12 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Bisa Atasi Stres

Jantung Pisang
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Hampir setiap bagian dari pohon pisang dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara. Jantung, buah dan batangnya dapat dimakan, daunnya dapat digunakan sebagai alas piring dan kulit kayunya dapat digunakan untuk membuat kertas.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Dikenal sebagai jantung pisang, jantung pisang sarat dengan serat, protein, kalium, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, magnesium, dan Vitamin E. Jantung-jantung cantik ini dapat dimakan mentah atau dimasak dan ditambahkan ke salad, sup, tumis dan herbal.  Yuk intip segudang manfaat jantung pisang untuk kesehatan, mengutip dari healthbenefitstimes.

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Jantung pisang.

Photo :
  • U-Report

1. Menyembuhkan Infeksi

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

Jantung pisang memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi karena memiliki jantung etanol yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri patogen. Juga dapat menyembuhkan luka. Ekstrak jantung pisang membantu mencegah pertumbuhan parasit malaria.

2. Mengatasi diabetes dan anemia

Penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi jantung pisang, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin dalam tubuh karena kaya akan serat dan zat besi yang membantu dalam produksi sel darah merah. 

3. Meningkatkan laktasi

Pasokan ASI meningkat untuk ibu menyusui. Ini membantu untuk menyembuhkan pendarahan yang berlebihan, menjaga rahim yang sehat, membatasi sembelit selama kehamilan dan meningkatkan laktasi. Itu harus dikombinasikan dengan rempah-rempah lain untuk membuat rasanya enak. 

4. Kurangi aktivitas radikal bebas

Radikal bebas menyebabkan berbagai masalah. Sifat antioksidan yang dimiliki dalam jantung pisang ini juga dapat mengobati masalah kesehatan seperti kanker dan penuaan dini. Ini harus dimasukkan dalam suplemen kesehatan untuk memanfaatkan sepenuhnya sifat antioksidan.

5. Atasi masalah menstruasi dan penurunan berat badan

Ini meningkatkan progesteron yang membantu mengurangi pendarahan berlebihan. Secangkir jantung pisang harus dimasak dengan sedikit air dan garam sampai benar-benar matang. Setelah dingin, dalam cangkir kelapa, tambahkan 2 g cabai, ½ sdt biji jintan untuk membuat rasa yang kental dan halus. 

Campuran kelapa harus ditambahkan ke yogurt kental dengan jantung pisang yang dimasak dan garam yang dibutuhkan. Pendarahan berlebih bisa diobati jika dimakan dengan nasi. Karena kaya serat dan nutrisi, itu menghasilkan penurunan berat badan. Ini menenangkan perut juga. Untuk menurunkan berat badan, jantung pisang harus ditambahkan ke salad dan sup.

6. Sumber vitamin dan kaya mineral

Jantung pisang memiliki vitamin C, A, E, serat dan potasium yang merupakan sumber nutrisi yang sehat.

7. Meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan

Ini meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan karena magnesium hadir dalam jantung pisang. Mereka berfungsi sebagai anti-depresan tanpa efek samping.

8. Kekuatan anti-penuaan

Ini membantu untuk menghadapi radikal bebas dan menyembuhkan masalah kesehatan yang terkait dengannya seperti kanker dan penuaan dini.

9. Membuat rahim sehat

Ini membantu untuk mencegah dari masalah rahim. Untuk meningkatkan kesehatan rahim, jantung pisang harus ditambahkan dengan bubuk kunyit, merica dan biji jintan. Jantung pisang harus direbus dengan sedikit merica dan biji jintan; ½ sdt bubuk kunyit dan garam sampai setengah matang. Masalah rahim dihilangkan dengan minum rebusan ini.

10. Kesehatan gastrointestinal

Jantung pisang kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat larut memungkinkan makanan melewati saluran pencernaan dengan mudah karena larut dalam air dan membentuk gel. Serat tidak larut membantu sebagian besar produk yang tidak tercerna karena tidak larut dalam air. Keduanya meningkatkan kesehatan pencernaan dan penyerapan makanan.

11. Kanker dan penyakit jantung

Jantung pisang merupakan sumber tinggi tanin, asam, flavonoid dan antioksidan lainnya yang membantu menangkal radikal bebas dan menghilangkan kerusakan oksidatif yang menyebabkan kanker dan penyakit jantung. Jantung pisang dapat mencegah kondisi tersebut.

12. Gangguan saraf

Radikal bebas dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan Parkinson yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi jantung pisang secara teratur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya