Kalap Makan Daging saat Idul Adha, Ini Trik Sarapan Pangkas Kolesterol

Kolesterol
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Suasana Idul Adha masih begitu terasa yang identik dengan kumpul keluarga sembari mengonsumsi daging olahan dari hewan kurban. Terasa lezat dan nikmat di lidah, namun asupan berlebihan bisa picu kolesterol sehingga perlu diatasi secepatnya.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Dan bagi mereka yang mungkin berisiko tinggi kolesterol atau hidup dengan kolesterol tinggi saat ini, memilih sarapan yang sehat dapat membuat perbedaan yang signifikan. Penulis di GoWellness, Courtney D'Angelo, MS, RD, mengungkap rekomendasinya tentang kebiasaan sarapan yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Berikut dikutip dari laman Eat This.

Makan lemak sehat

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Menurut D'Angelo, memilih jenis lemak yang tepat untuk dimakan di pagi hari dapat berdampak besar pada kadar kolesterol. Ada beberapa asupan lemak yang patut dibatasi serta cara mengolah yang perlu dihindari.

"Cobalah untuk membatasi lemak jenuh yang dapat ditemukan dalam produk susu, makanan yang dipanggang, dan makanan olahan karena terlalu banyak dapat meningkatkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol 'jahat' Anda," kata D'Angelo.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

"Cobalah mengganti makanan tersebut dengan lemak yang lebih sehat, seperti kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan minyak tak jenuh."

Makan lebih banyak serat larut

Sarapan oatmeal

Photo :
  • U-Report

Memulai hari dengan cukup serat, terutama serat larut, akan membantu kadar kolesterol menurun. Jadi, saat Anda memutuskan apa yang akan dibuat untuk sarapan di pagi hari, cobalah makan semangkuk oatmeal yang nyaman dan tambahkan makanan kaya serat ekstra seperti apel atau beri.

"Serat larut, seperti yang ditemukan dalam oatmeal, mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh Anda, dengan penelitian menunjukkan bahwa hanya 5 hingga 10 gram serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol LDL total Anda," kata D'Angelo.

Makan asam lemak omega-3

Makanan sumber asam lemak omega-3.

Photo :
  • U-Report

D'Angelo juga menyebutkan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 secara tidak langsung dapat memengaruhi kadar kolesterol LDL karena dipengaruhi oleh kesehatan dan pola makan secara keseluruhan.

"Asam lemak ini dapat mengurangi trigliserida, yang merupakan jenis lemak yang ditemukan dalam darah, serta membantu mengurangi tingkat tekanan darah Anda," kata D'Angelo.

Cara sederhana untuk mendapatkan asam lemak omega-3 yang cukup dalam sarapan Anda adalah dengan mengonsumsi kenari atau biji-bijian. Anda bisa memasukkannya ke dalam yogurt, oatmeal, atau mencampurnya menjadi smoothie.

Makan protein whey

Cara mudah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol saat sarapan adalah dengan menambahkan bubuk protein whey. Sebab, protein yang dikonsumsi sebagai suplemen, telah terbukti menurunkan kadar LDL dan kolesterol total, serta menurunkan tekanan darah.

"Cara favorit saya untuk mengambil protein whey di pagi hari adalah menambahkannya ke oatmeal saya dan menambahkan buah beri untuk memiliki lebih banyak serat juga," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya