5 Tempat yang Kemungkinan Besar Bisa Terjangkit COVID-19, Menurut Ahli

Virus corona
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 mendorong lonjakan COVID-19 lainnya di AS dan sejumlah negara, para ahli virus memperingatkan. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Menurut Dr. Dan Barouch, direktur Pusat Penelitian Virologi dan Vaksin di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, data menunjukkan bahwa subvarian Omicron baru ini kemungkinan akan dapat menyebabkan lonjakan infeksi pada populasi dengan tingkat kekebalan vaksin yang tinggi serta kekebalan alami BA.1 dan BA.2. 

"Namun, kemungkinan kekebalan vaksin masih akan memberikan perlindungan substansial terhadap penyakit parah dengan BA.4 dan BA.5." ujarnya dikutip dari laman eatthis, Rabu 6 Juli 2022. 

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Berikut adalah lima tempat yang harus Anda hindari untuk melindungi diri dari infeksi.

Penjara

Vidi Aldiano Senang Jadi Bagian Inovasi dalam Konsep All Private Japanese Room Grill

Penjara dan Lapas merupakan lokasi yang berisiko tinggi terkena COVID-19 karena sulitnya melakukan social distancing. "Penjara, secara desain, tidak dibuat untuk menjaga jarak sosial," kata direktur Biro Penjara Michael Carvajal kepada Komite Kehakiman Senat. "Mereka, sebaliknya, dibuat untuk menampung orang."

Gym

Gym dalam ruangan—terutama kelas ketika orang-orang berolahraga bersebelahan—mungkin juga menjadi lokasi penyebar super. "[Sebagai ahli fisiologi olahraga], dan kami tahu sebelumnya bahwa ketika Anda berolahraga, ada lebih banyak udara yang keluar dari seseorang," kata Henning Wackerhage, profesor biologi olahraga di Technische Universität München. 

"Tapi kami tidak tahu sebelumnya, dan yang, sejujurnya, tidak saya duga, adalah juga ketika kami berolahraga keras: ada lebih banyak partikel per liter udara."

"Jika Anda tidak mau terkena COVID, jangan pergi," kata Dr. Michael Klompas, ahli epidemiologi rumah sakit dan dokter penyakit menular di Brigham and Women's Hospital. "Pada saat seperti sekarang, ketika ada banyak COVID di sekitar, itu adalah proposisi berisiko tinggi."

Gedung bioskop

Ilustrasi social distancing di bioskop/menonton bioskop.

Photo :
  • Freepik/freepik

"Di luar lebih baik daripada di dalam, jadi jika Anda pergi ke bioskop, lakukan vaksinasi lengkap dan masker," kata Georges C. Benjamin, MD. 

"Saya bukan penggemar paspor vaksin sebelumnya, tetapi saya ada di sana sekarang. Ada akses yang adil ke vaksin. Jika sebuah bisnis ingin Anda menunjukkan kartu vaksin, tidak ada alasan mengapa Anda tidak melakukannya. Saya akan meminta orang untuk kenakan masker di tempat umum. Dan tentu saja, saya akan berhati-hati kepada orang-orang dengan masalah medis yang mendasarinya."

Panti jompo

Panti jompo telah menjadi tempat berisiko tinggi untuk infeksi COVID-19 sejak awal pandemi: Satu penelitian terhadap 104 pasien COVID menunjukkan virus terdeteksi di 90% kamar pasien (terutama pada remote control dan tombol panggil perawat) dan masih terdeteksi beberapa hari kemudian. 

"Data ini menunjukkan bahwa virus corona ada di mana-mana dan terus-menerus di kamar penghuni panti jompo dengan COVID-19, dan menyoroti pentingnya pembersihan dan perlindungan staf dan pengunjung yang berkelanjutan," kata Lona Mody, MD., MSc., pemimpin penelitian pencegahan infeksi panti jompo di Departemen Kedokteran Penyakit Dalam Michigan, Divisi Kedokteran Geriatri dan Paliatif serta Sistem Kesehatan VA Ann Arbor.

Bar dan restoran

Ilustrasi restoran.

Photo :
  • Pexels/Life Of Pix

Restoran dan bar terus menjadi tempat berisiko tinggi untuk COVID, kata para ahli. "Restoran dan bar memiliki risiko khusus terutama karena interaksi antara orang-orang terjadi dalam jarak 6 kaki dari orang lain," Komite Kesehatan Masyarakat Kabupaten Dallas memperingatkan. 

"CDC merilis penelitian terhadap 314 orang dewasa yang menemukan bahwa individu dengan COVID-19 lebih mungkin makan di restoran atau di bar dalam 2 minggu sebelumnya. Pada orang yang tidak diketahui kontak COVID-19, risiko tertular COVID-19 berlipat ganda dengan mengunjungi restoran atau bar jika mayoritas pelanggan mengenakan masker dan empat kali lipat jika tidak."

Cara tetap aman saat berada di luar

Vaksinasi dewasa

Photo :
  • Times of India

Ikuti dasar-dasar kesehatan masyarakat dan bantu akhiri pandemi ini, di mana pun Anda tinggal—dapatkan vaksinasi atau dorong secepatnya. 

Jika tinggal di daerah dengan tingkat vaksinasi rendah, kenakan masker wajah N95, jangan bepergian, jarak sosial, hindari kerumunan besar, jangan pergi ke dalam rumah dengan orang yang tidak Anda tempati (terutama di bar), berlatihlah dengan baik kebersihan tangan, dan untuk melindungi hidup Anda dan kehidupan orang lain.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya