5 Perubahan Abnormal di Kulit Tanda Penyakit Jantung

Ilustrasi penyakit jantung.
Sumber :
  • transindonesia.co

VIVA Lifestyle – Penyakit jantung bukanlah sebuah gangguan yang terjadi tiba-tiba di tubuh. Penyakit ini berkembang sendiri dalam jangka waktu bulanan atau tahunan.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Pada saat penyakit itu mulai terlihat, kondisi tersebut kemungkinan sudah menguasai keseluruhan sistem kesehatan. Karena itu, penyakit ini disebut silent killer.

Namun, ada beberapa tanda dan gejala tertentu yang cukup umum tapi sebenarnya punya kaitan dengan kesehatan jantung. Ada beberapa indikator yang jika disadari dan diatasi pada tahap awal bisa menyelamatkan jantung dan memperpanjang usianya hingga bertahun-tahun ke depan.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Dikutip dari laman Times of India, berikut beberapa tanda penyakit jantung yang terlihat di kulit.

Ilustrasi ruam di kulit.

Photo :
  • U-Report
Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Pola jaring

Jika Anda menyadari pola berwarna kebiruan atau ungu, seperti jaring berantakan pada kulit, Anda harus berkonsultasi ke dokter. Jangan diabaikan menganggapnya sebagai infeksi atau ruam, tapi ambil tindakan segera. Pola seperti jaring ini muncul karena komplikasi kesehatan yang disebut dengan sindrom embolisasi kolesterol, yang terjadi saat pembuluh darah tersumbat.

Kulit tumbuh berwarna kuning

Banyak orang memiliki deposit berwarna kekuningan atau oranye seperti plak tepat di bawah kulit mereka. Deposit ini sebagian besar terlihat di sudut mata, dan di belakang kaki bagian bawah. Deposit ini tidak sakit, itulah kenapa tanda ini sering sekali terlewatkan. Tapi, kondisi ini butuh segera untuk diperiksa kadar kolesterolnya dan diatasi.

Benjolan seperti lilin

Deposisi lemak yang sangat berat yang terlihat seperti lilin dari luar adalah indikator serus bahwa kadar kolesterol berada di tingkat yang sangat tinggi. Pada tahap awal, benjolan itu mungkin terlihat seperti ruam. Para pakar kesehatan mengatakan, jenis formasi di bawah kulit ini sebagian besar dikarenakan kadar trigliserida yang sangat tinggi.

Kuku berbentuk bulat

Secara medis dikenal dengan kuku club, perubahan bentuk kuku tipe ini terkait dengan kadar kolesterol yang tinggi. Tipe ketidaknormalan di kuku ini juga terlihat pada penyakit paru-paru dan komplikasi jantung.

Ilustrasi kuku.

Photo :
  • Pixabay

Garis kemerahan di bawah kuku

Formasi garis kemerahan atau keunguan di bawah kuku adalah indikasi jelas ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh Anda. Kuku adalah indikator dari banyak penyakit termasuk penyakit jantung. Jika Anda terlambat menyadari ada ketidaknormalan di kuku atau kuku Anda tidak terlihat seperti sebelumnya, Anda tidak boleh menganggap remeh dan konsultasikan segera ke dokter.

Benjolan terasa sakit

Benjolan yang sakit di jari, ibu jari yang berlangsung beberapa hari tanpa penyebab kemungkinan memberikan Anda petunjuk bahwa kadar kolesterol telah melewati batasnya. Jika kebanyakan benjolan akan hilang sendiri, benjolan yang terus muncul tidak boleh diabaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya