Tes Baru Ini Diklaim Bisa Deteksi Virus Monkeypox dalam 10 Menit

Cacar monyet
Cacar monyet
Sumber :
  • times of india

VIVA Lifestyle – Eropa sedang membuat sistem uji aliran lateral satu-satunya yang akan mampu mendeteksi virus monkeypox pada manusia hanya dalam waktu 10 menit. Di mana saat ini sedang melalui masa percobaan pertama. 

Alat ini telah dikembangkan oleh Sure Screen Diagnostics yang berbasis di Inggris bekerja sama dengan penyedia teknologi medis yang berbasis di Yorkshire, Testcard dan uji coba sedang dilakukan di Guy's and St Thomas' NHS Foundation Trust di London.

Bagaimana tes ini bekerja?
Dilansir The HealthSite, Senin 4 Juli 2022, tes baru ini berfungsi dengan menggunakan setetes kecil darah di tusukan jari dari pasien yang mengalami gejala. Saat ini, diagnosis monkepox atau cacar monyet dilakukan dengan tes PCR dengan swab virus yang diambil dari satu atau lebih vesikel atau borok yang muncul pada kulit paten yang terinfeksi. Metode ini efektif tetapi memakan waktu. 

Tes baru mendatang akan memberikan waktu yang tepat karena virus menyebar ke lebih banyak negara. Saat ini, lebih dari 50 negara sedang berjuang melawan penyakit ini dan mencoba untuk menahannya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah menyerukan untuk meningkatkan pengujian karena penyebaran virus ini kian meningkat. 

Gambar virus cacar monyet lewat miskroskop

Gambar virus cacar monyet lewat miskroskop

Photo :
  • Cynthia S. Goldsmith, Russell Regner/CDC via AP

WHO baru-baru ini menyatakan bahwa penularan berkelanjutan cacar monyet di seluruh dunia dapat menyebabkan penyebaran ke dalam kelompok-kelompok yang berisiko lebih tinggi, seperti wanita hamil, orang dengan gangguan kekebalan, dan anak-anak. 

Vaksinasi untuk cacar monyet
Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) juga mengumumkan baru-baru ini bahwa mereka sedang mengerjakan mekanisme untuk mendistribusikan vaksin secara lebih adil, setelah negara-negara termasuk Inggris dan Amerika Serikat, menyarankan agar mereka bersedia membagikan stok vaksin cacar mereka, yang juga melindungi dari cacar monyet.