Jumlahnya Jutaan, 5 Negara Dengan Pengidap HIV Tertinggi Di Dunia

Ilustrasi HIV/AIDS.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – HIV atau Human Immunodeficiency VIrus merupakan sebuah virus yang dapat menyebar melalui cairan tubuh tertentu. Virus ini melemahkan sistem kekebalan manusia dengan menyerang sel-sel yang membantu melawan infeksi penyerangan tubuh.

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

Diyakini HIV pertama kali hadir dan ditularkan pada 1800-an dan menyebar perlahan ke seluruh Afrika dan dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada sekitar 37,9 juta orang di dunia yang menjadi Pengidap HIV pada 2018, dengan beberapa negara masuk dalam kategori angka penderita tertinggi di dunia.

Melansir World Population Review, berikut ini Viva memberikan deretan negara dengan angka pengidap AIDS tertinggi di dunia.

8 Negara Terbaik untuk Bekerja Secara WFH

5. Namibia

Gurun Namibia.

Photo :
  • U-Report
5 Negara Eropa yang Memiliki Kekuatan Militer Terkuat, Ada yang Masih Berperang

Namibia (13,80 persen) melengkapi melengkapi lima besar tabel persentase ini. HIV adalah penyebab utama kematian di negara tersebut.

Tercatat sedikitnya 200.000 orang di Namibia hidup dengan HIV, dan sekitar 6.100 orang yang baru terinfeksi pada tahun 2018.

4. Afrika Selatan

Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa.

Photo :
  • Twitter/CyrilRamaphosa

Angka HIV di Afrika Selatan adalah 18,90 persen, dan menjadikannya sebagai tertinggi keempat di dunia. Ada 7,7 juta orang yang hidup dengan HIV di Afrika Selatan, epidemi HIV terbesar di dunia. Negara tersebut juga mencatat 240.000 infeksi HIV baru pada tahun 2018.

3. Botswana

AndBeyond Nxabega Lodge, Okavango Delta, Botswana

Photo :
  • Courtesy AndBeyond Nxabega Lodge

Negara dengan angka HIV tertinggi ketiga adalah Botswana, dengan perkiraan 21,90 persen dari populasi didiagnosis.

Botswana memiliki salah satu tingkat HIV tertinggi di dunia meskipun menyediakan pengobatan HIV gratis. Kurangnya layanan yang ditargetkan dan penghambat eksternal lainnya membuat angka HIV di Botswana tinggi.

2. Lesotho

King Letsie 111 of Lesotho

Photo :
  • businessinsider.com

Lesotho berada di posisi kedua di dunia sebesar 25 persen. Lesotho memiliki total 340.000 orang yang hidup dengan HIV.

Pada tahun 2018, negara mencatat 13.000 infeksi HIV baru dan 6.100 kematian terkait AIDS. Sekitar 60 persen dari semua orang dewasa yang hidup dengan HIV.

HIV juga menyebabkan rendahnya harapan hidup di negara tersebut, yaitu 52 tahun untuk pria dan 55 tahun untuk wanita.

1. Eswatini (Swaziland)

Eswatini

Photo :
  • pixabay/kreatikar

Angka infeksi HIV di Eswatini melampaui negara manapun dengan angka 27 persen. Untungnya, melalui penerapan layanan pengobatan dan pencegahan yang diperluas, Swaziland secara signifikan mengurangi tingkat infeksi baru hampir setengahnya antara tahun 2011 dan 2016.

Nah, demikian informasi mengenai negara dengan pengidap penyakit HIV tertinggi di dunia yang dapat Viva berikan informasinya ke kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya