Menurut Ahli, Ini 5 Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA Lifestyle –  Menjaga berat badan agar stabil dan ideal bukan hanya dilakukan semata - mata untuk penampilan, namun juga untuk kesehatan tubuh. Namun, saat melakukan diet, bukan berarti tidak makan sama sekali. Malah, ketika diet, kita harus mengubah kebiasaan makan kita menjadi lebih baik dan memilah serta memilih makanan apa yang cocok dikonsumsi ketika diet. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Ollie Ollerton, mantan tentara SAS atau Special Air Service of the British Army serta pendiri Battle Ready 360, yaitu sebuah program kebugaran dan nutrisi, berbagi daftar makanan pembakar lemak terbaik dan juga beberapa tip bagaimana mengonsumsinya.

Nah, berikut lima makanan yang bisa bantu menurunkan berat badan : 

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Alpukat

Manfaat buah alpukat

Photo :
  • U-Report
Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Alpukat memang sudah jadi rahasia umum menjadi makanan yang dikonsumsi saat program diet. Apalagi, alpukat bisa dihidangkan untuk makanan manis maupun savory atau gurih. Lemak baik dalam alpukat cukup bisa membantu membakar lemak tidak sehat di tubuh. 

Alpukat mengandung magnesium dan bagus untuk membantu menurunkan berat badan, menjaga keseimbangan gula darah dan mengurangi lemak perut dan tentunya, harga buah alpukat di Indonesa masih terjangkau dan tidak terlalu mahal. Saat diet, alpukat bisa diolah sebagai smoothie bowl atau smoothie dengan campuran buah lainnya. Jika ingin makan alpukat untuk mengeyangkan, bisa olah alpukat dengan toast atau salad bowl. 

Teh Hijau

Teh hijau

Photo :
  • Times of India

Mungkin ini bukan makanan, namun termasuk yang baik dikonsumsi ketika sedang diet. Teh hijau adalah salah satu minuman sehat yang sarat akan antioksidan dan dikenal dapat meningkatkan metabolisme, membakar lemak, dan mendukung penurunan berat badan. Tambahkan beberapa cangkir teh ke dalam rutinitas harian dan tubuh akan merasakan manfaatnya.

Catatan dari Ollie minumlah secangkir sebelum berolahraga untuk menambah energi dan membantu membakar lebih banyak kalori. Jika bisa, jangan tambahkan gula atau pemanis kedalam teh. Konsumsi lah teh ini secara alami. Jika tak kuat, bisa tambahkan gula alami atau perasan jeruk. 

Cabai

Cabai dijual di pasar di Jateng.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Nah, makanan ketiga ini tentu tak sulit ditemukan. Apalagi sebagian besar masyarakat di Indonesia menyukai rasa pedas. Ternyata, menurut Ollie, cabai rawit yang membuat rasa pedas pada makanan, mengandung antioksidan yang cukup untuk membantu mengurangi peradangan. Selain itu, cabai juga dapat membantu membakar lebih banyak kalori yang pada akhirnya akan menghilangkan lemak tubuh. 

Ikan Berlemak

Ikan Tuna Goreng

Photo :
  • vstory

Makanan keempat yang bisa membantu saat diet adalah ikan. Apalagi, di Indonesia, ikan tak sulit ditemukandan harganya tidak terlalu tinggi. 

Tak hanya rasanya yang enak, namun ikan berlemak juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa contoh ikan yang memiliki lemak baik yang tinggi antara lain, salmon, cod, tuna, sarden, dan makarel yang mengandung asam lemak omega-3 yang dikenal dapat mengurangi peradangan dan membantu menghilangkan lemak tubuh.

Terlebih, ikan berlemak penuh dengan protein berkualitas tinggi, yang penting untuk kebutuhan nutrisi semua orang, apalagi jika Anda berolahraga secara teratur. Tip dari Ollie, makanlah ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaatnya.

Telur

Telur bebas kandang

Photo :
  • claveland clinic health

Makanan terakhir yang bisa bantuk untuk menurunkan berat badan adalah telur. Seperti diketahui, telur memliki kandungan protein yang tinggi. Namun, tak hanya itu, telur juga dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori selama proses pencernaan.

Selain itu, telur juga bisa membantu memberi perasaan kenyang yang lebih lama, telur juga memelihara, membangun dan memperbaiki otot. Telur bisa jadikan sebagai camilan pasca berlatih di gym atau heavy workout di rumah. Ollie menyarankan untuk mengonsumi telur yang direbus, karena proses ini membuat telur lebih sehat.

Itu tadi lima makanan yang bisa membantu untuk diet. Namun harus diingat, konsumsi lah makanan tersebut dengan wajar dan tidak berlebihan. Karena, jika berlebihan, tentu saja kalori yang terlalu banyak dikonsumsi akan mengagalkan diet. Juga selalu perhatikan kebutuhan dan bondaries tubuh, misalnya kamu tak biasa mengonsumsi teh hijau, maka jangan langsung minum teh hijau dalam jumlah yang banyak dan terlalu sering karena bisa mengganggu kesehatan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya