5 Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan, Bisa Cegah Radikal Bebas

Lada hitam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Lada hitam merupakan salah satu rempah-rempah yang diketahui berasal dari Pantai Malabar India dan juga adalah salah satu rempah-rempah yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Umumnya, lada hitam bermanfaat sebagai bahan masakan, namun manfaat lada hitam juga baik bagi kesehatan.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Tumbuhan itu sendiri merupakan tumbuhan berkayu yang tinggi dengan bunga-bunga kecil yang mekar berwarna merah kekuning-kuningan. Bunga itu mengandung biji, yang oleh banyak orang disebut sebagai merica. Lada ini kemudian digiling menjadi lada hitam.

Lada hitam memiliki rasa pedas dan aromatik yang berasal dari piperin yang terletak di bagian luar buah dan bijinya. Lada bisa kehilangan rasa mereka melalui penguapan, jadi lebih baik menyimpan lada dalam wadah kedap udara. Piperin dikenal untuk meningkatkan penyerapan selenium, vitamin B12, dan kunyit. Lantas, apa saja manfaatnya? Mengutip dari Very Well Fit, berikut ini sejumlah manfaat lada hitam bagi kesehatan. 

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

1. Membantu Mengurangi Peradangan

Ilustrasi nyeri sendi.

Photo :
  • U-Report
6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Manfaat lada hitam yang pertama adalah membantu mengurangi peradangan. Komponen aktif utama dalam lada hitam yakni piperin, telah terbukti dapat mengurangi peradangan. Peradangan kronis dapat menjadi penyebab diabetes, radang sendi, asma dan penyakit jantung.

Sementara efek anti-inflamasi lada hitam belum dipelajari secara ekstensif pada manusia, ada sejumlah penelitian pada tikus yang menunjukkan hasil yang menjanjikan. Dalam satu penelitian pada tikus, pengobatan untuk radang sendi dengan piperin menghasilkan lebih sedikit pembengkakan sendi dan penurunan penanda peradangan.

2. Mengandung Antioksidan

Radikal bebas pada tubuh.

Photo :
  • U-Report

Seperti yang diketahui, piperin merupakan senyawa aktif dalam lada hitam yang kaya akan antioksidan untuk mencegah atau menunda efek merusak dari radikal bebas yang disebabkan dari paparan polusi, asap rokok dan matahari.

Radikal bebas dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan kanker. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi lada hitam pekat memiliki kerusakan radikal bebas yang lebih sedikit.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi otak

Photo :
  • U-Report

Manfaat lada hitam selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Piperine yang terkandung di dalam lada hitam telah terbukti dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan penyakit Parkinson dan Alzheimer serta meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi menunjukkan piperin meningkatkan memori serta kemampuan untuk mengurangi produksi plak amiloid, merusak protein yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

4. Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Cek gula darah

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya, manfaat lada hitam juga bisa meningkatkan kontrol gula darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa piperin dapat meningkatkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Dalam sebuah penelitian, 86 orang dengan resistensi insulin mengonsumsi suplemen yang mengandung piperin selama 8 minggu. Setelah 8 minggu, sensitivitas insulin mereka terlihat mengalami perkembangan atau kemampuan untuk merespons hormon insulin untuk mengeluarkan glukosa dari darah.

5. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Ilustrasi organ tubuh manusia.

Photo :
  • U-Report

Terakhir, lada hitam dianggap memiliki sinergi nutrisi atau kemampuan untuk dikombinasikan dengan makanan lain untuk memberikan efek kesehatan yang positif. Lada hitam dapat meningkatkan penyerapan nutrisi tertentu seperti kalsium, selenium, teh hijau dan kunyit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya