Biar Gak Malu-maluin, Ini 5 Cara Kurangi Kentut

Ilustrasi orang kentut
Ilustrasi orang kentut
Sumber :
  • The Sun

VIVA Lifestyle –  Gas atau kentut yang ada di dalam tubuh adalah bagian normal yang alami dari sistem pencernaan yang sehat. Gas dalam tubuh tersebut memang harus keluar. Kebanyakan orang kentut antara 14 dan 23 kali per hari. Mungkin terdengar banyak, tetapi kebanyakan kentut tidak berbau dan relatif tidak terdeteksi. 

Sebagian besar gas yang dilewati adalah udara yang tertelan. Kamu menelan udara sepanjang hari saat makan dan minum. Gas lain diproduksi di saluran pencernaan saat makanan yang dimakan dipecah.

Kentut terutama terbuat dari uap yang tidak berbau seperti karbondioksida, oksigen, nitrogen, hidrogen dan terkadang metana. Meskipun kentut itu normal, tapi itu bisa merepotkan. Manusia tidak dapat berhenti kentut sepenuhnya, tetapi ada beberapa cara untuk mengurangi jumlah kentut dalam sistem tubuh. Mengutip dari Healthline, berikut ini cara mengurangi kentut. 

1. Makan dengan perlahan

Ilustrasi makan berlebih.

Ilustrasi makan berlebih.

Photo :
  • U-Report

Cara mengurangi kentut yang keluar dari tubuh salah satunya adalah dengan makan secara perlahan. Sebagian besar gas dalam tubuh adalah udara yang tertelan. Meskipun tidak mungkin untuk menghindari menelan udara sepenuhnya, kamu dapat mengurangi jumlah yang tertelan. Saat kamu makan dengan cepat, maka akan jauh lebih banyak udara yang tertelan. Hindari juga makan sambil melakukan aktivitas lain seperti berjalan, mengemudi atau bersepeda.

2. Jangan mengunyah permen karet