Apakah Buah Nanas Dapat Membantu Pasien Diabetes?

Nanas dan diabetes
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA Lifestyle Diabetes adalah penyakit kronis yang memerlukan diet yang tepat dan perubahan gaya hidup untuk manajemen yang efektif. Kondisi ini terjadi ketika glukosa darah atau kadar gula darah melonjak dalam tubuh, karena itu memilih diet yang tidak menghambat kadar gula darah dapat membantu mengendalikan diabetes secara alami. 

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Buah-buahan sarat dengan banyak nutrisi dan banyak penggemar kesehatan menekankan untuk memasukkan beberapa jenis buah ke dalam makanan sehari-hari. Tetapi buah-buahan sarat dengan gula dan karbohidrat alami sehingga penderita diabetes disarankan untuk mengawasi konsumsi buah-buahan. 

Sementara beberapa buah-buahan menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes, hanya sedikit yang mendapat reputasi buruk karena nilai GI-nya yang tinggi. Nanas yang manis dan tajam dikemas dengan banyak nutrisi. Tapi apakah aman bagi penderita diabetes? Dikutip dari Pinkvilla mari kita cari tahu.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Nanas dan diabetes: Apa hubungannya?

Nanas mengandung banyak nutrisi, enzim, dan antioksidan seperti bromelain yang tidak hanya membantu meningkatkan kekebalan dan pencernaan, tetapi juga menekan peradangan sambil melawan stres oksidatif. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Sementara buah yang luar biasa ini dapat memperkaya siapa saja dengan nutrisi sehat, buah ini tidak memberikan manfaat yang sangat bersih bagi mereka yang menderita diabetes. Nanas memiliki skor GI (indeks Glikemik) sedang sedangkan buah dengan GI rendah hanya dianggap layak untuk penderita diabetes. 

Gambar buah nanas.

Photo :
  • U-Report

Indeks Glikemik adalah sistem penilaian yang diberikan untuk makanan yang mengandung karbohidrat pada ukuran bagaimana mereka memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Nanas mentah memiliki skor GI 66 yang menunjukkan bahwa konsumsi buah ini dapat memengaruhi kadar glukosa darah dibandingkan dengan buah lain yang memiliki skor GI rendah di bawah 55.

Meskipun nanas mengandung serat dalam jumlah tinggi yang dapat membantu mengurangi penyerapan gula dalam tubuh dan membuat Anda puas untuk waktu yang lebih lama, namun skor GI sedang memberinya menjadi buah yang berbahaya bagi mereka yang menderita diabetes. Alasannya karena menyebabkan gejala-gejala yang mengganggu dalam tubuh seperti kegoyahan.

Cara mengolahnya

Ketika berbicara tentang nanas, aturan praktis mengatakan moderasi adalah kunci untuk memperkaya diri sendiri dengan kebaikan tanpa menghalangi kadar gula darah Anda. 

Namun nanas dalam jumlah kecil dapat dikonsumsi di pagi hari disertai dengan lemak yang ditemukan dalam kacang-kacangan, protein atau buah-buahan lain dengan kadar GI rendah untuk membatasi efek buah ini pada kadar gula darah.

Sama seperti makanan lainnya, efek GI moderat dapat bervariasi, tergantung pada apa yang Anda gabungkan dengannya. Menggabungkan karbohidrat berserat, protein atau lemak bergizi dengan nanas menunda makan berlebihan, membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi lonjakan gula darah dalam tubuh

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Berbagai faktor lain yang meningkatkan GI nanas:

Jenis nanas, nanas yang lebih matang mengandung skor GI yang lebih tinggi

Cara pembuatannya, jus buah kaya akan gula sehingga membuat skor GI lebih tinggi.

Buah atau nanas yang diproses atau tidak diproses, kaleng atau kering, diisi dengan gula tambahan dan memiliki skor GI yang lebih tinggi.

Cara sehat paling sederhana untuk mengonsumsi nanas adalah dalam bentuk mentah atau digandakan dengan makanan yang memiliki skor GI rendah. Anda juga dapat mengonsumsi dalam jumlah sedang sebagai lauk dengan makanan utama Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya