Calon Bayi Didiagnosis PJB, Apa yang Perlu Dilakukan Orang Tua?

Hamil
Hamil
Sumber :
  • The Sun

VIVA Lifestyle– Penyakit jantung bawaan (PJB) atau congenital heart disease adalah kelainan pada struktur dan fungsi jantung yang sudah ada sejak lahir.

"Penyakit jantung bawaan ini terjadi karena adanya gangguan pada proses pembentukan dan perkembangan jantung sejak bayi di dalam kandungan," kata Spesialis Bedah Toraks dan Kardiovaskuler, Dr. dr. Dicky Fakhri, Sp.BTKV (K), dalam program Hidup Sehat TVOne, Kamis 30 Juni 2022.

Lebih lanjut diungkap Dicky, PJB ini waktu terjadi pertemuan antara kromosom dan sel telur, dalam perkembangannya saat bulan kedua. Bulan ketiga mulai terbentuk calon jantung di situ berproses terjadinya sekat-sekat, dari situ lahirnya kelainan jantung bawaan. Meski begitu, dia menjelaskan, penyebab pasti dari PJB ini secara definitif masih dalam penelitian.

Ilustrasi bayi.

Ilustrasi bayi.

Photo :
  • Pexels

"Penyebabnya banyak yang pasti secara definitif a atau b masih dalam penelitian, ada kekurangan gizi, ada penyakit lain tapi semua masih asumsi," kata dia melanjutkan.

Meski begitu dengan kemajuan teknologi saat ini, PJB bisa dideteksi sejak bayi ada dalam kandungan. Calon ibu bisa memeriksanya di usia 3-4 bulan.

"Dengan kemajuan teknologi, alat usg bisa dideteksi 3-4 bulan dalam kandungan apakah ada dempet satu rongga dengan rongga lainnya. Kalau diagnosa pastinya setelah lahir harus dikonfirmasi pemeriksaan ECO pada bayi," kata dia.