6 Kebiasaan Menjaga Kesehatan Payudara yang Perlu Diterapkan

Ilustrasi payudara
Sumber :
  • Pixabay/ Foundry

VIVA Lifestyle –  Kesehatan payudara tentu perlu diperhatikan, khususnya bagi para wanita. Menanamkan kebiasaan menjaga kesehatan payudara dalam rutinitas harianmu dapat bermanfaat bagi kesehatanmu sendiri dan juga payudara.

Asia Pacific Breast Cancer Summit 2024, Bahas Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara

Kesehatan payudara sering dipandang sebagai sesi mamografi atau pemeriksaan diri, tetapi kesehatan payudara jauh lebih dari itu. Kesehatan payudara itu penting dan perlu diperhatikan setiap hari. Kita sering mengabaikannya dan mengabaikan masalah yang bisa muncul kemudian. 

Meskipun kanker payudara terus meningkat secara global, banyak wanita cenderung mengabaikan masalah kesehatan payudara. Mengutip dari Health Shots, berikut ini sejumlah kebiasaan menjaga kesehatan payudara agar tetap bugar dan sehat. 

Rahasia Kebahagiaan dan Jantung Sehat: Berikan Kenikmatan Ini Buat Suami!

1. Konsumsi makanan yang sehat dan kaya akan antioksidan

Makanan terbaik untuk kesehatan jantung

Photo :
  • U-Report
Benarkah Obat Herbal Bisa Sembuhkan Kanker? Begini Penjelasan Dokter

Kebiasaan menjaga payudara agar tetap sehat yang pertama adalah tentu dengan makan makanan yang sehat. Makan makanan yang kaya antioksidan serta vitamin dan mineral lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan payudara dan mencegah timbulnya banyak penyakit seperti kanker. 

Misalnya seperti anggur, yang dikemas dengan vitamin C dan K, kalsium, zat besi, kalium, magnesium dan antioksidan seperti resveratrol dan beta karoten yang dimana semuanya dapat membantu mencegah penyakit kronis.

2. Lakukan latihan otot dada

Ilustrasi kanker payudara.

Photo :
  • U-Report

Berolahraga setiap hari dan melakukan yoga membuat kamu tetap bugar dan sehat. Menanamkan beberapa kebiasaan menjaga payudara dengan olahraga seperti latihan dada pose kobra, traveling plank, push-up, plank dan yang lainnya dapat menjaga payudara tetap kencang dan sehat. 

Olahraga ini juga mencegah payudara kendur. Latihan yang meningkatkan kekencangan otot-otot dada harus ditambahkan oleh wanita dalam rezim latihan rutin mereka untuk kesehatan payudara. 

3. Melembabkan kulit di sekitar areola

Ilustrasi payudara.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Areola merupakan area kulit berwarna gelap pada payudara yang mengelilingi puting. Kamu bisa beri pijatan pada payudara dengan spons khusus, sarung tangan atau es batu yang dibungkus dengan handuk katun yang berfungsi untuk merangsang sirkulasi dan kulit akan ternutrisi. Kamu bahkan dapat memijat payudara dengan minyak almond, kelapa, minyak zaitun atau minyak fenugreek yang akan membuat puting terhidrasi.

4. Pijat limfatik di sekitar jaringan payudara

Ilustrasi kanker payudara.

Photo :
  • U-Report

Kebiasaan menjaga payudara selanjutnya bisa dilakukan pijat limfatik yang berbeda dengan pijat payudara biasa. Dalam hal ini dilakukan gerakan pemompaan, dimana payudara digerakkan dengan sedikit tekanan dan kemudian payudara dilepaskan secara perlahan, sehingga dapat kembali ke posisi semula. Mudah dipelajari dan dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan payudara.

5. Menggunakan bra dengan ukuran yang tepat

Ilustrasi payudara/bra.

Photo :
  • Pixabay/ Hans

Banyak wanita di seluruh dunia memakai ukuran bra yang salah hingga akhirnya menyebabkan payudara kendur. Penting untuk memakai ukuran bra yang benar agar payudara tetap bugar dan kencang.

6. Mengonsumsi suplemen yang mengandung Vitamin D dan E

Bukan Jeruk, Ini 6 Buah yang Mengandung Banyak Vitamin C

Photo :
  • U-Report

Banyak penelitian telah mengkonfirmasi bahwa kadar vitamin D yang rendah menyebabkan kanker payudara sehingga payudara kita membutuhkan vitamin D, peran utama dalam mengendalikan pertumbuhan sel payudara normal. Selain itu, vitamin E juga dapat meredakan nyeri payudara, terutama selama siklus menstruasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya