6 Buah Terbaik untuk Menjaga Gula Darah

Ilustrasi tomat.
Sumber :
  • Pixabay/Condesign

VIVA Lifestyle –  Buah mendapat reputasi buruk dalam hal kontrol gula darah. Tentu, banyak jenis "permen alam" adalah sumber gula alami, tetapi makanan ini juga biasanya mengandung nutrisi seperti serat dan mineral penting yang membantu mendukung kadar glukosa darah yang sehat. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Dengan kata lain, makan buah tidak sama dengan makan permen dalam hal pengendalian gula darah. Anda mendapatkan senyawa yang jauh lebih bermanfaat ketika Anda menikmati buah dibandingkan dengan makanan klasik yang ditambahkan gula.

Saat memilih buah terbaik untuk manajemen gula darah Anda, taruhan terbaik Anda adalah memilih buah yang mengandung lebih sedikit gula alami, peningkatan serat, dan merupakan sumber mineral alami yang dapat membantu mengontrol gula darah, seperti magnesium dan tembaga.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Apabila  ingin mendukung kadar glukosa darah Anda, cobalah memasangkan pilihan buah manis Anda dengan protein, serat, dan lemak sehat—tiga nutrisi yang membantu memperlambat pencernaan karbohidrat dan menunda penyerapannya ke dalam darah, yang pada akhirnya membantu mencegah lonjakan gula darah. 

Jadi, sepotong buah yang dipasangkan dengan segenggam kenari atau pistachio akan lebih baik untuk Anda daripada memakan sepotong buah yang sama sendiri. Plus, Anda mungkin merasa lebih puas setelah menikmati kombo ini juga!

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Akhirnya, ukuran porsi buah harus dipertimbangkan ketika Anda fokus untuk mendukung gula darah yang sehat. Meskipun makan satu porsi buah pada satu waktu dapat menjadi bagian dari makanan atau camilan yang ramah gula darah, makan mangkuk besar atau beberapa potong makanan ini dapat membebani tubuh Anda dengan terlalu banyak gula pada satu waktu, yang mengakibatkan lonjakan gula darah. 

Sementara semua varietas buah dapat menjadi bagian dari diet sehat, ada beberapa yang berada di urutan teratas dalam hal mendukung gula darah.. Di antara lautan buah-buahan yang tersedia di toko bahan makanan dan pasar petani setempat, berikut adalah enam pilihan terbaik untuk gula darah, diurutkan dari baik, dikutip dari Eat This.

Apel

Manfaat buah apel

Photo :
  • U-Report

Menggigit apel yang renyah akan mengisi tubuh Anda dengan serat dan berbagai senyawa, termasuk quercetin dan asam klorogenat, yang dapat membantu mengurangi gula darah.

Hasil dari penelitian kecil yang mengevaluasi wanita dewasa menunjukkan bahwa makan apel sebelum makan karbohidrat membantu mengurangi gula darah setelah waktu makan.

Satu apel berukuran sedang mengandung lebih dari 4 gram serat alami dan di bawah 20 gram gula alami. Memasangkan irisan apel dengan sumber protein dan lemak sehat, seperti selai kacang, dapat menawarkan lebih banyak kontrol glukosa darah dan dapat membuat makanan Anda lebih memuaskan juga.

Pir

Buah pir.

Photo :
  • U-Report

Selama Anda memakan kulitnya, makan pir bisa menjadi tambahan yang fantastis untuk diet ramah gula darah. Pir berukuran sedang mengandung 6 gram serat, yang setara dengan sekitar 21% dari nilai harian yang direkomendasikan. Menghilangkan kulit pir akan menghasilkan lebih sedikit serat pengontrol gula darah, serta lebih sedikit nutrisi mikro yang membantu mendukung kontrol glukosa, seperti vitamin C.

Blueberry

Blueberry adalah buah tercinta yang merupakan topping yang bagus untuk parfait yogurt dan hidangan oatmeal. Dan data menunjukkan bahwa makan buah ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang pada akhirnya mendukung kontrol glukosa darah.

Di antara pria dengan diabetes tipe 2 secara khusus, konsumsi blueberry meningkatkan parameter kesehatan seperti glukosa dan manajemen insulin, berdasarkan data yang diterbitkan dalam Current Developments in Nutrition. Dan data terbaru menunjukkan bahwa, di antara individu yang tidak banyak bergerak, makan blueberry meningkatkan manajemen glukosa dan kadar insulin.

Tomat

Tomat sering disajikan sebagai sayuran, karena tumbuh dari bunga dan berbiji secara teknis adalah buah. Tomat secara alami lebih rendah gula, dengan satu cangkir buah ini hanya mengandung 4 gram nutrisi ini.

Tomat juga mengandung likopen, karotenoid yang memiliki kemampuan untuk menurunkan glukosa tubuh dan meningkatkan kadar insulin, meskipun studi yang dirancang dengan baik untuk mengkonfirmasi efek ini diperlukan.

Sebagai sumber serat, memasukkan tomat dalam masakan juga dapat membantu mengelola gula darah, berkat kemampuan nutrisi ini membantu memperlambat pencernaan setelah dikonsumsi. Dan potasium yang secara alami ditemukan dalam buah-buahan musim panas ini mungkin memiliki efek positif pada resistensi insulin.

Kelapa

Kelapa

Photo :
  • Eat This

Menikmati kelapa dapat menambahkan beberapa rasa yang unik dan benar-benar memuaskan untuk banyak makanan dan makanan ringan. Dan orang-orang yang mencoba untuk mengelola gula darah mereka akan senang mengetahui bahwa buah tropis ini secara alami rendah gula, hanya mengandung 5 gram per porsi satu cangkir.ng.

Kelapa juga mengandung lemak dan serat, menambah daftar alasan mengapa buah ini baik-baik saja ketika mencoba mengelola gula darah. Saat memilih kelapa Anda, hindari serpihan kelapa manis, yang bisa tinggi gula tambahan setelah diproses.

Sebaliknya, orang harus memilih daging kelapa segar, dan dalam ukuran porsi yang sesuai. Meskipun kelapa tidak akan meningkatkan gula darah secara signifikan, kelapa mengandung lemak jenuh, yaitu berbagai lemak yang harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas, terutama bagi orang yang berisiko terkena penyakit jantung.

Alpukat

Manfaat buah alpukat

Photo :
  • U-Report

Seolah-olah orang perlu diyakinkan untuk makan alpukat, buah-buahan yang lembut dan memuaskan ini sangat rendah gula (1 gram per porsi, tepatnya), mengandung lemak dan serat sehat yang mendukung gula darah, dan merupakan sumber magnesium alami. , mineral yang meningkatkan sensitivitas insulin.

Faktanya, menurut hasil uji klinis, mengganti sebagian karbohidrat kompleks dengan asam lemak tak jenuh tunggal, seperti alpukat, membantu mempertahankan kontrol glikemik yang memadai, menyoroti mengapa memasukkan lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat ini merupakan tambahan yang sehat untuk diet ramah gula darah.

Saat menikmati alpukat Anda, ingatlah bahwa buah ini cukup berkalori, dan makan terlalu banyak kalori dapat menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu — hasil yang dapat berkontribusi pada tantangan pengendalian gula darah. Karena itu, pertahankan asupan porsi alpukat Anda dalam jumlah yang wajar (idealnya 1/3 dari alpukat sedang).


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya