Tips Anak Percaya Diri Bersosialisasi Pasca Pandemi COVID-19

Anak dan COVID-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Pandemi COVID-19 berdampak pada sejumlah sektor kehidupan di masyarakat. Adanya pandemi COVID-19 membuat aktivitas terbatas termasuk dalam kegiatan belajar hingga bersosialisasi.

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Selama dua tahun belakangan ini, kegiatan sekolah pun dilakukan secara daring, dengan tujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Namun di tahun ini kegiatan pembelajaran tatap muka mulai dilakukan secara bertahap.

Hal ini tentu berdampak pada kondisi anak-anak yang mana mereka harus kembali bersosialisasi dengan teman-teman mereka secara tatap muka.

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian

Lantas bagaimana tips dan trik terutama anak-anak percaya diri kembali bertemu orang-orang?

"Anak usia besar di sekolah atau remaja mudah karena mereka juga menggunakan komunikasi. Pada anak ini jauh lebih mudah, pada anak muda lagi usia 1-2 tahun kita perkenalkan lagi untuk kenalkan temannya," kata spesialis tumbuh kembang anak, Dr. dr. Bernie Endyarni, Sp.A (K), MPH dalam virtual conference ‘Kiat Keluarga Indonesia Optimalkan Tumbuh Kembang Anak di Masa Transisi’, Selasa 28 Juni 2022.

Terungkap, Arti Nama Anak Perempuan Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Lebih lanjut, Bernie mengungkap bahwa penting bagi orang tua untuk memotivasi anak untuk bersosialisasi kembali dengan orang lain. Beberapa cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengajaknya berdiskusi.

Anak divaksin COVID-19 (foto ilustrasi).

Photo :
  • Northwell Health

"Yang penting pada anak usia sekolah ingin berteman ajak lagi, motivasi, 'wah mau sekolah lagi nih', 'kalau mau ketemu temen baru gimana', ajak diskusi, dan berfikir 'kalau ketemu teman baru gimana', kita kasih saran tanya namanya siapa, apa yang boleh dan tidak boleh, tanya namanya," kata Bernie.

Tidak hanya itu, bagi orang tua juga bisa ajak anak untuk kembali mengenalkan anak dengan situasi lingkungan sekolah.

"Persiapkan anak, ajak ke sekolahnya kenalkan kelasnya sekolah, ketika masuk jadi siap," kata Bernie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya