5 Masalah Ini Akan Muncul Saat Berusia di Atas 50 Tahun

Osteoporosis
Sumber :
  • eatthis.com

VIVA Lifestye –  Usia 50-an Anda bisa menjadi usia emas dalam hal teman, keluarga, karier, dan kebahagiaan, tetapi juga saat banyak kondisi kesehatan terkait usia mulai muncul. 

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

"Saatnya banyak orang mundur dan berkata, 'Oh, kesehatan saya tidak diberikan. Saya sebenarnya perlu melakukan sesuatu untuk setidaknya membuatnya stabil dan membuatnya lebih baik.' Saya akan mengatakan jendela waktu puncak yang saya lihat pasien adalah antara 50 dan 70," kata Susan Friedman, MD., profesor di divisi geriatri dan penuaan Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas Rochester. 

Dilansir dari laman eatthis, berikut adalah lima masalah kesehatan yang dokter ingin Anda waspadai setelah usia 50 tahun.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran terkait usia (presbikusis) adalah kondisi kesehatan yang umum terjadi sejak usia 40 tahun ke atas. 

Ahli Ungkap 7 Tanda Sekarat hingga Sebabkan Kematian, Apa Saja?

"Skrining untuk gangguan pendengaran direkomendasikan pada orang dewasa yang berusia lebih dari 50 hingga 60 tahun," kata Anne. D Walling, MB, ChB, dan Gretchen M. Dickson, MD, MBA. 

Menurut dia, gangguan pendengaran berdampak pada komunikasi dan kemampuan fungsional, dan sangat terkait dengan penurunan kualitas hidup, penurunan kognitif, dan depresi. Terlepas dari prevalensi dan morbiditasnya, gangguan pendengaran kurang dikenali dan tidak diobati. 

Ini mungkin kurang dikenali karena merupakan perkembangan yang lambat, masalah atau karena keyakinan bahwa gangguan pendengaran adalah bagian normal dari penuaan. 

Perawatan yang tidak tepat dapat disebabkan oleh penilaian yang buruk terhadap pilihan untuk peningkatan pendengaran, atau penolakan pasien atau ketidakmampuan untuk menggunakan alat bantu dengar dan alat bantu dengar. Biaya dan stigma sosial merupakan faktor utama dalam diagnosis dan manajemen gangguan pendengaran.

Osteoporosis

Kepadatan tulang rendah terkait usia umumnya dilihat sebagai masalah wanita, tetapi dokter memperingatkan pria juga dapat terpengaruh. 

"Pria yang pernah mengalami patah tulang di atas usia 50 tahun harus proaktif," kata Deborah Kado, MD, profesor dan spesialis kesehatan tulang di UC San Diego Health. 

"Alih-alih hanya menganggapnya sebagai peristiwa aneh, patah tulang itu harus menjadi peringatan untuk menemui dokter dan menjalani pemindaian kepadatan tulang. Pada saat itu, pria mungkin juga ingin berpikir untuk menjadi lebih aktif secara fisik dan meningkatkan keseimbangan mereka."

Penyakit jantung

Penyakit jantung.

Photo :
  • U-Report

Studi menunjukkan bahwa antara 2011 hingga 2016, tingkat kematian penyakit jantung meningkat 1,5% di antara kelompok usia 45 hingga 60 tahun. 

"Itu menambahkan hingga 129.400 lebih banyak kematian per tahun pada orang dewasa di bawah 65 tahun - orang-orang di puncak kehidupan kerja dan keluarga mereka," kata Amit Khera, M.D. 

"Secara historis, perawatan penyakit jantung lebih terfokus pada bereaksi terhadap masalah koroner daripada mencegahnya. Perbaikan besar telah dilakukan dalam perawatan pasca serangan jantung, termasuk pemasangan stent dan obat-obatan seperti statin, tetapi kami tidak melakukan cukup banyak untuk membantu pasien menghindari penyumbatan arteri, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan mempromosikan gaya hidup sehat jantung."

Tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi

Photo :
  • eatthis.com

Bahkan orang yang tidak mengalami tekanan darah tinggi pada usia 55-65 memiliki risiko 90% seumur hidup untuk mengembangkannya, kata Cleveland Clinic. 

"Tetapi dokter tidak lagi menganggap hipertensi sebagai hal yang tidak dapat dihindari atau tidak dapat diobati seiring bertambahnya usia," kata Samuel Durso, M.D., direktur Divisi Kedokteran Geriatrik dan Gerontologi di Johns Hopkins. 

"Dokter Anda akan memilih obat yang tepat untuk Anda. Seringkali, dokter meresepkan lebih dari satu obat untuk mengontrol tekanan darah. Anda mungkin memerlukan obat yang bekerja pada beberapa mekanisme berbeda untuk menurunkan tekanan darah Anda. Atau dokter Anda mungkin dapat menurunkan tekanan darah Anda. memberi Anda dosis obat yang lebih rendah, dan mengurangi kemungkinan efek samping, dengan menggabungkan dua atau tiga obat."

Atrofi otak

Ilustrasi otak.

Photo :
  • Times of India

"Banyak orang mulai memperhatikan perubahan memori sekitar usia 50 tahun," kata Harvard Health. Tanda khas dari kelupaan ringan ini adalah kesulitan mengingat kata atau nama yang pernah datang dengan mudah kepada Anda. 

Seiring bertambahnya usia tubuh, begitu pula otak Anda, dan seiring bertambahnya usia struktur otak, demikian pula kemampuannya untuk memproses informasi dengan cepat. 

"Memori dapat goyah akibat stres, kecemasan, kelelahan, gangguan, atau kelebihan beban. Kesulitan memori juga dapat disebabkan oleh obat-obatan, penglihatan atau pendengaran yang buruk, gangguan tidur, depresi, atau nyeri kronis—semua hal yang dapat Anda lakukan membenarkan."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya