Segarnya Sayur Asem Bisa Sehatkan Ginjal Hingga Stabilkan Asam Urat

Ilustrasi Sayur Asem
Ilustrasi Sayur Asem
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa Widiarini

VIVA Lifestyle – Sayur asem termasuk salah satu jenis makanan berkuah yang populer sebagai hidangan rumahan di Nusantara. Terdiri dari beberapa jenis sayuran, sajian ini terasa begitu segar dengan adanya tambahan asam dalam kuahnya.

Meski terkesan sederhana, namun siapa sangka jika sayur asem ini memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satunya adalah dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

"Ada beberapa sayuran di dalam sayur asam yang mengandung magnesium dan potasium yang membuat rileks pembuluh darah," kata  Spesialis Gizi Klinik, dr Putrisakti Dwi Permanasari M.Gizi, SpGK, AIFO-K dalam program Hidup Sehat tvOne, Senin 4 Juli 2022.

Selain itu, sayur asem diketahui juga baik bagi kesehatan ginjal. Hal ini lantaran adanya kandungan magnesium yang membuat aliran darah yang ada di ginjal bekerja dengan baik.

Ilustrasi ginjal/batu ginjal.

Ilustrasi ginjal/batu ginjal.

Photo :
  • Freepik/brgfx

Lantas kandungan apa saja yang membuat sayur asem ini baik untuk kesehatan tubuh? Berikut ini penjelasannya.

1. Jagung
Salah satu isian dari sayur asem adalah jagung. Jagung diketahui merupakan sumber karbohidrat. Selain itu, karena warna jagung kuning menandakan adanya kandungan vitamin C dan Vitamin B.

2. Labu siam
Labu siam yang ada di dalam sayur asem kaya akan zat besi. Meski tak tinggi seperti kacang panjang, namun labu siam kaya serat, vitamin B serta mineral seperti magnesium yang baik untuk kesehatan otot dan pembuluh darah.

3. Kacang panjang
Selain kaya zat besi, kaya protein, magnesium dan sebagian potasium. Dijelaskan Putri, potasium diketahui baik untuk pembuluh darah.

Sayur Asem Jakarta

Sayur Asem Jakarta

Photo :
  • Cookpad/Dewi Lina Faidah

4. Daun melinjo
Daun melinjo yang juga ada di dalam isian sayur asem kaya akan antioksidan, polifenol, vitamin C, zat besi, dan tinggi magnesium.

"Polifenol diketahui bisa menstabilkan asam urat," kata dia.

5. Asam jawa
Asam jawa tinggi akan vitamin C dan vitamin A.