Sering Dilakukan, 3 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Berat Badan Naik

Ilustrasi timbangan berat badan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Memiliki berat badan ideal tak semata-mata untuk estetika, namun juga karena kesehatan yang harus dijaga. Selain dengan mengontrol asupan makan dan olahraga secara teratur, kebiasaan-kebiasaan kecil dan sederhana juga bisa membantu dalam menjaga berat badan.

Libur Lebaran, Waspada Dampak Negatif Game Online Berbahaya pada Anak!

Berat badan bisa naik dan tak terjaga karena kebiasaan kecil seperti kurang protein, kurang tidur, malas bergerak dan lainnya. Namun ada beberapa kebisaan yang agak aneh dan tak biasa terdengar, yang bisa membuat berat badan naik dan sebabkan kegemukan. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak pada artikel ini : 

Makan Sambil Nonton TV

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Keriput! Hindari Segera!

Ilustrasi TV Pintar.

Photo :
  • The Drum

Makan sambil menonton acara favorit memang terdengar seperti kegiatan yang menyenangkan, ya? Namun sebenanrnya, ini bukan kebiasaan yang baik. Kebiasaan ini ternyata bisa memicu kenaikan berat badan. 

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Penelitian dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition dan menyatakan bahwa membagi fokus antara makanan dengan hal lain dapat memengaruhi asupan makanan. Saat fokus teralih pada hal lain, maka seseorang bisa tanpa sadar makan lebih banyak.

Itulah sebabnya, makan sambil menonton TV atau melakukan hal lain yang mendistraksi dari makan bisa membuat kita makan lebih banyak dan akan meningkatkan berat badan.

Terpapar Polusi

Kondisi udara di Jakarta yang penuh polusi. (Ilustrasi)

Photo :
  • VIVAnews/ M Ali Wafa

Ya, hal ini tidak salah baca. Kebiasaan terpapar polusi secara sering dan terus - menerus juga bisa membuat berat badan naik dan tubuh jadi gemuk. Hal ini dikutip dari Menurut hasil studi yang dilansir Critical Reviews in Food Science and Nutrition, polusi bisa memengaruhi metabolisme tubuh. 

Zat-zat berbahaya seperti endocrine (zat kimia yang terdapat pada plastik) dan sisa pembakaran sampah yang ditemukan dalam tubuh manusia, sering dihubungkan dengan obesitas. Begitu juga dengan zat yang terdapat dalam pestisida. Ternyata, zat-zat ini bisa mengganggu sistem kerja dan menghambat metabolisme, sehingga kalori dan pembakaran tubuh jadi tak optimal.

Menggunakan AC Terlalu Sering

Ilustrasi penyejuk udara (air conditioner/AC).

Photo :
  • Pixabay/mohammed_hassan

Hal ini mungkin terdengar agak kurang relevan namun ternyata, sudah dibuktikan dengan penelitian. Terlalu sering berlama-lama di ruangan ber-AC ternyata memang bisa menyebabkan berat badan naik dan menyebabkan kegemukan. 

Melansir dari My Health News Daily, saat kita tinggal terus menerus di suhu yang nyaman, tubuh tidak perlu bekerja untuk mendinginkan atau menghangatkan tubuh. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di International Journal of Obesity, daerah Selatan Amerika Serikat memiliki populasi obesitas yang paling tinggi di antara negara bagian Amerika lainnya. Diketahui, rata-rata rumah di sana menggunakan AC. Setiap tahunnya, permintaan akan AC rumah meningkat dari 37% hingga 79% tiap tahunnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya