7 Beauty Hacks Berbahaya Ini Jangan Sampai Kamu Coba

Masker Wajah
Sumber :
  • http://www.indotopinfo.com/masker-wajah-untuk-kulit-berminyak.htm

VIVA Lifestyle – Tidak ada yang mengatakan menjadi cantik itu mudah, tetapi jangan sampai rutinitas kecantikan malah merusak kulit kamu. Belakangan ini mungkin banyak tren beauty hacks yang beredar, namun tanpa mengetahui ilmunya ternyata hal tersebut justru berbahaya.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Mungkin banyak orang menyukai beauty hacks, tetapi pada kenyataannya ada beberapa hacks tidak boleh dicoba karena berbahaya. Penasaran apa saja beauty hacks berbahaya dalam kecantikan? Mengutip dari Ranker, berikut ini sejumlah beauty hacks berbahaya yang tidak boleh dicoba, apalagi bagi pemula. 

1. Menggunakan wasabi untuk pengobatan jerawat

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Wasabi.

Photo :
  • U-Report

Perawatan jerawat wasabi semakin populer ketika seorang selebgram Farah Dhukai membagikan video melakukan DIY hack tersebut. Namun, wasabi tidak memiliki sifat anti-jerawat sama sekali. Faktanya, wasabi malah bisa benar-benar membakar kulitmu.

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

2. Setting makeup dengan hairspray

Wanita pakai hairspray.

Photo :
  • http://carakita18.blogspot.com

Banyak blog kecantikan dan tutorial online merekomendasikan penggunaan hairspray untuk menjaga riasan makeup tetap pada tempatnya (stay). Sayangnya, itu malah bisa membunuh kulit. Pernis dan alkohol dalam hairspray mengering dan mengiritasi sehingga dapat menyebabkan benjolan merah muncul di seluruh kulit.

3. Menggunakan petroleum jelly untuk menumbuhkan bulu mata

Ekstensi bulu mata.

Photo :
  • VIVA/ Diza Liane Syahputri

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat sebuah beauty hacks yang menggunakan petroleum jelly untuk menumbuhkan bulu mata. Namun beauty hacks tersebut ternyata dapat menyebabkan milia, kista kecil di bawah mata. Bahkan yang lebih parahnya lagi mungkin bisa menyebabkan kanker.

Meskipun komponen karsinogenik dihilangkan dari minyak selama proses pemurnian jeli, sulit untuk memastikan apakah itu benar-benar aman. Petroleum jelly hadir dalam berbagai tingkat kemurnian, sementara Vaseline sangat halus dan biasanya dianggap tidak beracun dan non-karsinogenik, tidak semua jeli dimurnikan secara ekstensif.

4. Mengoleskan lemon dan baking soda pada ketiak 

Menghilangkan bulu ketiak tanpa cukur.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu berpikir untuk menggunakan lemon dan soda kue untuk menghilangkan bintik hitam di ketiak, cobalah untuk memikirkannya lagi karena itu termasuk salah satu beauty hacks berbahaya. Beauty hacks kuno ini tidak pernah ada gunanya. Campuran ini benar-benar bisa membakar kulit hingga bersih. Bahkan menggunakan soda kue saja berbahaya. Natrium bikarbonat diketahui menyebabkan ruam, kemerahan dan kering serta kulit menjadi pecah-pecah.

5. Menggunakan garam laut sebagai lulur 

luluran.

Photo :
  • www.cuteabis.com

Lulur garam laut menjadi populer di Pinterest, mungkin karena penampilannya yang berwarna merah muda di dalam toples cantik yang memikat. Namun scrub garam laut ini berbahaya karena bisa mengakibatkan kulit terkelupas, menggores kulit dan menyebabkan abrasi mikro. Kamu mungkin akan menemukan kulitmu jauh lebih merah dan lebih rentan berjerawat karena scrub itu.

6. Menggunakan benang gigi untuk menghilangkan komedo

Komedo di wajah.

Photo :
  • U-Report

Beauty hacks berbahaya lainnya adalah menggunakan benang gigi untuk menghilangkan komedo pada wajah. Beauty hacks itu menggemparkan Internet setelah vlogger kecantikan Sukhi Mann mempostingnya di Instagram. Namun hacks ini ternyata malah bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan. Meskipun mungkin berhasil menghilangkan beberapa komedo, tapi juga akan membuka pori-pori kulit dan menyebabkan infeksi.

7. Menggunakan pasta gigi untuk pengobatan jerawat

Sikat gigi pakai pasta gigi

Photo :
  • Pixabay/stevepb

Terakhir, beauty hacks berbahaya yang jangan sampai kamu coba adalah menggunakan pasta gigi untuk mengobati jerawat. Pasta gigi bisa menyebabkan banyak kerusakan pada kulit. Pasta gigi penuh dengan bahan-bahan yang mengiritasi seperti peppermint, peroksida wewangian dan alkohol. Selain itu, pasta gigi  adalah campuran hal-hal yang buruk bagi kulit dan akan menyebabkan rasa terbakar, mengelupas dan kemerahan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya