Tekanan Darah Tinggi Usai Makan Daging, Redam Pakai Sayur Ini Yuk

Buah bit
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Mengonsumsi terlalu banyak daging yang diolah dengan sumber natrium tinggi berisiko meningkatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi tersebut meningkatkan sebagian besar orang dengan bahaya kesehatan lain seperti penyakit jantung dan stroke.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Tak heran, banyak orang mencoba menurunkan tekanan darah mereka untuk membantu meredam risiko efek yang berpotensi fatal ini. Beberapa rekomendasi yang terbukti benar untuk mengelola tekanan darah termasuk membatasi asupan natrium, berolahraga, dan mengikuti pola makan tepat. Dalam diet ini, yang dibuat khusus untuk menurunkan tekanan darah, orang didorong untuk makan banyak makanan yang menyehatkan jantung, termasuk sayuran.

Tekanan darah/hipertensi

Photo :
  • Times of India
Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Bagaimana sayuran berperan dalam pengaturan tekanan darah

Dikutip dari laman Eat This, Sayuran biasanya penuh dengan nutrisi pendukung tekanan darah yang sehat (seperti serat) dan secara alami rendah sodium. Varietas sayuran tertentu juga merupakan sumber alami kalsium, magnesium, dan potasium: tiga mineral yang ditekankan dalam Dietary Approaches to Stop Hypertension diet, karena mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup membantu mendukung tekanan darah yang sehat.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Makan lebih banyak sayuran, apa pun jenisnya, selalu merupakan ide yang baik, terlepas dari apakah Anda mencoba mendukung tekanan darah yang sehat atau sebaliknya. Tetapi jika Anda mencari sayuran terbaik untuk dimasukkan dalam diet tekanan darah sehat Anda, bit layak mendapatkan hadiah utama.

Bit adalah sayuran terbaik untuk tekanan darah yang sehat

Sangat manis, berwarna indah, dan sangat serbaguna, sayuran tercinta yang merupakan bintang yang disorot dari salad yang dipasangkan dengan keju dan bahkan beberapa smoothie mewah mungkin tidak menjadi perhatian utama saat mempertimbangkan makanan mana yang harus dimakan saat mencoba menyimpannya. Faktanya, bit adalah salah satu makanan terbaik yang bisa Anda makan jika memiliki tekanan darah tinggi.

Mengapa bit?

Bit tidak hanya mencentang begitu banyak kotak dalam hal makanan sehat jantung, termasuk rendah natrium secara alami, bebas dari gula tambahan, dan bebas dari lemak jenuh, tetapi juga mengandung banyak faktor penting lainnya yang memenuhi pedoman saat mengikuti Diet Tekanan Darah Tinggi, termasuk menjadi sumber mineral kalsium, magnesium, dan potasium yang selalu penting.

Bit juga mengandung nitrat makanan, yakni bahan kimia alami yang diubah menjadi oksida nitrat di dalam tubuh. Oksida nitrat adalah vasodilator, yang merupakan bahan kimia yang melemaskan otot-otot bagian dalam pembuluh darah Anda dan meningkatkan aliran darah. Pada gilirannya, vasodilator seperti oksida nitrat dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Dalam uji klinis, data menunjukkan bahwa minum jus bit yang terbuat dari bit asli dapat membantu mengurangi tekanan darah. Sebuah tinjauan sistematis dan meta-analisis yang diterbitkan di Frontiers in Nutrition menunjukkan bahwa minum jus bit dalam kisaran 3 hingga 60 hari meningkatkan tekanan darah sistolik di antara subjek penelitian.

Dan menurut hasil uji silang acak yang diterbitkan di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, mengonsumsi sayuran kaya nitrat, seperti bit, menawarkan efek positif pada pengukuran tekanan darah di kalangan orang dewasa muda.

Bagaimana cara menambahkan lebih banyak bit ke dalam diet Anda?

Jika Anda bukan penggemar bit, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk makan sendiri porsi sayuran akar populer ini jika Anda ingin menuai manfaat dari mengonsumsi sumber alami nitrat. Memasukkan sayuran berdaun hijau, lobak, dan bawang bombay juga akan memberi tubuh Anda dorongan senyawa bermanfaat ini, memungkinkan Anda untuk melewatkan bit sama sekali.

Tetapi jika Anda adalah penggemar bit, dan tujuan Anda adalah untuk mendukung penurunan tekanan darah secara alami, bisa tambah sayuran ini dalam salad atau jus. Jadi, selipkan beberapa bit di sayuran Anda, tambahkan beberapa ke smoothie Anda, atau nikmati beberapa dalam bentuk bubuk untuk latte bit yang memuaskan. Jantung Anda akan berterima kasih untuk itu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya