5 Manfaat Wasabi bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Risiko Keracunan

Wasabi di atas ikan segar
Sumber :
  • Pixabay/ Wantawatt0

VIVA Lifestyle – Wasabi atau disebut juga sebagai lobak Jepang merupakan akar tanaman dalam keluarga Brassicaceae. Pasta wasabi dibuat dari lobak Jepang yang sudah digiling sebagai pelengkap makanan seperti ikan nasi atau sushi.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Saat mencicipi wasabi, kamu hanya perlu mencobanya sedikit saja karena rasanya cukup kuat. Meskipun tidak begitu disukai oleh sebagian orang, ternyata manfaat wasabi baik bagi kesehatan. Mengutip dari Verywell Fit, berikut ini manfaat wasabi bagi kesehatan yang bisa kamu ketahui.

1. Mengurangi peradangan

Gelombang Cuaca Luar Biasa Panas Melanda Asia Selatan dan Tenggara

Ilustrasi nyeri sendi.

Photo :
  • U-Report

Akar wasabi kaya akan antioksidan, terutama senyawa allyl isothiocyanate yang membuat bau wasabi begitu kuat dan menyengat. Namun manfaat wasabi ternyata dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit dan kondisi kesehatan yang dipicu oleh peradangan, seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

2. Dapat membantu melawan kanker tertentu

Penyakit kanker.

Photo :
  • Freepik

Selanjutnya, manfaat wasabi juga dapat membantu melawan penyakit kanker tertentu. Beberapa penelitian telah mengeksplorasi bagaimana isothiocyanate yang terkandung dalam wasabi dapat membantu mencegah kanker. Senyawa ini disebutkan dapat memiliki aktivitas anti-tumor, namun penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk memastikan bagaimana dan berapa banyak wasabi dapat memerangi kanker.

3. Dapat mengurangi risiko keracunan makanan

Ilustrasi keracunan makanan.

Photo :
  • U-Report

Wasabi ternyata bisa menjadi penetralisir racun, apabila ikan di sushi sudah melebihi masa segarnya. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa wasabi memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan e. coli dan Staphylococcus aureus, dua patogen yang sering menyebabkan penyakit bawaan makanan. 

4. Dapat memerangi sakit maag

Sakit maag kronis.

Photo :
  • U-Report

Mungkin wasabi memang sedikit terasa pedas yang dapat memperparah sakit maag, tetapi sebaliknya mungkin benar. Sebuah studi menunjukkan bahwa wasabi Jepang dan Korea efektif untuk membunuh bakteri yang bertanggung jawab menyebabkan sakit maag. Namun, belum ada penelitian yang menentukan apakah wasabi merupakan pengobatan yang efektif. 

5. Menambahkan rasa rendah kalori pada makanan

Ilustrasi sushi

Photo :
  • Pixabay

Terakhir, manfaat wasabi dapat menambahkan rasa rendah kalori pada makanan. Kamu mungkin ingin menambahkan wasabi dalam bumbu masakan karena mengandung banyak rasa dalam paket rendah kalori. Satu sendok makan wasabi biasanya cukup untuk menemani seluruh gulungan sushi ( di bawah 50 kalori).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya