Minum Alkohol Bisa Sebabkan Sakit Kepala Migrain? Simak Penjelasan Ini

Ilustrasi mabuk alkohol.
Ilustrasi mabuk alkohol.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Banyak orang mengalami sakit kepala setelah minum alkohol, terutama jika meminumnya terlalu banyak. Sementara sakit kepala umumnya diakui sebagai efek samping alkohol pada banyak orang, reputasinya sebagai pemicu sakit kepala migrain mungkin berlebihan.

Alkohol diidentifikasi hanya sesekali menjadi pemicu pada sekitar sepertiga orang yang mengalami sakit kepala migrain, tetapi itu hanya pemicu yang konsisten pada sekitar 10 persen penderita migrain. Mengutip dari Healthline, berikut ini penjelasan mengenai bagaimana alkohol memicu migrain atau sakit kepala dan apa hal yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Hubungan antara alkohol dan sakit kepala migrain

Wanita mabuk akibat terlalu banyak minum alkohol

Wanita mabuk akibat terlalu banyak minum alkohol

Photo :
  • inmagine

Sakit kepala migrain bisa dipicu oleh banyak hal diantaranya seperti stres, cahaya, bau dan bahkan makanan dan minuman tertentu. Beberapa contoh makanan dan minuman yang dapat memicu sakit kepala migrain antara lain adalah kafein, cokelat, makanan fermentasi, daging yang diawetkan, makanan dan minuman yang kaya tiramin, dan makanan asin.

Jenis sakit kepala yang berhubungan dengan alkohol

Saat merasa sakit kepala, penting untuk mengetahui dengan tepat jenis sakit kepala yang sedang dialami. Minuman beralkohol biasanya dikaitkan dengan jenis sakit kepala tertentu seperti migrain tanpa aura, migrain dengan aura, sakit kepala cluster dan sakit kepala tegang.