5 Gejala Tersembunyi Diabetes Menurut Ahli, Banyak yang Kelolosan

Ilustrasi Kelelahan, Ngantuk, bekerja
Ilustrasi Kelelahan, Ngantuk, bekerja
Sumber :
  • Pixabay/ Concord90

VIVA Lifestyle – Memiliki diabetes berarti kadar glukosa darah Anda terlalu tinggi. Hal itu bisa terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi insulin sama sekali, yang disebut diabetes tipe 1. Atau, terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau insulin yang dihasilkan tidak efektif, yang berujung pada diabetes tipe 2. 

Navin Khosla, penulis medis di perusahaan resep NiceRx, menjelaskan lebih lanjut tentang gejala yang dapat memengaruhi orang dengan kedua jenis diabetes tersebut. 

"Lebih dari 400 juta orang menderita diabetes di seluruh dunia yag menunjukkan betapa umum masalah kesehatan ini. Dan di atas angka ini, ada sejumlah besar populasi dunia yang menderita diabetes tetapi belum terdiagnosis," kata dia dilansir Express, Rabu 13 Juli 2022. 

"Ada beberapa gejala yang dapat mengindikasikan seseorang menderita diabetes, termasuk kelelahan, mudah lapar, mati rasa di tangan dan kaki. Dan meskipun diabetes memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, ada beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk mengurangi risikonya," sambung dia. 

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Navin melanjutkan, untuk mengurangi kemungkinan terdiagnosis diabetes, penting untuk menjalani gaya hidup sehat sebanyak mungkin. 

"Olahraga secara teratur, makan makanan yang seimbang dan menurunkan berat badan jika perlu, semuanya dapat berdampak besar pada pengurangan risiko. Tetapi jika Anda mengalami salah satu gejala yang disebutkan, penting untuk mencari saran dokter dan mereka dapat menyelidiki dan meresepkan Anda obat yang benar jika diperlukan," jelas dia. 

Menurut Navin, lima tanda tersembunyi utama diabetes yang dapat menunjukkan tahap awal dari kondisi tersebut antara lain:

Mudah lapar
Mereka yang menderita diabetes sering merasa lapar karena makanan yang mereka makan tidak memberi mereka energi yang cukup, karena tubuh tidak mampu memindahkan cukup glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh. 

Kelelahan
Diabetes dapat berdampak pada tingkat energi seseorang, karena jumlah gula yang tidak cukup bergerak dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Begitu tingkat energi tubuh turun, akan menyebabkan kelelahan. 

Ilustrasi kacamata.

Ilustrasi kacamata.

Photo :
  • Freepik/katemangostar

Penglihatan kabur
Karena jumlah gula yang berlebihan dalam aliran darah, pembuluh di dalam mata bisa rusak. Pada gilirannya menyebabkan penglihatan kabur pada satu atau kedua mata. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata, sehingga perlu dipantau. 

Terus-menerus haus
Ketika ada terlalu banyak gula di dalam tubuh, ginjal akan bekerja lebih keras sehingga mengakibatkan lebih sering buang air kecil. Tanda ini sering menjadi masalah umum bagi penderita diabetes. Dan semakin banyak urine yang dikeluarkan tubuh, berarti rasa akan akan semakin meningkat. 

Mati rasa di tangan dan kaki
Salah satu efek samping dari gula darah tinggi adalah dapat memengaruhi sirkulasi darah di dalam tubuh. Jika seseorang menderita diabetes tipe 2, maka hal ini dapat mengakibatkan rasa sakit dan mati rasa di tangan dan kaki atau sensasi kesemutan. 

National Health Service (NHS), merekomendasikan untuk menemui dokter jika merasakan gejala-gejala tersebut.