5 Tips Pakai Earphone yang Benar Agar Tak Rusak Gendang Telinga

Ilustrasi mendengarkan musik.
Ilustrasi mendengarkan musik.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Headphone dan earphone menjadi perangkat yang begitu lekat dengan masyarakat tanah air entah untuk digunakan sebagai alat komunikasi atau sekadar mendengarkan musik. Namun sayangnya, kebiasaan dari masyarakat mendengarkan musik hingga berjam-jam bahkan dengan volume yang cukup keras, hal tersebut jelas sangat tidak baik bagi kesehatan pendengarannya.

Perlu diketahui, gelombang suara yang terlalu keras dapat merobek menembus gendang telinga hingga memicu kerusakan saraf. Agar terhindar dari potensi terjadinya gangguan pendengaran, berikut ini adalah cara memakai earphone dan headset yang benar mengutip laman sfaudiology.

1. Turunkan level volumenya

Cara paling efektif untuk melindungi pendengaran Anda saat mendengarkan musik adalah dengan mengecilkan volume. Tampaknya cukup mendasar, bukan? Para ahli merekomendasikan pengaturan tingkat volume tidak lebih dari 60 persen dari maksimum. Jika musik yang berasal dari headphone Anda cukup keras untuk didengar orang lain, itu bisa merusak pendengaran Anda.

Ilustrasi mendengarkan musik.

Ilustrasi mendengarkan musik.

Photo :
  • Pixabay

2. Kenakan headphone peredam bising

Headphone sering digunakan untuk meredam kebisingan, membantu kita berkonsentrasi pada tugas-tugas penting yang ada. Masalahnya, semakin keras kebisingan lingkungan, semakin tinggi kita menaikkan volume. Headphone peredam bising menggunakan teknologi yang disebut pengurangan kebisingan aktif, ini membatasi kebisingan luar dengan menghasilkan sinyal suara yang membatalkan suara latar belakang. Headphone ini memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik pada tingkat volume yang lebih rendah dan mengurangi kemungkinan Anda perlu menyesuaikan volume yang lebih tinggi semakin lama Anda mendengarkan.