Kenali 10 Tanda Kanker Prostat yang Harus Diwaspadai

Kanker Prostat
Kanker Prostat
Sumber :
  • times of india

VIVA Lifestyle –   Kanker prostat adalah ketika sel-sel dalam prostat laki-laki, yang merupakan kelenjar kecil yang menghasilkan cairan mani yang memelihara dan mengangkut sperma, berubah menjadi kanker.

Kanker prostat adalah salah satu kanker yang umum terjadi pada pria manusia, demikian dilansir dari Times of India. Ada berbagai jenis kanker prostat: adenokarsinoma prostat, karsinoma sel transisional prostat, karsinoma sel skuamosa prostat, dan kanker prostat sel kecil.

Ilustrasi kanker prostat

Ilustrasi kanker prostat

Photo :
  • times of india

Apa saja tanda-tanda awal kanker prostat?

Meskipun kanker dikatakan sebagai pembunuh diam-diam karena kehadirannya hanya terdeteksi pada tahap selanjutnya di mana perjalanan penyakit tidak dapat diubah dan tidak dapat dihentikan, ada beberapa tanda awal yang benar-benar memberikan petunjuk tentang keberadaan sel kanker.

Tanda-tanda awal kanker prostat adalah:

Perubahan pola buang air kecil: Selama timbulnya penyakit, seseorang mungkin mengalami perubahan pola buang air kecil. Pria itu mungkin sering ingin buang air kecil, terutama di malam hari. Ini mungkin juga mengganggu pola tidur orang tersebut.

Nyeri di daerah panggul: Banyak orang mentolerir rasa sakit sampai mulai mengganggu mereka dalam melakukan pekerjaan sehari-hari mereka. Bahkan ini terlihat pada kasus mereka yang menderita kanker prostat. Akibat dampak sel kanker, nyeri terasa di daerah pinggul dan panggul.

Nyeri saat buang air kecil: Seseorang mengalami buang air kecil yang menyakitkan dan kadang-kadang buang air kecil ini sulit untuk diteruskan sehingga individu tersebut tidak dapat mengosongkan kandung kemih dengan benar.

?Kapan sebaiknya mengunjungi dokter?

Kanker Prostat

Kanker Prostat

Photo :
  • times of india

Terlepas dari tanda-tanda yang disebutkan di atas, ketika Anda melihat tanda-tanda berikut, Anda harus membuat janji dengan dokter Anda:

- Darah dalam urin atau air mani
- Onset tiba-tiba disfungsi ereksi
- Menahan rasa sakit di panggul
- Masalah buang air kecil terus menerus
- Sensasi terbakar saat buang air kecil
- Sakit saat ejakulasi
- Kesulitan dalam memulai buang air kecil

Dokter selalu menyarankan pemeriksaan kesehatan tahunan setelah usia tertentu atau ketika seseorang memiliki komplikasi kesehatan tertentu.

Pemeriksaan kesehatan secara teratur dapat mendeteksi penyakit pada tahap awal. Tanda-tanda awal seringkali terlewatkan, terutama pada penyakit serius seperti kanker. Dalam kasus seperti itu, pemeriksaan dapat mendeteksi awal penyakit dan melacak perkembangannya.