Setara Obat, Bumbu Dapur Ini Bantu Turunkan Gula Darah Diabetes

Gula darah
Sumber :
  • Indian Express

VIVA Lifestyle – Diabetes tipe 2 mengirimkan sinyal yang jelas bahwa tubuh tidak memproduksi cukup insulin. Peran utama insulin adalah mengatur gula darah, jenis gula utama yang ditemukan dalam darah. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Dilucuti dari mekanisme ini, kadar gula darah bisa naik ke tingkat yang berbahaya. Untungnya, diet tertentu bisa menjadi cara alternatif untuk memoderasi gula darah. 

Bahan-bahan alami tertentu telah disebut-sebut karena kehebatannya dalam menurunkan gula darah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Plants Research menunjukkan, bawang putih memiliki kemampuan menurunkan gula darah. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efek bawang putih pada gula darah puasa (FBS) dan HbA1c pada pasien dengan diabetes tipe 2. FBS mengukur kadar gula darah rata-rata 8-10 setelah puasa dan HbA1c adalah kadar gula darah rata-rata Anda selama 2-3 bulan terakhir. 

Manfaat Bawang Putih

Photo :
  • Pinkvilla
Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Dalam penelitian ini, pasien dengan gula darah puasa lebih tinggi dari normal direkrut dan dibagi menjadi 7 kelompok (A, B, C, D, E, F dan G), masing-masing terdiri dari 30 pasien. 

Kelompok A, B, C, D, dan E, diberi tablet bawang putih dengan dosis masing-masing 300, 600, 900, 1200, dan 1600 mg per hari. Grup F menerima metformin, dan grup G mendapat plasebo. Metformin adalah obat yang membantu insulin yang Anda hasilkan agar bekerja lebih baik. Biasanya, berbentuk tablet. FBS dan HbA1c diukur pada awal penelitian, pada minggu ke-12 dan ke-24. 

Hasilnya, penurunan signifikan gula darah puasa dan HbA1c diamati pada kelompok. Pada setiap kelompok yang diberikan bawang putih, penurunan signifikan pada FBS dan HbA1c diamati bila dibandingkan dengan plasebo. 

"Terlebih, penurunan 'sangat signifikan' dalam FBS dan peningkatan HbA1C diamati pada dosis bawah putih yang lebih tinggi dan dengan peningkatan durasi studi," tulis para peneliti, dikutip Express, Kamis 7 Juli 2022. 

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

"Bawang putih lebih efektif daripada plasebo dan sebanding dengan metformin dalam mengurangi glukosa darah puasa dan mungkin menjadi tambahan yang berharga dalam pengelolaan pasien diabetes," kata para peneliti menyimpulkan. 

Tips umum menurunkan gula darah
Untuk memastikan Anda mengendalikan gula darah, Anda harus mengacu pada indeks glikemik (GI). GI adalah sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Ini menunjukkan seberapa cepat setiap makanan memengaruhi kadar gula darah (glukosa) Anda ketika makanan itu dimakan sendiri. 

Karbohidrat yang dipecah dengan cepat oleh tubuh dan menyebabkan peningkatan glukosa darah yang cepat memiliki peringkat GI yang tinggi. Beberapa makanan tinggi GI antara lain, gula dan makanan manis, minuman ringan manis, roti putih, kentang dan nasi putih. 

Banyak orang menderita diabetes tipe 2 tanpa disadari. Hal ini karena gejalanya tidak selalu membuat Anda merasakan sakit. Beberapa gejalanya meliputi, buang air kecil lebih dari biasanya terutama di malam hari, merasa haus sepanjang waktu, merasa sangat lelah, berat badan turun drastis, gatal di sekitar penis atau vagina atau sariawan berulang, luka sulit sembuh dan penglihatan kabur. 

"Temui dokter jika Anda memiliki salah satu gejala di atas atau Anda khawatir berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2," saran National Health Service (NHS). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya