Pakar Prediksi Penyakit 'X' Akan Mewabah, Ancam Nyawa Manusia

Ilustrasi  virus.
Ilustrasi virus.
Sumber :
  • Pixabay/geralt

VIVA Lifestyle – Penyakit mematikan setelah pandemi COVID-19 mereda tengah mengintai di dunia, terutama di Inggris. Pakar memperingatkan bahwa tanda-tanda wabah besar sudah nampak dan penyakit tersebut bisa membahayakan nyawa kapan saja.

Profesor epidemiologi penyakit menular di University of Edinburgh, Prof Mark Woolhouse, percaya bahwa 'Penyakit X' sudah dekat pada manusia. Ancaman virus tidak dikenal yang dapat menular ke manusia dan berpotensi menyebabkan epidemi yang meluas dikenal sebagai Penyakit X oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Tahun lalu mereka memperingatkan bahwa pandemi berikutnya bisa mencapai skala Black Death, yang menewaskan sekitar 75 juta orang. Itu terjadi karena polio telah ditemukan dalam pekerjaan pengolahan limbah di London dan ada beberapa bukti penularan pada sejumlah kecil orang.

Para ahli Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) percaya seorang pelancong, kemungkinan dari Pakistan, Afghanistan atau Nigeria, mengeluarkan virus melalui tinja mereka setelah diberi inokulasi polio oral. Tetapi virus itu sekarang telah menyebar ke orang lain setelah bermutasi, dengan jenis yang sama berulang kali terdeteksi dalam sampel limbah sejak Mei 2022. 

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Pixabay/Tumisu

Tak hanya itu, Inggris juga telah melihat kasus flu burung, demam Lassa, demam berdarah Krimea-Kongo dan cacar monyet tahun ini. Prof Woolhouse percaya infeksi ini adalah tanda dari kondisi kesehatan yang akan datang.

"Ada nama untuk apa yang kita lihat saat ini di Inggris dan di tempat lain, itu disebut obrolan. Ini adalah istilah yang digunakan [unit] anti-teroris untuk menggambarkan peristiwa kecil yang mungkin menandakan sesuatu yang lebih besar di cakrawala... penyakit menular bekerja dengan cara yang hampir sama," ujarnya dikutip dari laman The Sun, Rabu 29 Juni 2022.