Kenali Tanda-tanda Gejala Asam Urat Tinggi

Asam urat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA LifestyleAsam urat adalah produk metabolisme protein yang disebut juga sebagai protein purin. Kalau penyakit yang berhubungan dengan asam urat itu dibagi menjadi dua, yaitu asam urat tinggi atau disebut dengan asam urat gout yang tidak menyebabkan apa-apa dan yang kedua serangan asam urat ialah asam urat masuk ke dalam sendi dan menimbulkan serangan yang membentuk pembengkakan sendi.

Persiapan Mudik Bawa Anak, Waspada Gejala dan Pertolongan Pertama

Gejala awal asam urat tinggi

Seseorang ketika memakan makanan yang memiliki protein tinggi, terutama yang memiliki protein purin maka purin ini akan metabolisme menjadi asam urat ata monosiduim urat. Asam urat ini selanjutnya akan di buang melalui ginjal dan melalui urin.

Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

Kemudian yang menyebabkan asam urat seseorang tinggi ada beberapa faktor, sebagai berikut:

  • pertama adalah asupan asam urat nya terlalu banyak,
  • kedua ginjalnya seseorang yang terkena asam urat bisa jadi rusak dan tidak menyebabkan dirinya tidak dapat mengeluarkan asam urat dengan baik
  • penyebab yang terakhir adalah faktor-faktor genetik, pasien yang memiliki genetik atau keturunan asam urat tinggi di keluarganya, maka kemampuan metabolisme purin tidak sebaik orang lain pada umumnya. Tergantung pada kadar asam urat dalam darah, intensitas nyeri yang dihasilkan oleh peradangan bisa bervariasi.
Waspada! Flu Singapura Merebak, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Tanda Serangan  Asam Urat 

Sakit Nyeri persendian lebih banyak anggota menyerang bagian bawah, misalnya: jempol kaki, tumit, kaki dan lutut. Kadang-kadang tangan atau jari juga dapat terserang asam urat. Nyeri asam urat ini muncul secara tiba-tiba dan tidak bertahap.

  • Nyeri terasa berdenyut-denyut atau seperti diremukkan, yang membuat penderitanya merasa tersiksa. muncul justru ketika penderitanya beristirahat, namun karena nyeri yang hebat pada umumnya tidak bisa bergerak atau gerakan menjadi terbatas.
  • Bagian tubuh yang merah karena sistem pertahanan tubuh berusaha melarutkan asam urat yang mengendap, dengan cara mengalirkan darah lebih banyak ke lokasi.
  • Bengkak terjadi karena aliran darah meningkat, maka di mana tidak ada cadangan asam urat membengkak dan akan terasa sangat nyeri jika disentuh. Misal: ketika senang dengan selimut atau celana panjang.

Melakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah secara berkala, dapat melakukan pencegahan sehingga tidak harus mengalami gejala yang parah.

penderita yang memiliki kecenderungan asam urat nya tinggi lebih disarankan untuk selalu menjaga agar kadarnya < 6 mg/dL, agar tidak terjadi kekambuhan.

Pencegahan Asam Urat

Untuk mencegah atau mengurangi munculnya gejala, tindakan berikut sangat membantu:

  • Jaga berat badan sehat: penurunan berat badan secara bertahap akan mengurangi beban pada sendi, serta menurunkan kadar asam urat. kekurangan atau penurunan berat badan yang cepat, karena berkurangnya air dalam tubuh dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
  • Minum 6 hingga 8 gelas air putih setiap hari, ini akan membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan membantu pengeluaran nya melalui urin.
  • Makan makanan yang sehat, rendah lemak dan senyawa purin rendah. Contoh: roti, nasi, pasta, tahu, tempe, sayuran, cerelas dan produk susu rendah lemak.
  • konsumsi daging berlebihan protein hewani yang kaya purine: jeroan, dan ikan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya