3 Buah Bikin Gula Darah Diabetes Makin Buruk, Batasi Konsumsinya!

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

VIVA Lifestyle – Diabetes tipe 2 dikarakterisasikan dengan kadar gula darah yang mudah naik yang disebabkan oleh disfungsi dalam cara tubuh memproduksi insulin. Peran utama insulin adalah mengatur kadar gula darah, jadi saat mekanisme ini salah, kadar gula darah bisa naik hingga ke tingkat yang membahayakan.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Untungnya, Anda bisa menghindari peningkatan kadar gula darah dengan membuat keputusan dalam mengonsumsi makanan yang benar.

Dikutip dari laman Express.co.uk, kadar gula darah meningkat sebagai respons terhadap memakan makanan dan tidak semua makanan memiliki dampak yang sama pada kadar gula darah.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Makanan yang tinggi karbohidrat dan gula adalah pilihan yang buruk karena makanan ini menyebabkan kadar gula darah meningkat tajam.

Meskipun terlihat sederhana untuk menghindari penyebab terburuknya, kue-kue mengandung gula jelas berisiko, beberapa makanan bisa juga bisa memberikan risiko tersembunyi.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Misalnya, terlepas dari manfaat nutrisinya, beberapa buah bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak jika Anda tidak berhati-hati.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Menurut Nataly Komova, Pakar RD dan Fitness di JustCBD, mangga bisa memberikan masalah bagi orang-orang dengan diabetes.

Dijelaskan Komova, manggo adalah buah-buahan tropis yang umum yang bisa memperburuk kondisi diabetes karena kandungan gulanya yang tinggi, yang bisa mencapai sekitar 23-25gram per gelas.

Begitu juga, nanas yang merupakan buah sehat yang tinggi gula sehingga rasanya begitu manis.

"Cairan lengket yang lezat bisa mengandung 16gram gula dalam satu gelas di mana terlalu tinggi bagi penderita diabetes karena bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah," kata Komova memperingatkan.

Pakar kesehatan juga menyarankan untuk tidak terlalu berlebihan memakan buah cherry karena, meskipun kaya serat dan kandungan antioksidan yang penitng untuk memperlancar pencernaan, buah ini juga bisa menyebabkan masalah.

Cherry mengandung lebih dari 25 gram gula, di mana tidak ideal untuk orang diabetes karena bisa secara negatif mempengari indeks glikemik dan kadar glukosa mereka. Terakhir, Komova mengatakan untuk berhati-hati dengan pisang.

Ilustrasi pisang.

Photo :
  • U-Report

"Pisang tinggi karbohidrat yang mudah diubah menjadi glukosa di tubuh terutama ketika dimakan secara berlebihan ditambah tinggi gula yang membuat pisang terasa manis, bisa meningkatkan gula darah dan memperburuk kondisi diabates.

Meski begitu, makan buah-buahan memberikan banyak sekali manfaat sehat. Jadi, Anda tak perlu menghindarinya sama sekali.

Penting juga diingat bahwa risikonya relatif dan jumlahnya berpengaruh.

Direktur medis di Concepto Diagnostic, Dokter Tariq Mahmood mengatakan bahwa Anda mungkin takut bahwa hidup dengan diabetes artinya mengeliminasi diet dari makanan Anda.

"Tapi, gula dalam satu buah utuh bukan tipe gula di mana orang dengan diabetes harus hilangkan, seperti yang ada pada cokelat dan permen," katanya.

"Buah-buahan berkaitan dengan menurunkan risiko Anda terhadap penyakit jantung juga memberikan kebutuhan serta, mineral dan vitamin sehingga membuatnya sangat penting menjadi bagian dari makanan Anda," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya