat di beberapa titik dalam hidup mereka. Namun, hanya 1 dari 41 di antaranya akan mati sebagai akibatnya. Ini karena pengobatannya efektif, terutama pada tahap awal. Skrining rutin memungkinkan dokter untuk mendeteksi banyak kasus kanker prostat sebelum menyebar.

Posisi Penis Saat Pakai Celana, Harusnya Menghadap ke Atas atau ke Bawah?

ilustrasi nyeri akibat kanker prostat.

Photo :
  • U-Report

Penyebab Kanker Prostat

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

Para peneliti tidak tahu persis apa yang menyebabkan kanker prostat. Tetapi mereka telah menemukan beberapa faktor risiko dan mencoba mempelajari bagaimana faktor-faktor ini dapat menyebabkan sel-sel prostat menjadi sel-sel kanker.

Pada tingkat dasar, kanker prostat disebabkan oleh perubahan DNA sel prostat normal. DNA adalah bahan kimia dalam sel kita yang membentuk gen kita , yang mengontrol bagaimana sel kita berfungsi. 

Kami biasanya terlihat seperti orang tua kami karena mereka adalah sumber DNA kami. Tapi DNA mempengaruhi lebih dari sekedar penampilan kita. Beberapa gen mengontrol kapan sel kita tumbuh, membelah menjadi sel baru, dan mati:

  • Gen tertentu yang membantu sel tumbuh, membelah, dan tetap hidup disebut onkogen .
  • Gen yang biasanya menjaga pertumbuhan sel tetap terkendali, memperbaiki kesalahan dalam DNA, atau menyebabkan sel mati pada waktu yang tepat disebut gen supresor tumor .

Kanker dapat disebabkan oleh mutasi DNA (atau jenis perubahan lain) yang membuat onkogen tetap aktif, atau yang mematikan gen supresor tumor. Jenis perubahan gen ini dapat menyebabkan sel tumbuh di luar kendali.

Perubahan DNA dapat diwariskan dari orang tua atau diperoleh selama hidup seseorang.

  1. Mutasi Gen yang Diwariskan

Beberapa mutasi gen dapat diturunkan dari generasi ke generasi (diwariskan) dan ditemukan di semua sel dalam tubuh. Perubahan gen yang diwariskan dianggap berperan dalam sekitar 10% kanker prostat. Kanker yang disebabkan oleh gen yang diturunkan disebut kanker herediter . 

Beberapa gen bermutasi yang diturunkan telah dikaitkan dengan kanker prostat herediter, termasuk:

  • BRCA1 dan BRCA2 : Gen supresor tumor ini biasanya membantu memperbaiki kesalahan dalam DNA sel (atau menyebabkan sel mati jika kesalahan tidak dapat diperbaiki). Mutasi yang diturunkan pada gen ini lebih sering menyebabkan kanker payudara dan ovarium pada wanita. Tetapi perubahan pada gen ini (terutama BRCA2 ) juga menyebabkan sejumlah kecil kanker prostat.
  • CHEK2 , ATM , PALB2 , dan RAD51D : Mutasi pada gen perbaikan DNA lain ini mungkin juga bertanggung jawab atas beberapa kanker prostat herediter.
  • Gen perbaikan ketidakcocokan DNA (seperti MSH2 , MSH6 , MLH1 , dan PMS2 ): Gen-gen ini biasanya membantu memperbaiki kesalahan (ketidakcocokan) dalam DNA yang dapat dibuat ketika sebuah sel bersiap untuk membelah menjadi 2 sel baru. (Sel harus membuat salinan baru DNA mereka setiap kali mereka membelah.) Pria dengan mutasi bawaan pada salah satu gen ini memiliki kondisi yang dikenal sebagai sindrom Lynch (juga dikenal sebagai kanker kolorektal non-poliposis herediter, atau HNPCC), dan berada di peningkatan risiko kolorektal, prostat, dan beberapa kanker lainnya.
  • RNASEL (sebelumnya HPC1 ): Fungsi normal dari gen supresor tumor ini adalah membantu sel-sel mati ketika terjadi kesalahan di dalamnya. Mutasi yang diwariskan pada gen ini mungkin membuat sel-sel abnormal hidup lebih lama dari yang seharusnya, yang dapat menyebabkan peningkatan risiko kanker prostat.
  • HOXB13 : Gen ini penting dalam perkembangan kelenjar prostat. Mutasi pada gen ini telah dikaitkan dengan awal kanker prostat (kanker prostat didiagnosis pada usia muda) yang berjalan di beberapa keluarga. Untungnya, mutasi ini jarang terjadi.

Mutasi gen warisan lainnya dapat menjelaskan beberapa kanker prostat herediter, dan penelitian sedang dilakukan untuk menemukan gen ini.

     2 . Mutasi Gen yang Didapat

Beberapa gen bermutasi selama masa hidup seseorang, dan mutasi tersebut tidak diturunkan kepada anak-anak. Perubahan ini hanya ditemukan pada sel yang berasal dari sel asli yang bermutasi. Ini disebut mutasi yang didapat . Sebagian besar mutasi gen yang terkait dengan kanker prostat tampaknya berkembang selama kehidupan pria daripada diwariskan.

Setiap kali sebuah sel bersiap untuk membelah menjadi 2 sel baru, ia harus menyalin DNA-nya. Proses ini tidak sempurna, dan terkadang terjadi kesalahan, meninggalkan DNA yang rusak dalam sel baru. Tidak jelas seberapa sering perubahan DNA ini mungkin merupakan peristiwa acak, dan seberapa sering mereka dipengaruhi oleh faktor lain (seperti diet, kadar hormon, dan lain sebagainya). Secara umum, semakin cepat sel prostat tumbuh dan membelah, semakin besar kemungkinan terjadinya mutasi. Oleh karena itu, apa pun yang mempercepat proses ini dapat membuat kanker prostat lebih mungkin terjadi.

Misalnya, androgen (hormon pria), seperti testosteron, mendorong pertumbuhan sel prostat. Memiliki tingkat androgen yang lebih tinggi dapat berkontribusi pada risiko kanker prostat pada beberapa pria.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa pria dengan kadar hormon lain yang tinggi, faktor pertumbuhan seperti insulin-1 (IGF-1), lebih mungkin terkena kanker prostat. Namun, penelitian lain belum menemukan kaitan seperti itu. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami temuan ini.

Seperti yang disebutkan dalam Faktor Risiko Kanker Prostat , beberapa penelitian menemukan bahwa peradangan pada prostat mungkin terkait dengan kanker prostat. Satu teori adalah bahwa peradangan dapat menyebabkan kerusakan DNA sel, yang dapat berkontribusi pada sel normal menjadi sel kanker. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan di area ini.

Paparan radiasi atau bahan kimia penyebab kanker dapat menyebabkan mutasi DNA di banyak organ, tetapi sejauh ini faktor-faktor ini belum terbukti menjadi penyebab penting mutasi pada sel prostat.

Tanda dan Gejala Kanker Prostat

Seringkali tidak ada gejala selama tahap awal kanker prostat, tetapi skrining dapat mendeteksi perubahan yang mungkin mengindikasikan kanker. Penyaringan melibatkan tes yang mengukur kadar PSA dalam darah. Tingkat tinggi menunjukkan bahwa kanker mungkin ada.

Pria yang mengalami gejala mungkin memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • kesulitan memulai dan mempertahankan buang air kecil
  • sering ingin buang air kecil , terutama di malam hari
  • aliran urin yang lemah
  • darah dalam urin atau air mani
  • buang air kecil atau ejakulasi yang menyakitkan
  • nyeri di punggung , pinggul, atau panggul

Gejala lanjut

Orang dengan kanker prostat stadium lanjut mungkin juga tidak menunjukkan gejala. Tanda-tanda potensial akan tergantung pada ukuran kanker dan di mana ia telah menyebar di dalam tubuh. Selain di atas, kanker prostat stadium lanjut dapat melibatkan gejala-gejala berikut :

  • sakit tulang
  • penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • kelelahan

Faktor Risiko Kanker Prostat

Faktor risiko adalah segala sesuatu yang meningkatkan risiko Anda terkena penyakit seperti kanker. Kanker yang berbeda memiliki faktor risiko yang berbeda.  Beberapa faktor risiko, seperti merokok, dapat diubah. Lainnya, seperti usia seseorang atau riwayat keluarga, tidak dapat diubah.

Tetapi memiliki faktor risiko, atau bahkan beberapa, tidak berarti Anda akan terkena penyakit tersebut. Banyak orang dengan satu atau lebih faktor risiko tidak pernah terkena kanker, sementara orang lain yang terkena kanker mungkin memiliki sedikit atau tidak ada faktor risiko yang diketahui.

Para peneliti telah menemukan beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi risiko seorang pria terkena kanker prostat. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

Usia
Kanker prostat jarang terjadi pada pria yang lebih muda dari 40 tahun, tetapi kemungkinan terkena kanker prostat meningkat dengan cepat setelah usia 50 tahun. Sekitar 6 dari 10 kasus kanker prostat ditemukan pada pria yang lebih tua dari 65 tahun.

Ras/etnis
Kanker prostat berkembang lebih sering pada pria Afrika-Amerika dan pria Karibia keturunan Afrika daripada pria ras lain. Dan ketika itu berkembang pada pria-pria ini, mereka cenderung lebih muda. Kanker prostat lebih jarang terjadi pada pria Asia-Amerika dan Hispanik/Latin daripada pada orang kulit putih non-Hispanik. Alasan perbedaan ras dan etnis ini tidak jelas.

Geografi
Kanker prostat paling umum di Amerika Utara, Eropa barat laut, Australia, dan di pulau-pulau Karibia. Ini kurang umum di Asia, Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Alasan untuk ini tidak jelas. Skrining yang lebih intensif untuk kanker prostat di beberapa negara maju mungkin menyumbang setidaknya sebagian dari perbedaan ini, tetapi faktor-faktor lain seperti perbedaan gaya hidup (diet, dan lain sebagainya) mungkin juga penting.

Misalnya, orang Amerika keturunan Asia memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat daripada orang kulit putih Amerika, tetapi risikonya lebih tinggi daripada pria dengan latar belakang etnis serupa yang tinggal di Asia.

Sejarah keluarga
Kanker prostat tampaknya diturunkan di beberapa keluarga, yang menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus mungkin ada faktor keturunan atau genetik . Namun, sebagian besar kanker prostat terjadi pada pria tanpa riwayat keluarga.

Memiliki ayah atau saudara laki-laki dengan kanker prostat lebih dari dua kali lipat risiko seorang pria terkena penyakit ini. (Risikonya lebih tinggi pada pria yang memiliki saudara laki-laki yang mengidap penyakit ini daripada mereka yang memiliki ayah dengan penyakit itu.) Risikonya jauh lebih tinggi pada pria dengan beberapa kerabat yang terkena penyakit, terutama jika kerabat mereka masih muda ketika kanker ditemukan.

Perubahan gen
Beberapa perubahan gen yang diturunkan (mutasi) tampaknya meningkatkan risiko kanker prostat, tetapi mungkin hanya sebagian kecil dari keseluruhan kasus. Sebagai contoh:

Mutasi yang diturunkan dari gen BRCA1 atau BRCA2 , yang terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara dan ovarium pada beberapa keluarga, juga dapat meningkatkan risiko kanker prostat pada pria (terutama mutasi pada BRCA2 ).

Pria dengan sindrom Lynch (juga dikenal sebagai kanker kolorektal non-poliposis herediter, atau HNPCC ), suatu kondisi yang disebabkan oleh perubahan gen yang diturunkan, memiliki peningkatan risiko sejumlah kanker, termasuk kanker prostat. Perubahan gen bawaan lainnya juga dapat meningkatkan risiko kanker prostat pada pria. 

Tindakan Kanker Prostat

Tindakan kanker prostat itu tergantung pada stadium kankernya, antara lain, seperti skor Gleason dan tingkat PSA . Perlu juga dicatat bahwa banyak pilihan pengobatan mungkin berlaku, terlepas dari stadium kanker.

Di bagian di bawah ini, kami mencantumkan beberapa pilihan pengobatan untuk kanker prostat dan jelajahi apa arti pengobatan untuk kesuburan.

Kanker Prostat Stadium Awal

Jika kankernya kecil dan terlokalisasi, dokter dapat merekomendasikan:

  • Menunggu atau memantau dengan waspada
  • Dokter mungkin memeriksa kadar PSA darah secara teratur tetapi tidak mengambil tindakan segera. Kanker prostat tumbuh perlahan, dan risiko efek samping pengobatan mungkin lebih besar daripada kebutuhan untuk pengobatan segera.

Operasi

Seorang ahli bedah dapat melakukan prostatektomi radikal untuk mengangkat tumor. Selain pengangkatan prostat, prosedur ini mungkin juga melibatkan pengangkatan jaringan di sekitarnya, vesikula seminalis, dan kelenjar getah bening di dekatnya. Seorang dokter dapat melakukan prosedur ini baik menggunakan operasi laparoskopi terbuka, laparoskopi, atau dengan bantuan robot.

Terapi radiasi

Ini menggunakan radiasi untuk membunuh sel kanker atau mencegahnya tumbuh. Pilihan untuk kanker prostat stadium awal termasuk diantaranya sebagai berikut:

  • Terapi radiasi eksternal: Metode ini menggunakan mesin di luar tubuh untuk mengirim radiasi ke sel kanker. Terapi radiasi konformal adalah jenis radiasi eksternal yang menggunakan komputer untuk membantu memandu dan menargetkan area tertentu, meminimalkan risiko terhadap jaringan sehat dan memungkinkan radiasi dosis tinggi mencapai tumor prostat.
  • Terapi radiasi internal: Juga dikenal sebagai brachytherapy, metode ini menggunakan biji radioaktif yang ditanamkan oleh dokter di dekat prostat. Seorang ahli bedah menggunakan pemindaian pencitraan, seperti ultrasound atau computed tomography untuk membantu memandu penempatan zat radioaktif.

Perawatan akan tergantung pada berbagai faktor. Seorang dokter akan mendiskusikan pilihan terbaik untuk individu tersebut.

Kanker Prostat Stadium Lanjut

Saat kanker tumbuh, ia dapat menyebar ke seluruh tubuh. Jika menyebar, atau kembali setelah remisi, pilihan pengobatan akan berubah. Opsi dapat mencakup:

  • Kemoterapi : Pilihan ini menggunakan obat-obatan untuk membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker. Meskipun dapat membunuh sel-sel kanker di seluruh tubuh, itudapat menyebabkanSumber Tepercayadampak buruk.
  • Terapi hormonal : Androgen adalah hormon pria. Androgen utama adalah testosteron dan dihidrotestosteron.Memblokir atau mengurangiSumber Tepercayahormon-hormon ini tampaknya menghentikan atau menunda pertumbuhan sel kanker. Salah satu pilihannya adalah menjalani operasi untuk mengangkat testis, yang memproduksi sebagian besar hormon tubuh. Berbagai obat juga dapat membantu.
  • Imunoterapi : Metode ini menggunakan sistem kekebalan tubuh seseorang untuk membantu melawan kanker. Para ilmuwan dapat menggunakan zat yang diproduksi tubuh, atau membuatnya di laboratorium, untuk membantu meningkatkan atau memulihkan pertahanan alami tubuh melawan kanker.
  • Terapi yang ditargetkan: Metode ini menggunakan obat-obatan atau zat lain yang mengidentifikasi dan menyerang sel kanker tertentu. Misalnya, studi tahun 2021 menyorotiradiofarmasi pilihan yang mungkin efektif untuk bentuk kanker prostat stadium lanjut yang sulit diobati.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya