Mudah Banget, Ini Pola Sarapan Terbaik Cegah Diabetes

Ilustrasi sarapan
Ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Pixabay/Jill Wellington

VIVA lifestyle – Ada banyak orang di dunia yang setiap hari terdiagnosa diabetes tipe 2 atau pradiabetes. Kondisi ini dapat menciptakan banyak rasa mulai dari sakit, frustrasi, dan depresi. Untungnya, ada banyak cara untuk mengelola penyakit ini dan membuat hidup Anda lebih mudah.

Bagi mereka yang menderita diabetes atau pradiabetes, mengontrol kadar gula darah seringkali menjadi fokus utama. Ini dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup seperti diet dan olahraga, serta obat-obatan. 

Berbicara dengan beberapa ahli diet, bahwa ternyata butuh mempelajari lebih lanjut tentang kebiasaan makan yang bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes atau pun prediabetes agar bisa mencegah penyakit tersebut. Dan menurut para ahli, salah satu kebiasaan sarapan terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan atau mengelola gula darah adalah berfokus pada makanan yang kaya serat larut.

Berikut trik jalani kebiasaan sarapan untuk membantu kadar gula darah Anda, menjaga kondisi diabetes maupun mencegahnya bagi yang prediabetes, dikutip dari laman Eat This, Jumat 1 Juli 2022.

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Serat saat Sarapan
Menurut Rachel Fine, RDN dan pemilik To The Pointe Nutrition, mengonsumsi cukup serat larut dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda di pagi hari. Fine menuturkan bahwa oatmeal dan sereal sarapan gandum adalah sumber makanan dengan serat larut. Ketika dicerna, serat larut membuat zat seperti gel yang berjalan melalui saluran pencernaan, memperlambat pemanfaatan gula secara keseluruhan dalam aliran darah.

"Ini menghasilkan peningkatan glukosa darah yang lebih stabil dan berkelanjutan dengan peningkatan stabil berikutnya dalam kadar insulin serum, yang pada akhirnya mengarah pada kadar gula darah yang lebih terkontrol dan lonjakan gula darah yang lebih sedikit sepanjang pagi Anda," jelasnya.