Jangan Anggap Sepele, Ini Bahayanya Konsumsi Salmon Mentah

Ikan salmon.
Ikan salmon.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle –  Mengonsumsi makanan mentah sedang banyak digemari oleh para pecinta kuliner. Hidangan mentah dianggap memiliki cita rasa yang lebih segar karena tidak melalui proses pemberian bumbu dan masak terlebih dahulu.

Hidangan yang seringkali disajikan secara mentah adalah ikan salmon dan sayur-sayuran. Tekstur yang empuk dan rasanya yang gurih membuat salmon menjadi ikan yang paling banyak dikonsumsi mentah.

Namun apakah benar mengkonsumsi salmon mentah dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan atau malah sebaliknya?

"Ikan salmon merupakan ikan yang bernutrisi tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi," kata dr. Metta Satyani, Sp. GK, dalam tayangan Hidup Sehat TV One, Jumat 15 Juli 2022.

Komposisi nutrisi dari ikan salmon bergantung pada jenis ikan salmon itu sendiri dan habitat hidupnya, di perairan bebas atau budidaya ikan.

Habitat asal ikan salmon akan berimbas pada makanan ikan tersebut dan akan berpengaruh pada kandungan nutrisinya. Ikan salmon adalah sumber asam lemak omega3 dan protein tinggi yang sangat baik bagi kesehatan.

Dalam 100 gram ikan salmon mengandung 20 gram protein yang mengandung asam amino essensial. Selain itu, terdapat juga omega3 yang disertai mikro nutrient seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, zinc, kalsium, kalium, dan magnesium.