Bercak Kuning hingga Kulit Melepuh, Bisa Jadi Tanda Diabetes

Gejala diabetes dilihat dari kulit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Diabetes muncul ketika tubuh tidak mampu mengambil gula dan mengubahnya menjadi energi, sehingga menyebabkan penumpukan glukosa di dalam darah.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Ini bisa menyebabkan komplikasi langsung dan jangka panjang, dengan bukti menunjukkan penyakit ini bisa membuka jalan kepada masalah lain seperti penurunan kognitif.

Diabetes diketahui dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh Anda, termasuk kulit Anda. Ketika diabetes mempengaruhi kulit, seringkali itu merupakan pertanda bahwa kadar gula darah (glukosa) Anda terlalu tinggi.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Ini bisa berarti bahwa Anda menderita diabetes yang tidak terdiagnosis, atau pra-diabetest.

Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda berikut ini pada kulit Anda hati-hati bisa jadi pertanda anda memiliki diabetes. Berikut ini 6 tandanya seperti mengutip laman AAD:

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

1. Bercak Kuning, Kemerahan, atau Coklat Pada Kulit Anda
Kondisi kulit ini sering dimulai sebagai benjolan padat kecil yang terlihat seperti jerawat. Seiring perkembangannya, benjolan ini berubah menjadi bercak kulit yang bengkak dan keras.

Bercak bisa berwarna kuning, kemerahan, atau coklat.

Anda mungkin juga perlu memperhatikan beberapa tanda seperti:
- Kulit di sekitarnya memiliki penampilan seperti porselen yang mengkilap
- Anda dapat melihat pembuluh darah
- Kulit terasa gatal dan perih
- Penyakit kulit melewati siklus di mana ia aktif, tidak aktif, dan kemudian aktif kembali

2. Kulit Keras dan Menebal

Gejala kulit diabetes.

Photo :
  • U-Report

Nama medis untuk kondisi ini adalah digital sclerosis. Ada beberapa area yang umumnya mengalami gejala ini seperti pada jari tangan, jari kaki atau keduanya.

Di tangan, Anda akan melihat kulit yang kencang dan licin di punggung tangan Anda. Jari-jari bisa menjadi kaku dan sulit digerakkan.

Jika diabetes tidak terkontrol dengan baik selama bertahun-tahun, rasanya seperti Anda memiliki kerikil di ujung jari Anda.

Kulit yang keras, tebal, dan tampak bengkak dapat menyebar, muncul di lengan bawah dan lengan atas. Itu juga dapat berkembang di punggung atas, bahu, dan leher.

Terkadang, kulit yang menebal menyebar ke wajah, bahu, dan dada. Dalam kasus yang jarang terjadi, kulit di atas lutut, pergelangan kaki, atau siku juga menebal, sehingga sulit untuk meluruskan kaki, mengarahkan kaki, atau menekuk lengan.

Di mana pun itu muncul, kulit yang menebal sering kali memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Masalah kulit ini biasanya berkembang pada orang yang memiliki komplikasi akibat diabetes atau diabetes yang sulit diobati.

3. Melepuh
Kondisi ini jarang terjadi, tetapi penderita diabetes dapat melihat luka lepuh tiba-tiba muncul di kulit mereka. Anda mungkin melihat luka lepuh besar, beberapa kumpulan luka lepuh, atau keduanya.

Luka lepuh cenderung terbentuk di tangan, kaki, tungkai, atau lengan bawah dan terlihat seperti lepuh yang muncul setelah luka bakar serius. Berbeda dengan lepuh yang timbul akibat luka bakar, lepuh ini tidak menimbulkan rasa sakit.

Lepuhan besar seperti ini bisa terbentuk pada kulit penderita diabetes. Nama medis untuk kondisi ini adalah bullosis diabetricorum. Terkadang, ini disebut bula diabetes.

4. Bintik-bintik Kering
Kondisi kulit ini menyebabkan bintik-bintik (dan kadang-kadang garis) yang menciptakan depresi yang hampir tidak terlihat pada kulit. Ini umum terjadi pada orang yang menderita diabetes.

Biasanya terbentuk di tulang kering. Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda akan melihatnya di lengan, paha, batang tubuh, atau area tubuh lainnya.

Bintik-bintik sering berwarna coklat dan tidak menimbulkan gejala. Untuk alasan ini, banyak orang salah mengira mereka sebagai bintik-bintik penuaan.

Tidak seperti bintik-bintik penuaan, bintik-bintik dan garis-garis ini biasanya mulai memudar setelah 18 hingga 24 bulan. Dermopati diabetik juga dapat bertahan di kulit tanpa batas.

5. Benjolan Kecil Berwarna Kuning Kemerahan
Ketika benjolan ini muncul, mereka sering terlihat seperti jerawat. Tidak seperti jerawat, benjolan ini akan mengembangkan warna kekuningan.

Anda biasanya akan menemukan benjolan ini di bokong, paha, lekukan siku, atau bagian belakang lutut. Mereka bisa terbentuk di mana saja.

Benjolan ini muncul tiba-tiba dan segera hilang ketika diabetes terkontrol dengan baik. Ketika benjolan ini muncul, benjolan akan sering terlihat seperti jerawat.

Tidak seperti jerawat, benjolan ini akan segera mengembangkan warna kekuningan. Anda biasanya akan menemukan benjolan ini di bokong, paha, lekukan siku, atau bagian belakang lutut.

Benjolan ini bisa terbentuk di mana saja. Tidak peduli di mana benjolan ini terbentuk, mereka biasanya lembut dan gatal.

6. Benjolan merah atau sewarna kulit
Apakah kondisi kulit ini terkait dengan diabetes masih kontroversial. Kita tahu bahwa kebanyakan orang yang memiliki granuloma annulare tidak menderita diabetes.

Beberapa penelitian, bagaimanapun, telah menemukan kondisi kulit ini pada pasien yang menderita diabetes.

Satu studi tersebut menemukan bahwa orang dengan diabetes kemungkinan besar memiliki granuloma annulare di area kulit yang luas dan benjolan itu datang dan pergi.

Studi lain menyimpulkan bahwa orang yang memiliki granuloma annulare yang datang dan pergi harus diuji untuk diabetes. Kondisi kulit ini menyebabkan benjolan dan bercak yang mungkin berwarna kulit, merah, merah muda, atau ungu kebiruan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya