5 Cara Meningkatkan Penglihatan pada Mata

Ilustrasi Mata
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle –  Melakukan pemeriksaan mata secara teratur hanyalah salah satu dari banyak cara agar kamu dapat meningkatkan penglihatan dan mencegah mata minus, cedera mata atau penyakit yang dapat merusak penglihatan. Lantas bagaimana agar penglihatan tetap baik? Mengutip dari Healthline, berikut ini cara meningkatkan penglihatan mata. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

1. Mendapatkan cukup vitamin dan mineral utama

Sumber vitamin E

Photo :
  • Times of India
7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Cara meningkatkan penglihatan mata yang oeetama adalah dengan mendapatkan vitamin dan mineral utama yang cukup. Vitamin A, C dan E serta mineral zinc mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula. Ini adalah kondisi di mana makula (bagian mata yang mengontrol penglihatan sentral) memburuk.

Sumber makanan untuk nutrisi penting tersebut antara lain berbagai sayuran dan buah-buahan seperti wortel, paprika merah, brokoli, bayam, stroberi, ubi dan jeruk. Sementara untuk makanan yang kaya asam lemak omega-3, misalnya seperti salmon dan biji rami yang juga direkomendasikan untuk kesehatan mata yang lebih baik.

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

2. Mendapatkan cukup karotenoid

Ilustrasi mata cokelat.

Photo :
  • U-Report

Beberapa nutrisi lain juga merupakan kunci dalam meningkatkan penglihatan diantaranya adalah lutein dan zeaxanthin, karotenoid yang ditemukan di retina. Kamu juga dapat menemukannya di sayuran berdaun hijau, brokoli, zucchini dan telur.

Lutein dan zeaxanthin juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Karotenoid ini membantu melindungi makula dengan meningkatkan kepadatan pigmen di bagian mata dan menyerap sinar ultraviolet dan cahaya biru.

3. Ikuti aturan 20-20-20

Ilustrasi menulis.

Photo :
  • U-Report

Perlu diketahui bahwa mata itu bekerja keras di siang hari dan perlu diistirahatkan pada sesekali. Ketegangan bisa sangat intens jika kamu bekerja di depan komputer untuk waktu yang lama. Maka dari itu, untuk meredakan ketegangan, ikuti aturan 20-20-20.

Maksudnya adalah pada setiap 20 menit, kamu harus berhenti menatap komputer dan melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.

4. Menggunakan kacamata pelindung

Ilustrasi kacamata.

Photo :
  • Freepik/katemangostar

Penting bagi kamu untuk selalu melindungi mata dengan menggunakan kacamata yang sesuai. Kacamata pelindung yang kuat sangat penting jika ada risiko bahan kimia, benda tajam atau bahan seperti serutan kayu, pecahan logam atau bahkan siku yang tak sengaja mengenai mata kamu.

Banyak kacamata pelindung ya g dibuat dengan jenis polikarbonat, yang sekitar 10 kali lebih keras daripada bentuk plastik lainnya. Sehingga bagus untuk melindungi mata. 

5. Menjaga tubuh tetap bugar

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Photo :
  • ist

Cara meningkatkan penglihatan mata yang terakhir adalah membuat agar tubuh tetap bugar. Olahraga dan menjaga berat badan yang sehat juga dapat membantu kesehatan mata. Diabetes tipe 2, yang lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil di mata.

Kondisi ini disebut retinopati diabetik. Terlalu banyak gula yang beredar di aliran darah yang bisa melukai dinding halus arteri. Retinopati diabetik menyebabkan arteri yang sangat kecil di retina (bagian belakang mata yang peka terhadap cahaya) bocor darah dan cairan ke mata, merusak penglihatan.

Memeriksakan kadar gula darah m secara teratur dan tetap bugar dapat menurunkan peluang terkena diabetes tipe 2 dan banyak komplikasi lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya